6 Obat Sesak Nafas Efektif untuk Sesak Nafa Tiba-tiba (Pengobatan Medis dan Tradisional)

Posted on

Obat sesak nafas sudah banyak ditemukan di pasaran dan dijual dengan harga yang relatif terjangkau bagi penderitanya. Namun, diperlukan perhatian khusus untuk tidak sembarangan membeli obat tanpa mengetahui terlebih dahulu tingkatan penyakit dan efek samping yang dapat memicu komplikasi penyakit lain. Hal tersebut dikarenakan sesak nafas merupakan penyakit yang berkaitan langsung dengan sistem pernafasan. Risiko gagal jantung dapat terjadi jika Anda salah beli obat.

Selain membeli di apotik atau warung, Anda juga perlu mengetahui bahwa ada obat sesak nafas tradisional yang dapat diramu secara sederhana dengan menggunakan tanaman dan buah-buahan organik khusus. Sebelum menjalani pengobatan sesak nafas baik secara medis mau pun tradisional, alangkah baiknya Anda memahami terlebih dahulu gejala dan penyebab nya. Dengan begitu, Anda dapat menentukan pengobatan yang seperti apa yang sesuai dengan penyakit yang Anda alami.

Sesak nafas adalah suatu kondisi penyempitan saluran pernafasan yang membuat membrane mukosa terlalu banyak memproduksi mukus (cairan lengket seperti dahak). Kondisi tersebut dapat membuat Anda kesulitan untuk bernafas dan memicu terjadinya batuk. Bagi beberapa orang, mungkin termasuk Anda, sesak nafas menjadi permasalahan serius yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan memicu serangan jantung yang menyebabkan kematian. Maka dari itu, menjalani pengobatan sesak nafas merupakan langkah yang jangan sampai dianggap remeh agar tidak terjadi kondisi yang lebih mengkhawatirkan pada kesehatan Anda.

pengobatan sesak nafas
pengobatan sesak nafas

Pengobatan sesak nafas bervariasi tergantung dari peran nya, jangka waktu pengobatan dan tingkatan penyakit yang dialami oleh penderitanya. Namun, jenis pengobatan yang akan dijelaskan di artikel ini adalah berdasarkan medis dan tradisional.

Berikut jenis obat untuk mengatasi sesak nafas secara medis dan tradisional:

 

PENGOBATAN MEDIS

  • Obat Sesak Nafas Tiba-tiba

"<yoastmark

Obat tersebut dinamakan bronkodilator. Bronkodilator adalah kelompok obat yang biasanya dikonsumsi untuk melancarkan sistem saluran pernafasan. Jenis obat bronkodilator yang sering direkomendasikan oleh dokter spesialis adalah inhaler seperti salbutamol. Anda dapat membeli salbutamol di apotik dengan harga sekitar Rp 120.000

  • Obat Sesak Nafas Resep Dokter

Obat yang direkomendasikan oleh dokter biasanya adalah obat yang berfungsi untuk mengatasi gejala sesak nafas yang tidak dapat diatasi dengan obat lain. Jenis obat ini adalah Teofilin. Namun Anda diwajibkan untuk terlebih dahulu mendapatkan resep dokter sebelum menebus obat ini di apotik. Hal tersebut dikarenakan menurut BPOM obat ini dapat menimbulkan efek aditif dan memiliki efek samping seperti hipokalemia.

 

  • Obat Sesak Nafas Generik

Ada juga obat generik yang murah dan dapat ditebus tanpa menggunakan resep dokter (ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar tidak terjadi resistensi obat terhadap gejala). Jenis obat generik yang dapat mengatasi sesak nafas diantaranya Berotec, Lasmalin, Asmasolon, Bricasma, dan Seretide. Semua jenis obat tersebut memiliki efek samping yang perlu Anda konsultasikan dengan dokter dan apoteker. Sangat dianjurkan untuk selalu bertanya mengenai efek samping setiap obat yang akan dibeli agar Anda memiliki informasi penggunaan yang cukup.

PENGOBATAN TRADISIONAL

  • Obat Sesak Nafas Alami Untuk Anak

Perlu diketahui bahwa anak-anak sangat rentan mengalami sesak nafas secara tiba-tiba. Anda perlu sigap untuk mengatasi permasalahan yang mungkin bisa terjadi pada anak Anda. Beberapa bahan alami yang dapat mengatasi sesak nafas pada anak-anak meliputi:

  • Ramuan madu dan air hangat. Minum 3 kali sehari untuk meredakan gejala sesak nafas yang terjadi pada anak Anda.
  • Ramuan lemon. Perlu diketahui bahwa kandungan Vitamin C dan anti-oksidan pada lemon dapat mencegah gejala sesak nafas pada anak. Peras lemon dan ambil sarinya untuk diminum oleh anak Anda.

 

  • Obat Sesak Nafas Alami Disertai Batuk

obat sesak nafas alami disertai batuk
obat sesak nafas alami disertai batuk

Jika Anda mengalami sesak nafas yang disertai batuk, biasanya pada malam hari, Anda dapat mengatasinya dengan mengolah ramuan bawang putih dan susu. Caranya, rebus 2-3 bawang putih dalam ¬ĺ susu. Setelah mendidih, diamkan sampai rebusan tersebut mencapai suhu ruangan untuk kemudian Anda minum.

 

  • Obat Sesak Nafas Alami di Dada

Beberapa pengalaman orang yang mengalami sesak nafas, mereka membuat ramuan jahe yang dicampur dengan jus buah delima dan madu untuk mereka minum setiap sebelum tidur malam atau ketika gejala sesak nafas menyerang. Menurut studi penelitian, jahe memiliki kandungan yang dapat membuat otot paru-paru menjadi relaks dan tidak menyempit.

 

Itulah beberapa obat sesak nafas yang dapat Anda konsumsi mulai dari obat medis sampai obat tradisional. Namun perlu dipahami bahwa Anda sangat disarankan untuk selalu melakukan konsultasi medis dengan dokter spesialis mengenai penyakit sesak nafas yang Anda alami. Sesak nafas atau permasalahan sistem saluran pernafasan yang Anda alami sangat membutuhkan perhatian dan protocol penanganan yang intensif dari dokter spesialis. Jangan terlalu anggap remeh sesak nafas yang Anda alami agar tidak menimbulkan dampak yang membahayakan kondisi kesehatan secara menyeluruh.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

ARTIKEL TERKAIT