Betametason Salep dan Syrup: Manfaat, Cara penggunaan, Dosis dan Peringatan

Posted on

Nurulku.com – Betametason adalah obat yang bisa digunakan untuk berbagai penyakit seperti, artritis, lupus, gangguan rematik, penyakit kulit, penyakit crohn, hingga kanker seperti leukimia. Betametason merupakan salah satu jenis obat kortikosteroid, yang bisa menekan kekebalan tubuh, meredakan gejala peradangan dan alergi. Lantas bagaimana penggunaan salep betametason untuk bisul? Selain betametason cream, apakah ada kemasan betametason tablet dan betametason sirup? Bagaimanan dosis penggunaan betametason? Temukan semua jawabannya pada ulasan yang ada dibawah ini.

Obat Betametason

Betametason Salep dan Syrup - Manfaat Cara penggunaan Dosis dan Peringatan
Betametason Salep dan Syrup – Manfaat Cara penggunaan Dosis dan Peringatan

Betametason ini memiliki beberapa   macam bentuk, mulai dari betametason cream, betametason syrup, jelly, hingga betametason lotion. Tetapi pada kali ini, kita akan membahas secara rinci tentang betametason yang berjenis cream dan syrup.

Manfaat Betametason

Betametason dan dexchlorpheniramine maleate ini berguna untuk mengobati kondisi alergi yang parah seperti asma, angioedema, dermatitis atopik, dermatitis kontak, reaksi hipersensitivitas obat, dan rhinitis alergi. Sedangkan untuk jenis penyakit kulit seperti dermatitis dan psoriasis, penyakit pada saluran pernafasan Berylliosis, TBC paru-paru fulminan, pneumonia eosinofilik idiopatik, sarkoidosis simptomatik. Serta pengobatan dermatomiositis, polymyositis, dan lupus eritematosus sistemik.

Salep Betametason Untuk Bisul

Bisul adalah benjolan merah dan rasanya nyeri yang biasanya terdapat di leher, punggung, tengkuk, dan bagian bagian tubuh lainnya. Bisul biasanya disertai dengan rasa mual, muntah, dan demam. Bisul sendiri diakibatkan karena peradangan dari kantong rambut yang terinfeksi oleh bakteri. Dalam kurun waktu beberapa hari, bisul akan semakin membesar dan mecah sehingga mengeluarkan nanah.

  • Apa hubungan antara betametason dengan bisul?

Ya betametason bisa menyembuhkan bisul hanya dengan cara mengoleskannya pada bisul tersebut.

  • Cara menggunakan salep betametason pada bisul

Pertama, salep betametason digunakan menggunakan plester dan kasa, sebaiknya diganti setiap dua kali sehari. Sampai bisul itu sudah saatnya pecah, sebaiknya di pijat sampai seluruh nanahnya keluar tandanya yaitu terlihat keluarnya darah dari bisul tersebut.

Perhatikan! Bisul yang belum matang jangan di pijat karena akan menimbulkan masuknya bakteri ke dalam sirkulasi darah dan menyebar keseluruh tubuh dan akan menimbulkan sepsis. 

Betametason Syrup

Sebelum mengosumsi betametason syrup sebaiknya anda harus mengecek penyakit anda dahulu ke dokter, karena dalam mengonsumsi obat ini sebaiknya harus mengikuti anjuran dokter. Tidak boleh menambahi atau mengurangi dosis tanpa seizin dokter.

Betametason syrup ini biasanya di konsumsi sekali dalam sehari. Dokter akan memberitahu kapan waktu anda mengonsumsi obat tersebut, sesuai dengan keadaan penyakit anda. Tidak diperkenankan menggandakan jadwal yang tertinggal dengan jadwal selanjutnya.

Baca: Obat Betametason Salep Untuk Kulit: Indikasi, Cara Pemakaian dan Harga

Dosis Betametason

Penggunaan betametason sangat berpengaruh pada penyakit si pasien, bagaimana respon dari tubuh si pasien tersebut? Berikut ini dosis betametason masing-masing:

  • Dosis umun biasanya di minum 1,5 hingga 5 mg per hari selama satu hingga tiga minggu.
  • Dosis injeksi intramuskular atau intravena lambat yaitu  (inuf) 4 hingga 20 mg, diulangi hingga 4 kali dalam 24 jam.
  • Dosis anak lewat injeksi infus yaitu, anak usia dibawah 1 tahun 1 mg, anak usia 1 hingga 5 tahun 2 mg, anak usia 6 hingga 12 tahun 4 mg. Pemberian diulangi hingga 4 kali dalam sehari dan disamakan dengan respon.

Peringatan Dan Perhatian

  • Sistem kekebalan tubuh manusia berbeda beda, maka dari itu perlu di hindari untuk orang yang mempunyai infeksi saat mengonsumsi betametason.
  • Betametason dapat menutupi gejala dari infeksi tersebut, akibatnya anda rentan mengalami infeksi yang lebih serius.
  • Harap berhati-hati dalam mengonsumsi obat ini bagi yang mengalami gangguan penggumpalan darah, hipotiroid, myasthenia gravis, osteoporosis, diabetes, penyakit mata (glaukoma, katarak), masalah jantung, hipertensi, penyakit ginjal, hati, gangguan pencernaan, gangguan mental, dan baru saja terserang infeksi jenis apa pun (misalnya tuberkulosis, campak).
  • Hindari minum minuman beralkohol saat mengonsumsi betametason.
  • Sebaiknya saat mengonsumsi betametason, tidak di perbolehkan menerima imunisasi, vaksinasi, atau tes kulit, karena dapat menyebabkan komplikasi yang serius. Terkecuali, dokter Anda menyarankan
  • Penderita gangguan pencernaan seperti tukak lambung dan kolitis ulceratif sebaiknya hati-hati jika menggunakan betamethasone, karena beresiko terjadinya perdarahan pada saluran pencernaan.
  • Pasien yang memiliki gangguan fungsi hati dan ginjal misalnya pasien usia lanjut, betamethasone diberikan dengan dosis terendah dan durasi sesingkat mungkin.
  • Jangan berhenti dalam mengonsumsi obat ini secara tiba-tiba tanpa arahan dari dokter terutama jika anda mempunyai gangguan  jangka panjang karena dapat mengakibatkan gejala-gejala seperti mialgia, artralgia dan malaise.
  • Obat-obat sistemik kortikosteroid diketahui ikut keluar bersama air susu ibu (ASI),ibu menyusui sebaiknya tidak menggunakan betamethasone,Karena efek obat ini bisa menggangu pertumbuhan.

Demikian tadi informasi tentang betameson untuk anda. semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan anda terkait obat yang dapat digunakan salah satunya untuk mengatasi bisul, yang mana telah dijelaskan diatas.

Baca: Salep Hydrocortisone: Kortikosteroid Topikal Ringan untuk Meringankan Inflamasi