Yuk, Kenali Keluhan pada Ibu Hamil Trimester 3 dan Cara Mengatasinya

Posted on

Keluhan pada ibu hamil Trimester 3 dan cara mengatasinya – Biasanya permasalahan keluhan ibu hamil pada trimester terakhir ini akan semakin komplit. Karena pada masa Trimester 3 ibu yang sedang hamil ini akan mulai memasuki proses persalinan. Sehingga keluhan-keluhan yang dialami ibu hamil pun akan membuatnya jadi merasa tidak nyaman. Pasalnya keluhan yang terjadi pada trisemester kedua ada yang tetap dirasakan. Tetapi ada juga yang tidak dirasakan pada saat trisemester terakhir. Lalu, apa kira-kira keluhan ibu hamil pada trimester terakhir ini? Penasaran? Mari kita simak bersama-sama ulasan berikut.

Ini Keluhan pada Ibu Hamil Trimester 3 (Terakhir)

Keluhan pada Ibu Hamil Trimester 3 dan Cara Mengatasinya
Keluhan pada Ibu Hamil Trimester 3 dan Cara Mengatasinya

 

  • Keluhan Nyeri dan bengkak

Umumnya keluhan ibu hamil pada trimester terakhir akan mengalami nyeri dan bengkak. Sehingga membuat kondisi ibu hamil tidak merasa nyaman. Bengkak yang dialami ibu hamil biasanya sering terjadi pada tangan dan kaki. Untuk mengantisipasi keluhan terbut agat tidak terjadi dengan tidak mengkonsumsi makanan berkandungan garam tinggi. Mengapa? karena dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pada aliran darah. Alhasil bisa mengakibatkan nyeri dan bengkak pada tangan dan kaki. Meringankan kondisi keluhan ini bisa dibantu dengan konsumsi susu. Jika mengalami kram pada bagian kaki, maka pijatlah dengan menggunakan minyak.

  • Keluhan Mudah merasa lelah

Keluhan pada Ibu Hamil Trimester 3 selanjutnya yakni mudah merasakan lelah. Hal ini disebabkan karena berat badannya yang semakin bertambah besar. Akibatnya ibu hamil sering merasakan mudah lelah. Jika melaukan aktivitas yang sedikit berat akan mudah berkeringat dan gerah. Keluhan ini bisa diatasi dengan Anda menggunakan sepatu serta berpakaiaan nyaman, yaitu baju longgar dan sepatu tidak bertumit tinggi. Melakukan olahraga ringan juga bisa mengurangi stress otot dan mental. Oleh karena itu lakukan olahraga secara rutin agar tidak mudah merasakan lelah saat hamil.

  • Sembelit pada ibu hamil

Keluhan lainnya yang paling sering dialami ibu hamil pada trisemester terakhir adalah sembelit. Keluhan ini bisa membuat ibu hamil tidak nyaman dan oleh karena itu keluhan sembelit sudah seharusnya segera diatasi. Cara mengatasi sembelit pada ibu hamil yaitu dengan konsumsi air putih banyak serta memilih menu makanan yang baik untuk kesehatan. Misalnya makanan kaya akan serat, yakni buah dan sayur yang dipercaya mampu mengatasi sembelit. Jangan lupa untuk olahraga secara aktif walaupun sedang hamil. Karena dengan olahraga bisa membantu sistem metabolisme tubuhnya. Dengan begitu bisa membantu memperlancar proses buang air besar. Sehingga masalah keluhan sembelit pada ibu hamil bisa teratasi.

Nah, itulah tadi beberapa Keluhan pada Ibu Hamil Trimester 3 yang sering dialaminya. Sebenarnya masih banyak keluhan-keluhan lainnya yang dialami ibu hamil. Semoga informasi yang kami bagikan bisa bermanfaat.

[highlight style=”green”]Baca juga: Perubahan Tiap Trimester di Masa Kehamilan[/highlight]