Cara Menghukum Anak Secara Islami yang Dilarang Dalam Ajaran Islam

Posted on

Abi dan umi dalam mengasuh dan mendidik anak agar menjadi yang baik itu bukanlah persoalan yang mudah termasuk  di dalamnya cara menghukum anak secara islami. Sebab kedua hal ini sangatlah sulit, maka dari itu butuh kesabaran dan ketelatenan terutama pada cara menghukum anak usia 3 tahun yang masih sangat kecil dan belum mengerti banyak hal. Nah, jika anak melakukan suatu tindakan yang tidak dibenarkan atau salah gunakan cara menghukum anak menurut islam. Karena memang Anda sebagai orangtuanya berhak untuk menghukumnya, tetapi jangan asal hukum sembarang saja. Namun pergunakanlah cara menghukum anak yang mendidik.

cara menghukum anak secara islami
cara menghukum anak secara islami

Dalam memberikan hukuman pada anak ini harus harus mengetahui cara menghukum anak yang benar dan mendidik. Untuk apa? Agar anak yang mendapat hukuman dari abi atau umi tidak tersakiti hatinya. Ingat! usahakan selalu cara menghukum anak tanpa kekerasan. Karena didalam ajaran islam diajarkan cara mendidik anak harus dilakukan dengan sikap kasih sayang kepada anak. Namun meskipun sayang terhadap anak, tetapi ada juga waktunya orangtua tegas pada anak. Sedangkan pengertian tegas disini bukan galak atau kasar. Melainkan mengatakan jelas perbuatan yang tidak boleh dilakukan sambil menatap mata sebagaimanan diajarkan dalam cara menghukum anak menurut islam.

Lantas, hukuman apa yang dilarang diberikan pada anak menurut ajaran islam? Hal seperti apa yang bertentangan dengan cara menghukum anak secara islami?

Beberapa cara menghukum anak secara islami yang dilarang didalam ajaran islam

  • Cara menghukum anak tanpa kekerasan: Jangan Pernah Sampai Memukul Wajahnya

Abi dan umi jika perlu memberikan hukuman pada anak, maka lakukan hal tersebut. Namun dalam memberikan hukuman pada anak ini jangan sekali-kali memukul pada bagian wajah. Sebab memukul bagian wajah didalam islam dilarang. Nah, jika Anda memberikan hukuman pada anak jangan memukulnya dibagian wajah. Bahkan larangan memukul pada bagian wajah ini sudah dijelaskan oleh Rasulullah.

  • Memukul yang terlalu keras sehingga berbekas bukanlah cara menghukum anak menurut islam

Abi dan umi jika Anda memberikan hukuman pada anak dengan menggunakan benda sampai menimbulkan bekas maka itu tidak diperbolehkan dalan ajaran agama islam. Karena seperti sabda Rasulullah pukullah dia tanpa membahayakan. Nah, jika Anda melakukan hukuman tersebut pada anak sampai menimbulkan bekas. Ya, tentu saja Anda sudah melakukan larangan cara mendidik anak dalam ajaran agama islam. Untuk itu sejengkel atau marah Anda kepada anak jangan lakukan pukulan yang keras hingga berbekas. Sebaiknya jika Anda memberikan hukuman pada anak, yaitu dibagian kaki tidak menggunakan benda berbahaya.

  • Memukul dalam keadaan sangat marah

Abi dan umi jika Anda marah pada anak maka jangan melakukan pukulan padanya. Karena didalam islam melakukan pukulan saat marah dilarang. Nah, jika hal ini Anda lakukan ditakutkan akan lepsa kontrol. Alhasil Anda memukul anak secara berlebihan. Kenapa? Karena pada saat tersebut dalam keadaan emosi sehingga tidak bisa menguasai diri.

Nah, itu tadi beberapa larangan dalam menghukum anak dalam ajaran islam yang bisa Anda terapkan. Semoga informasi yang kami berikan pada Anda tentang larangan menghukum anak yang tidak sesuai dengan cara menghukum anak secara islami ini bermanfaat.

Baca juga: Yuk, Ketahui Cara Mendidik Anak Agar Berhati Mulia