Salep Hydrocortisone: Kortikosteroid Topikal Ringan untuk Meringankan Inflamasi

Posted on

Nurulku.com – Salep Hydrocortisone adalah jenis obat kortikosteroid topikal yang masuk pada kategori obat-obatan ringan. Obat topikal seperti Hydrocortisone biasanya akan digunakan untuk meringankan kondisi seperti inflamasi, gatal-gatal, hingga kemerahan pada kulit. Lalu, apa saja manfaat dari Salep Hydrocortisone ini? Atau Anda bertanya-tanya, Hydrocortisone 2.5 obat apa? Untuk menemukan jawabannya, silahkan ikuti terus ulasan dibawah ini.

Salep Hydrocortisone: Kortikosteroid Topikal Ringan untuk Meringankan Inflamasi
Salep Hydrocortisone: Kortikosteroid Topikal Ringan untuk Meringankan Inflamasi

Karena merupakan jenis obat-obatan ringan, maka Salep Hydrocortisone ini memang tidak dapat langsung menyembuhkan atau mengatasi inflamasi. Akan tetapi, salep Hydrocortisone hanya akan meredakan gejala inflamasi yang terjadi pada lapisan kulit luar. Untuk itu, sebaiknya Anda juga mengetahui terlebih dahulu keluhan yang di derita sebelum menggunakan obat topikal ini.

Farmakologi Obat Salep Hydrocortisone

Salep Hydrocortisone yang merupakan obat kortikosteroid topikal ini memang memiliki kandungan anti-inflamasi, anti-alergi, hingga antipruritus. Kortikosteroid topikal ini juga biasanya akan digunakan secara bersamaan dengan jenis pelembab emolien saat digunakan untuk meredakan gejala penyakit kulit seperti eksim dan juga dermatitis.

Selain dapat membantu meringankan penyakit tersebut, salep Hydrocortisone juga dapat digunakan untuk membantu meringankan iritasi kulit karena alergi atau gigitan serangga. Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lengkapnya, maka inilah informasi singkat mengenai obat salep Hydrocortisone untuk penyakit kulit.

Informasi Obat Salep Hydrocortisone:

  • Indikasi Salep Hydrocortisone

Fungsi utama dari Salep Hydrocortisone adalah untuk menekan reaksi radang yang terdapat pada kulit. Namun kondisinya bukan disebabkan oleh infeksi seperti :

  1. Dermatitis kontak
  2. Dermatitis atopi
  3. Dermatitis alergik
  4. Neurodermatitis
  5. Pruritus anogenital
  • Komposisi Salep Hydrocortisone

Obat toopikal kortikosteroid ini tersedia dalam dua jenis yang berbeda. Dimana jenis tersebut dibedakan menurut kandungan obat atau komposisi yang dimilikinya. Karena diketahui terdapat dua komposisi yang berbeda pada Salep Hydrocortisone yakni Hydrocortisone 1% dan Hydrocortisone 5%.

  • Dosis dan Aturan Pakai Salep Hydrocortisone

Karena merupakan obat topikal kortikosteroid ringan, maka salep kulit ini dapat dioleskan sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari pada area kulit yang teriritasi.

  • Kontra Indikasi Salep Hydrocortisone

Adapun kontra indikasi yang wajib diperhatikan yakni dengan tidak memberikan Salep Hydrocortisone kepada para penderita :

  1. Penyakit kulit yang disebabkan oleh virus seperti tuberkulosis, skabies, tinea, dermatitis perioral, dan rosasae akut.
  2. Penderita hipersensitif pada kandungan obat ini.
  3. Infeksi jamur, herpes simplex, vaccinia dan juga varicella.
  • Efek Samping Salep Hydrocortisone

Adapun beberapa efek samping yang berpotensi terjadi antara lain seperti :

  1. Kekeringan atau dehidrasi.
  2. Infeksi sekunder.
  3. Rasa terbakar pada kulit.
  4. Atropi kulit.

Baca juga: Cara Mengatasi Luka Bakar Ringan Pada Kulit dengan Bahan Alami

Perhatian dan Peringatan

Saat menggunakan Salep Hydrocortisone, maka terdapat beberapa hal yang wajib diperhatikan antara lain seperti :

  1. Bagi wanita hamil yang akan menggunakan Salep Hydrocortisone maka harus dibawah pengawasan dokter. Karena diketahui wanita hamil memang dilarang menggunakan salep Hydrocortisone ini.
  2. Selain wanita hamil, ibu menyusui juga sebaiknya menggunakannya dibawah pengawasan dokter.
  3. Tidak untuk digunakan oleh anak-anak dengan kisaran usaia dibawah 10 tahun.
  4. Jangan oleskan salep Hydrocortisone pada kulit yang terinfeksi dan luka terbuka.
  5. Hindari penggunaan pada area wajah, serta bagian genital dan juga anus.
  6. Tidak untuk digunakan jangka panjang lebih dari 1 minggu.
  7. Hindari membungkus area kulit yang telah diolesi oleh Salep Hydrocortisone.
  8. Segera temui dokter saat terjadi overdosis atau reaksi kimia.
  • Kemasan dan Harga Hydrocortisone Salep

Salep Hydrocortisone dikemas dalam kemasan tube dengan netto 5 gram. Dibagi dua jenis dengan komposisi yang berbeda yakni Hydrocortisone 1% dan 5 %. Untuk Salep Hydrocortisone 1% dibanderol pada kisaran harga Rp. 8.900, sedangkan Salep Hydrocortisone 5% dibanderol pada kisaran harga Rp. 11.900.

Demikian di atas tadi adalah informasi singkat mengenai Salep Hydrocortisone yang juga merupakan salah satu jenis obat dengan resep dokter. Semoga informasi obat-obatan unggulan di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu serta bermanfaat untuk Anda semuanya.

Baca: Obat Salep Benoson untuk Infeksi Bakteri, Iritasi Kulit, Jerawat dan Eksim