5 Obat Bisul Salep yang Terbukti Ampuh dan Gejala Bisul yang Sering Terjadi

Posted on
obat bisul salep
obat bisul salep

Bisul adalah suatu penyakit yang berupa benjolan yang terdapat pada kulit dan isi dari benjolan itu adalah nanah. Bisul biasanya terjadi akibat adanya infeksi yang terjadi pada folikel dalam kulit dan ada beberapa kemungkinan munculnya bisul seperti di bagian wajah, bagian leher, bagian pantat, bagian ketiak, bagian paha, bagian betis dan bagian tubuh lainnya. Bisul juga bisa terjadi lebih dari satu benjolan dan bisul adalah salah satu penyakit yang tidak memandang usia, karena siapapun bisa saja terkena bisul.

Gejala Bisul

Gejala munculnya bisul bisa terlihat dari munculnya benjolan yang bewarna kemerahan di kulit dan benjolan itu akan sangat terasa sakit bila disentuh. Benjolan bisul biasanya memiliki tekstur yang keras dan kondisi seperti ini haruslah segera diobati, agar gejala bisul tidak semakin parah. Kondisi benjolan yang semakin membesar tentu akan menimbulkan rasa sakit yang besar juga dan benjolan bisul bisa seukuran bola ping-pong. Kondisi bisul yang dibiarkan tanpa diobati tentunya akan berpotensi membesar dan akan membuat tubuh menjadi tak nyaman.

gejala bisul
gejala bisul

Banyak orang juga yang sulit membedakan antara benjolan bisul dan benjolan jerawat, karena keduanya hampir mirip bentuknya. Bentuk dari jerawat memang seringkali terlihat sama dengan bisul dan keduanya sama-sama menimbulkan benjolan kemerahan yang menyakitkan juka disentuh. Salah satu pembeda benjolan bisul & jerawat adalah benjolan bisul akan tumbuh membesar, benjolan bisul terlihat menimbulkan bengkak, jerawat biasanya timbul di wajah dan untuk lebih jelasnya sebaiknya konsultasikan setiap benjolan yang muncul ke dokter ahli, agar bisa mendapatkan penangganan yang lebih tepat.

Kini banyak juga tersedia berbagai macam obat farmasi yang dibuat sebagai salah satu cara mengobati bisul yang sudah pecah atau bisul yang masih berlangsung dan obatnya kebanyakan berbentuk salep. Salep dianggap lebih aman dibanding dengan obat yang dikonsumsi, karena obat bisul salep langsung digunakan pada area yang sakit dan penggunaan salep juga tidak memiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, apabila salepnya digunakan sesuai dengan aturan pemakaian yang berlaku. Beriku ini adalah 5 obat bisul salep yang terbukti ampuh:

1. Mupirocin Salep Untuk Bisul

Salep yang satu ini adalah salep antibiotik yang selalu digunakan untuk menyembuhkan bisul dan mupirocin salep bisul ini bekerja dengan cara melawan infeksi bakteri yang bisa memyebabkan berbagai macam penyakit kulit seperti bisul. Salep ini juga menghambat kerja dari enzim isoleusil-tRNA sintetase, karena bila enzim ini tidak ada akan membuat proses penyembuhan bisul menjadi lebih cepat. Salep ini sangat baik bila digunakan sesuai dengan aturan pakainya, karena kalo dilanggar bisa saja mnimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Cara menggunakan salep ini sangatlah mudah, karena hanya perlu dioleskan saja keseluruh permukaan bisul sampai kondisi bisul sembuh seperti biasa.

2. Gentamicin Untuk Bisul

Gentamicin adalah obat bisul salep yang bisa digunakan untuk menyembuhkan bisul dan cara kerja salep ini adalah dengan mematikan setiap pertumbuhan bakteri secara efektif. Gunakan gentamicin salep bisul ini sesuai anjuran pemakaian yang tertera di produk, hal ini untuk menghindarkan efek samping yang bisa saja terjadi. Salah menggunakan bisa juga berakibat menurunnya efektifitas kerja obat yang membuat kerja obat jadi tak maksimal dan salep ini sangat mudah ditemukan di apotek terdekat. Saat menerapkan salep ini pada area bisul, sebaiknya bersihkan dulu area bisul dengan menggunakan air hangat dan oleskanlah salep secara merata di bagian bisul.

3. Benzocaine Salep Bisul

Salep ini bisa dijadikan sebagai alat pereda bisul, karena cara kerja dari salep ini adalah meredakan rasa sakit pada area bisul dan salep ini sangat tepat digunakan pada saat bisul sedang dalam keadaan menyakitkan. Untuk bisa menggunakan salep ini sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ahli dan apabila tak mau ke dokter, ikutilah aturan pakai yang tertera agar penggunaan salep menjadi efektif. Salep ini dapat menimbulkan berbagai efek samping bila digunakan secara berlebihan dan ada beberapa efek samping yang bisa saja terjadi seperti terjadinya iritasi pada area kulit, adanya bengkat dan timbulnya kemerahan. Untuk harga salep bisul benzocaine di apotik memang sangatlah bervariasi dan seringkali mengalami kenaikan dari waktu ke waktu.

4. Clindamycin Obat Bisul

obat bisul di ketiak
obat bisul di ketiak

Salep ini memang sudah populer di Indonesia sejak jaman dulu dan salep ini juga dapat digunakan sebagai obat bisul di ketiak. Cara kerja obat clindamycin untuk bisul ini adalah menghambat perkembangan bakteri agar tak bisa melakukan produksi protein dan obat ini sangat mudah ditemukan di berbagai apotek yang ada di seluruh Indonesia. Sebelum menggunakan salep ini sebaiknya baca dulu aturan pakainya, agar tak bertentangan dengan aturan pakai dan obat ini bisa dibeli tanpa ada resep dokter sebelumnya. Salep ini juga sudah banyak terbukti dapat mengobati benjolan bisul dan salep ini juga cara penerapannya

5. Cephalexin Untuk Ibu Hamil

Salep ini termasuk kedalam kelas cephalosporins, karena jika digunakan sesuai dengan aturan pakainya salep ini dapat dengan cepat menghambat pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab utama timbulnya bisul. Untuk menggunakan salep ini sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter ahli dan salep ini tidak boleh digunakan secara berlebihan, karena dapat menimbulkan banyak efek samping seperti terkena diare, mengalami mual disertai
muntah, mengalami sakit pada area perut, sakit kepala dan berbagai efek lain yang bisa saja terjadi. Pakailah salep ini secara teratur setiap hari, sampai benjolan bisul menghilang. Obat cephalexin aman untuk ibu hamil, jadi bagi para ibu hamil jangan takut untuk menggunakan produk ini.

Demikian ulasan mengenai 5 obat bisul salep yang terbukti ampuh.

ARTIKEL TERKAIT