Tips Simpel Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Pakaian Berwarna

Posted on

Tips Simpel Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Pakaian Berwarna ini saya tujukan buat kamu yang pernah mengalami keadaan dimana baik itu pakaian,baju,celana,jeans maupun pakaian bermotif yang baru saja datang/kamu beli itu tiba-tiba luntur saat pertama kali dicuci? Masalah seperti ini biasanya timbul karena ketika mencuci kita lupa memisahkannya dengan pakaian lama, sehingga tanpa di sadari noda luntur tersebut malah mengenai baju yang lainnya. Kalau warna gelap sih sebenarnya tidak jadi masalah, yang jadi masalah itu jika ternyata pakaian yang terkena luntur itu berwarna cerah, apalagi putih.

penghilang noda terbaik
penghilang noda terbaik

Yanng lebih gawat lagi itu jika ternyata noda yang melunturi pakaian kamu berasal dari tinta. Waduuuh…pasti akan timbul rasa kesal dan penyesalan saat itu terjadi. Sebab biasanya Noda karena tinta itu paling susah untuk dihilangkan.Bahkan pemutih saja tak bisa membersihkan noda tinta tersebut sampai benar-benar bersih loh..

Kalau pakaian kamu berwarna putih, maka penghilang noda luntur yang paling efektif bisa menggunakan cairan pemutih . Meskipun cara ini kadang beresiko ikut menghilangkan pula motif pada pakaian tersebut jika ada. Sebab sifat chlorin yg ada pada cairan pemutih ini justru akan menyerap seluruh warna sehingga akhirnya rona di pakaian akan hilang atau setidaknya pudar. Kamu tentu tidak ingin pakaian favoritmu itu jadi pudar warnanya bukan?

 

Lalu apakah ada cara lain yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan noda luntur pada baju warna ? Kali ini saya akan mencoba beritahu apa aja sih cara jitu dalam menghilangkan noda luntur di pakaian berwarna dengan cara-cara simpel dan  bahan-bahan yang juga simpel sebab bahan tersebut ada di sekeliling kamu.

penghilang noda detergen

1. Larutan vetsin dan detergen

Cara yang pertama cukup praktis dan sederhana yaitu dengan mencampur detergen dengan vetsin  rasionya 2 detergen : 3 vetsin. Kemudian setelah dicampur Larutan tersebut kamu masukkan ke air panas, sesuaikan menggunakan pakaian yang akan anda rendam.
Sebaiknya kamu harus memastikan pakaian berwarna tersebut cukup terendam ya secara utuh pada air rendaman itu. Pisahkan selama 30 menit serta kucek. Kemudian cuci lagi menggunakan detergen murni dan bilas.


penghilang noda dengan cuka
2. Larutan garam, cuka asam dan detergen

Cara yang kedua ini dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur. Ya benar! bahan tersebut yakni cuka asam. Cara menghilangkan noda luntur dengan cuka yaitu pertama-tama Masukkan garam + detergen menggunakan rasio cuka yg sama banyaknya menggunakan sabun detergen. Kemudian tambahkan air panas yang telah kamu buat sebelumnya ke dalam ember sampai seluruh bagian dari pakaian yang kena noda luntur itu terendam.

 

Kalau sudah, sama seperti cara yang pertama tadi yaitu pisahkan pakaian di dalam ember selama 30 menit serta lihat hasilnya baru setelah itu kamu bilas.


penghilang noda citrun
3. Larutan citrun dan detergen

Satu lagi larutan asam yang relatif terkenal digunakan dalam mengatasi noda luntur artinya larutan citrun. Bubuk citrun ini populer sangat efektif dalam mengatasi noda, termasuk noda luntur dan  noda tinta yg umumnya sangat sulit teratasi karena super bandel.

 

Cara nya cukup mudah, yakni dengan memadukan serbuk citrun dengan detergen dan  air yang cukup buat merendam pakaian luntur tersebut sampai benar-benar  terendam. Pisahkan selama 30 menit serta cuci pulang menggunakan detergen, lalu bilas akan lebih baik jika anda menambahkan beberapa sendok garam yang akan menambah kinerja larutan tersebut lebih efektif.


hilangkan luntur dengan baking soda

4. Hilangkan Luntur dengan Baking soda

Jika noda luntur yang kamu hadapi belum terlalu parah, maksudnya disini hanya mengenai beberapa bagian pada pakaian dengan warna yang tidak terlalu mencolok, maka kamu bisa mengatasi noda luntur tadi menggunakan campuran detergen dengan baking soda. Meski tak seefektif  cairan asam atau vetsin, cara ini juga cukup relatif banyak diminati sebab lebih mudah serta bahan-bahan nya seperti baking soda dan detergen itu mudah untuk di dapatkan.


penghilang noda dengan alkohol

5.Penghilang noda dengan Alkohol

Jika noda luntur yang kamu hadapi berasal asal tinta,  cara yg cukup simpel tapi efektif buat menghilangkannya adalah menggunakan cairan alcohol ,cairan ini bisa kamu  gosokan dulu pada noda hingga memudar. Lalu sebelum cairan alcohol itu mengering, segera celupkan dan  kucek pakaian luntur kamu dengan cairan sabun detergen. Lakukan beberapa kali sampai akhirnya benar-benar hilang noda lunturnya.

 

Namun, kadang cairan alkohol itu sulit untuk dicari. Sebagai penggantinya kamu juga bisa pakai hairspray yg mengandung aerosol (bentuk lain dari alkohol turunan) atau menggunakan cairan aseton pembersih kuteks. Hanya saja pada penggunaan hairspray, biasanya kamu harus lebih ekstra dalam mengucek sebab hairspray meninggalkan residu pekat dan  menempel pada kain.


Nah, setelah membaca tips simpel dan ampuh diatas pastinya kamu bakal bilang kalau “Ternyata tidak begitu sulit ya mengatasi noda luntur di pakaian berwarna”. Yaitu cara simpel telah disebutkan sebelumnya, kamu bisa menghilangkan noda dengan efektif tanpa mengganggu motif dan warna orisinil pakaian dan  tentunya serat kain.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat! Saya sarankan kamu juga baca penghilang noda terbaik yang saya buat pada postingan yang lalu. Dan sebaiknya sih kalau bisa jangan sampai kena luntur atau noda deh. Meskipun udah ada cara simpel diatas..