Wajib Diwaspadai 3 Tanda Bahaya Kehamilan yang Paling Sering Muncul

Posted on

Munculnya tanda bahaya kehamilan perlu diwaspadai. Karena hal ini sangat membahayakan keselamatan ibu dan janin yang ada didalam rahim. Biasanya tanda bahaya kehamilan muncul karena disebabkan beberapa faktor sehingga muncul kejadian tersebut. Oleh karena itulah penting bagi Anda para bunda untuk mengetahui apa tanda bahaya kehamilan saat hamil baik pada trimester 1, 2 dan 3. Lantas, apa saja tanda bahaya kehamilan yang perlu diwaspadai ini? penasaran? Simak lansirannya baik-baik.

Tanda Bahaya Kehamilan
Tanda Bahaya Kehamilan

Ini tanda bahaya kehamilan

  • Ketuban pecah (Tanda bahaya kehamilan trimester 3)

Adapun salah satu tanda bahaya kehamilan trimester 3 yang perlu diwaspadai adalah air ketuban pecah. Pecahnya air ketuban sebelum waktunya bisa menimbulkan masalah bayi lahir prematur. Dengan demikian bayi kemungkinan besar tidak bisa diselamatkan nyawanya. Bahkan pecahnya air ketuban sebelum waktunya ini juga bisa mengakibatkan infeksi pada ibu hamil. Apabila kejadian tersebut dialami oleh Anda segera datangi dokter spesialis kandungan agar mendapat penanganan tepat serta tidak membahayakan keselamatan Anda dan janin.

  • Sakit perut yang tajam saat Hamil

Tanda bahaya kehamilan sakit perut tajam yang tidak wajar harus diwaspadai. Mengapa? karena bisa menimbulkan sembelit, kontraksi kecil dan nyeri putaran ligamen. Kejadian tersebut akan membuat perut ibu hamil merasa kesakitan. Rasa sakit yang terjadi pada ibu hamil ini tidak boleh dianggap remeh, sepele dan diabaikan. Karena akan berujung pada timbulnya tanda ruptur uterus. Apabila hal ini terjadi bisa membahayakan ibu dan janin yang ada didalam rahimnya. Segera hubungi dokter agar mendapat penanganan yang maksimal.

  • Ibu Hamil Mengalami kontraksi reguler

Kontraksi reguler yang dialami adalah tanda bahaya kehamilan yang harus diwaspadai oleh ibu hamil. Kontraksi reguler yang dialami oleh ibu hamil terjadi pada saat akan menjalani proses persalinan. Kejadian ini biasanya terjadi tidak bisa dipastikan karena timbulnya secara tiba-tiba. Jika hal ini terjadi maka akan merasakan sakit perut. Biasanya hal ini terjadi tidak lebih dari 6 kali dalam sehari. Namun jika lebih dari itu maka periksalah ke dokter agar mendapat penanganan tepat.

Itulah sedikit ulasan yang bisa kami bagikan mengenai tanda bahaya kehamilan yang perlu Anda waspadai. Sebenarnya ada 10 tanda bahaya kehamilan, yang kami informasikan diatas sendiri adalah yang paling sering terjadi dan paling patut untuk anda waspadai.

Baca juga: Wajib Dibaca! Jenis Pantangan Ibu Hamil Muda