Obat Sembelit Bisacodyl (Obat Pelancar Bab): Manfaat, Dosis, Efek Samping dan Harga

Posted on

Nurulku.com – Obat sembelit bisacodyl adalah obat yang digunakan untuk mengatasi masalah sembelit di tubuh. Sembelit yang terjadi, biasanya membuat orang yang menderitanya mengalami kesakitan dan memakan waktu yang lama. Namun tidak perlu khawatir karena telah hadir pelancar BAB yang banyak dijual dipasaran.

Salah satu obat pelancar buang air besar yang terkenal di pasaran adalah bisacodyl. Produk ini tergolong sebagai obat yang dapat melancarkan BAB dengan ampuh. Dan untuk menambah pengetahuan anda tentang bisacodyl tablet termasuk harga dan efek yang ditimbulkan. Simaklah informasi ini dengan lengkap agar dapat memberikan pengetahuan baru tentang obat pelancar BAB tersebut.

Obat Pelancar BAB: Bisacodyl

Obat Sembelit Bisacodyl (Obat Pelancar Bab) - Manfaat Dosis Efek Samping dan Harga
Obat Sembelit Bisacodyl (Obat Pelancar Bab) – Manfaat Dosis Efek Samping dan Harga

Obat Sembelit Bisacodyl adalah obat yang aktif untuk melancarkan masalah pencernaan yang terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. Biasanya obat ini akan digunakan ketika penderita sudah merasakan sakit luar biasa namun tidak bisa melakukan BAB. Penyebab munculnya sembelit pun cukup beragam. Oleh karenanya, anda harus hati-hati dalam memilih makanan agar tidak terkena masalah pencernaan ini.

Manfaat Penggunaan Bisacodyl Untuk Dewasa dan Anak Susah BAB

Berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari penggunaan bisadocyl yang belum diketahui anda:

  • Untuk Persiapan Operasi
    • Selain untuk memperlancar BAB, biasanya obat ini digunakan pula untuk persiapan operasi. Agar operasi berjalan dengan lancar, dibutuhkan pengeluaran kotoran sebelumnya. Sehingga nantinya, tidak menjadi hambatan untuk proses operasi.
  • Persiapan Rontgen
    • Tidak hanya itu, biasanya obat ini juga digunakan untuk persiapan rontgen. Khususnya dalam pemeriksaan rektum. Obat ini digunakan sebagai pencahar yang dapat mengeluarkan kotoran. Sehingga kotoran tidak menganggu jalannya proses rontgen.

Bisacodyl Dosage atau Dosis dari Bisadocyl

Karena bisadocyl merupakan sebuah kandungan dalam obat. Maka, biasanya hanya terdapat ukuran kecil dalam setiap obat. Walaupun demikian, berikut ini dosis penggunaan obat ini.

  • Bisacodyl 5 sampai 15mg atau 1-3 tablet dalam sehari. Obat ini dapat dikonsumsi selama 1x sehari. Usahakan dengan dosis yang pas dan sesuai dengan anjuran pemakaian.
  • 10mg cairan rektal, di mana obat ini digunakan dalam 1hari sekali.
  • Serta, penggunaan 10mg melalui rektum, yang dapat digunakan dalam 1x sehari.

Efek Samping dalam Penggunaan Bisacodyl

Walaupun dinilai bermanfaat sebagai cara memperlancar BAB, tetap saja produk ini dapat menimbulkan efek samping seperti berikut ini:

  • Mual
    • Hal yang paling sering muncul sebagai bentuk efek samping obat ini adalah mual. Hal ini wajar terjadi, karena ini adalah bentuk terjadinya penyesuaian pada perut. Namun jika hal ini terjadi dalam waktu lama, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.
  • Diare
    • Selain mual, kemungkinan terjadinya diare mungkin saja terjadi setelah pemakaian. Namun hal ini terjadi sesaat saja dan setelah pencernaan kembali normal. Namun, bila masalah terus berlanjut hentikan penggunaan. Karena kemungkinan terdapat adanya penolakan dari tubuh.
  • Rasa Perih pada Dubur
    • Jika anda baru pertama kali menggunakan obat ini, sebaiknya agak sedikit menahan rasa perihnya. Namun ini hanya terjadi jika penggunaan obat dilakukan melalui dubur. Tapi tak perlu khawatir, karena rasa perih hanya dirasakan sesaat. Dan setelahnya rasa perih akan hilang.

Harga Obat Bisacodyl

Karena obat ini tidak dijual secara langsung menjadi sebuah brand. Harga obat ini tergantung pada brand yang menggunakannya. Contohnya pada dulcolax, harga obat ini adalah Rp 7.700/strip. Atau pada obat lain seperti Bicolax tablet yang dijual dengan harga Rp 25.000/strip.

Baca: Obat Microlax untuk Penderita Wasir – Fungsi, Dosis, Harga dan Efek samping

Perhatian dan Pencegahan dalam Penggunaan Produk Bisacodyl

  • Untuk Ibu Hamil dan Menyusui
    • Jika anda berencana untuk hamil atau sedang dalam keadaan menyusui, sebaiknya bicarakan kepada dokter untuk penggunaan obat ini. Sehingga tidak akan membuat masalah pada program kehamilan yang akan dijalani.
  • Penggunaan Bersamaan Dengan Suplemen dan Obat-Obatan
    • Penting untuk anda mengkonsultasikan pada dokter atau apoteker, soal penggunaan obat-obatan bersamaan dengan bisacodyl. Hal ini penting, agar tubuh tidak mengalami kontradiksi saat menggunakan bisacodyl.
  • Penggunaan Untuk Usia 65 Tahun Ke Atas
    • Untuk menggunakan bisacodyl 5 mg, untuk usia 65 tahun ke atas penting bagi anda untuk menanyakan ke dokter. Karena banyak yang menyatakan, bahwa penggunaan obat ini tidak efektif untuk usia lansia. Sehingga, akan disarankan untuk menggunakan produk lain.
  • Jika Efek Samping Sudah Berlebihan
    • Anda harus berkonsultasikan dengan dokter jika merasakan efek samping yang cukup parah pada tubuh. Adapun efek samping tersebut berupa mual, diare serta kram pada perut. Jika hal tersebut terjadi selama 2 minggu atau lebih hentikan penggunaan dan segera lakukan konsultasi ke dokter.

Penggunaan obat ini baik dilakukan sesuai dengan dosis atau anjuran pemakaian. Atau untuk lebih amannya, gunakan obat sembelit bisacodyl ini sesuai dengan resep dokter. Sehingga tidak terjadi masalah dalam menggunakan obat ini. Selain, itu agar produk juga dapat berhasil digunakan hindari penggunaan dengan cara berlebihan atau berkepanjangan. Karena dapat membuat fungsi normal dari pencernaan berkurang secara perlahan.

Baca: Obat Sembelit Microlax, Cara Ampuh Atasi Sembelit yang Melilit dan Harganya