Yuk Belajar, Cara Mendidik Anak secara Islami

Posted on

Memiliki buah hati yang sholeh dan sholeha bisa abi dan umi dapatkan dengan menerapkan cara mendidik anak secara islami. Pasalnya, dengan cara mendidik anak menurut islam tersebut bisa menyelamatkan orangtua dari panasnya api neraka. Untuk itu, agar anak abi dan umi menjadi sholeh dan sholiha ajarkan pendidikan ala islami sejak dini. Pendidikan islami ini bisa membuat anak jauh dari hal-hal yang sifatnya condong ke arah negatif. Mulai sekarang didiklah anak abi dan umi dengan metode ala islami. Jangan ragu! sebab cara mendidik anak yang baik ini bisa diterapkan baik untuk anak laki-laki maupun anak perempuan.

Cara Mendidik Anak secara Islami
Cara Mendidik Anak secara Islami

 

Lalu, bagaimana cara mendidik anak menurut ajaran islam ini? Untuk lebih detail informasinya, simak lansiran yang kami sajikan dibawah ini

Beberapa cara mendidik anak secara islami

  • Memulai dari hal-hal kecil

Ketika memberikan pendidikan anak ala islami yang paling awal dimulai dari hal kecil dulu. Contohnya seperti makan dan minum menggunakan tangan kanan, menjaga kebersihan diri, berdo’a sebelum dan sesudah makan, dan masih banyak yang lainnya. dengan Anda menmerapkan perilaku yang biak tersebut bisa membuat anak berkepribadian baik. Nah, jika anak Anda melenceng dari ajaran agama islam harus diberi arahan dengan baik-baik. Penting! Dalam mendidik anak jangan sekali-kali mengajarkan kebohongan. Sebaiknya katanya yang sesuai dengan apa yan sedang terjadi.

  • Memanggil dengan panggilan sayang, mendidik anak secara islam

Panggilan sayang kepada anak, yaitu merupakan cara mendidik anak secara islami. Mengapa? karena cara ini adalah sudah diajarkan Rosulullah pada masa zamannya dulu kala. Sedangkan alasan mengapa mengajarkan cara tersebut karena panggilan itu sangat menyejukkan hati. Dengan abi dan umi menggunakan kata-kata tersebut sebagai panggilan kepada anak akan membuatnya memusatkan konsentrasinya pada perkataan yang dilontarkan oleh Anda. Sehingga anak abi dan umi akan selalu melaksanakan apa yang Anda ajarkan. Dengan sepenuh hatinya tanpa ada unsur keterpaksaan dalam dirinya.

  • Cara mendidik anak menurut islam dengan Memberikan suri tauladan yang baik

Memberikan contoh suri tauladan baik adalah cara mendidik anak ala islam. Karena anak yang memiliki suri tauladan yang baik akan mengarah pada hal positif. Seperti halnya Anda mengajarkan jika saat ada tamu berkunjung ke rumah harus bersikap sopan dan ramah. Namun, bukan hanya itu saja, ajarkan pula sikap berbagi satu sama lainnya. Mengajarkan hal ini pada anak bisa membuatnya bersikap dermawan tidak pelit sehingga ia peduli terhadap lingkungan orang yang ada disekitarnya.

Mungkin 3 cara diatas dalam mendidik anak ala islami bisa dijadikan sebagai panduan. Sebenarnya masih banyak Cara Mendidik Anak secara Islami lainnya yang bisa Anda digunakan. Yang mungkin akan kami bahas pada kesempatan selanjutnya. Wajib Dibaca! Ini Dia Cara Mengasuh Anak Korban Perceraian