Wajib Dibaca! 3 Bahaya Puasa Untuk Ibu Hamil

Posted on

Berdasarkan penelitian bahaya puasa untuk ibu hamil ini bisa menimbulkan beberapa masalah. Pasalnya bahaya puasa ibu hamil disebabkan karena kondisi tubuh yang tidak baik. Sehingga bisa memicu timbulnya beberapa masalah. Oleh karena itulah jika Anda sedang dalam keadaan sakit jangan memaksakan untuk berpuasa. Terutama pada saat sedang hamil karena asupan makanan yang dibutuhkan sangat banyak dan jika kurang bisa berbahaya.

Bahaya Puasa Untuk Ibu Hamil
Bahaya Puasa Untuk Ibu Hamil

Namun, jika ditanya bolehkah ibu hamil puasa ramadhan? Baik bagi ibu hamil muda maupun puasa saat hamil 4 bulan, 5 bulan, 6 bulan, 7 bulan bahkan 9 bulan?

Jawabannya tentu saja boleh. Dengan syarat sebagaimana telah dicantumkan pada artikel sebelumnya “Manfaat Puasa Untuk Ibu Hamil

Kembali ke judul awal, bagaimana kalau ibu yang sakit itu memaksakan diri untuk puasa ramadhan? Tentu jika dipaksakan akan timbul berbagai bahaya. Apa saja bahaya puasa bagi ibu hamil yang sedang mengandung tersebut? Silahkan dilihat dibawah ini

Ini bahaya puasa untuk ibu hamil

  • Ibu Hamil bisa Keguguran

Adapun bahaya puasa pada ibu hamil yang akan dialaminya yaitu keguguran. Biasanya resiko keguguran ini sering dialami oleh ibu hamil yang mempunyai masalah kesehatan. Nah, Jika Anda mempunyai masalah kesehatan sebaiknya saat hamil jangan berpuasa karena bisa memicu timbulnya masalah keguguran. Selain itu juga keguguran ini sering dialami oleh ibu hamil berpuasa yang usia kandungannya pada trisemester akhir. Memang sebagian ibu hamil tidak mengalami hal tersebut. Tetapi hal ini bisa saja terjadi khususnya bagi ibu hamil yang sudah mempunyai masalah kesehatan.

  • Ibu Hamil Kelelahan parah

Selain keguguran bahaya puasa untuk ibu hamil lainnya adalah kelelahan parah. Kenapa? Hal ini disebabkan karena ibu hamil berpuasa kekurangan energi. Sehingga ia pun mengalami kelelahan yang amat sangat parah. Jika kejadian tersebut Anda alami maka akan beresiko terserang anemia. Memang ibu hamil mendapat nutrisi yang tercukupi, tetapi menahan rasa laparnya yang begitu lama. Sehingga ibu hamil ini akan merasakan rasa lelah yang amat berlebihan sekali.

  • Dehidrasi pada ibu hamil

Bahaya puasa untuk ibu hamil yang ketiga adalah mengalami dehidrasi. Masalah ini disebabkan karena ibu hamil saat berpuasa tidak bisa konsumsi air. Sehingga cairan tubuh yang dibutuhkan tidak tercukupi dengan baik. Akibatnya ia pun mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan tubuh. Pasalnya pada saat hamil cairan tubuh yang lebih tinggi dibandingkan saat tidak sedang mengandung. Penyebabnya karena perubahan hormon yang ada didalam tubuh ibu hamil sehingga mendorong rasa haus.

Demikian itu tadi 3 bahaya puasa untuk ibu hamil yang akan dialaminya. Sebenarnya masih banyak bahaya lainnya yang akan dialaminya. Semoga informasi yang kami bagikan mengenai bahaya puasa untuk ibu hamil bermanfaat.