Salep Herpes Acyclovir: Obat Topikal yang Bagus untuk Atasi Herpes

Posted on

Nurulku.com – Salep herpes Acyclovir adalah jenis obat topikal yang dapat digunakan untuk menghambat perkembangan infeksi virus herpes simpleks agar tidak meluas. Penggunaan obat topikal seperti Acyclovir memang merupakan cara mengobati luka melepuh akibat herpes yang ampuh dan efektif. Lalu berapakah harga salep Acyclovir di apotek? Apa saja manfaat dari salep herpes Acyclovir ini? Jika Anda penasaran, maka simak terus ulasan berikut ini.

Salep Herpes Acyclovir Obat Topikal yang Bagus untuk Atasi Herpes
Salep Herpes Acyclovir Obat Topikal yang Bagus untuk Atasi Herpes

Seperti yang kita ketahui, bahwa herpes merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Jenis penyakit kulit ini sebaiknya segera diobati karena herpes juga merupakan penyakit kulit yang mudah menular. Dan untuk merekan luka melepuh pada kulit karena penyakit herpes, maka dapat menggunakan salep herpes Acyclovir.

Farmakologi Salep Herpes Acyclovir

Perlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya bahwa salep herpes Acyclovir tidak dapat menyembuhkan total penyakit herpes yang di derira. Karena pada dasarnya, salep herpes Acyclovir hanya akan menghambat perkembangan infeksi virus atau sistesis DNA dan bukan untuk menyembuhkan penyaki herpes hingga 100%.

Selain itu, obat topikal ini juga tidak dapat mencegah penularan atau penyebaran penyakit pada orang lain atau juga mencegah penyakit ini untuk kambuh. Namun, salep herpes Acyclovir akan membantu meredakan rasa sakit pada luka di area kulit yang terinfeksi hingga membantu proses penyembuhannya.

Untuk informasi lengkapnya, silahkan ikuti terus ulasan dibawah ini.

Informasi Salep Herpes Acyclovir :

  • Indikasi Salep Herpes Acyclovir

Pada dasarnya, Acyclovir salep paten dapat digunakan untuk meringankan beberpa kondisi akibat infeksi virus herpes seperti :

  1. Infeksi virus varisela zoster
  2. Infeksi herpes simpleks
  • Kontra Indikasi Salep Herpes Acyclovir

Adapun kontra indikasi yang harus diperhatikan adalah jangan memberikan obat topikal ini pada penderita yang memiliki reaksi hipersensitivitas terhadap kandungan Acyclovir dan Valasiclovir

  • Efek Samping Salep Herpes Acyclovir

Perlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya, bahwa reaksi setiap individu akan berbeda-beda ketika menggunakan obat topikal ini. Adapun efek samping yang mungkin terjadi akibat pemakaian obat topikal ini antara lain seperti :

  1. Kulit menjadi kering hingga mengelupas
  2. Terasa gatal-gatal
  • Dosis Salep Herpes Acyclovir

Salep herpes Acyclovir sebaiknya digunakan antara 4 hingga 7 kali dalam sehari, atau dapat juga dioleskan sekitar 4 jam sekali. Penggunaannya sendiri dianjurkan mulai dari 4 hari hingga 10 hari.

Peringatan

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan salep herpes Acyclovir ini antara lain seperti :

  1. Usahakan agar obat tidak mengenai mata, mulut, serta lubang hidung.
  2. Bersihkan tangan secara rutin setelah mengoleskan obat pada area kulit yang terinfeksi. Hal tersebut bertujuan agar tidak menular pada orang lain.
  3. Untuk wanita hamil dan juga anak-anak, dianjurkan menggunakan obat ini dibawah pengawasan dokter.
  4. Jika terjadi reaksi alergi atau gejala tidak membaik dalam 1 minggu, maka segera hubungi dokter.
  • Harga Salep Acyclovir di Apotek

Harga salep Acyclovir di apotik sebenarnya tidak terlalu mahal. Biasanya, harga obat topikal tersebut akan berbeda-beda tergantung merk dagang yang memproduksi. Dan pada umumnya, harga salep herpes Acyclovir ini akan dibanderol pada kisaran harga mulai dari Rp. 5.000 bahkan lebih.

Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai informasi salep herpes Acyclovir yang telah kita ketahui bersama. Mengetahui informasi detail mengenai obat-obatan yang digunakan tentu akan lebih baik dibandingkan menggunakannya langsung tanpa mengetahui apapun. Semoga informasi obat-obatan topikal di atas dapat menjadi referensi yang membantu dan bermanfaat.

Baca: Obat Salep Benoson untuk Infeksi Bakteri, Iritasi Kulit, Jerawat dan Eksim