Hilangkan Bekas Cacar Air dengan Berbagai Cara Tradisional Ini

Posted on

Cacar air adalah salah satu penyakit yang pasti akan dialami oleh manusia, setidaknya sekali dalam seumur hidup mereka. Penyakit ini sebenarnya mudah untuk diobati, namun yang biasanya menjadi masalah adalah setelah cacar air sembuh, maka akan meninggalkan bekas seperti luka yang mongering, atau yang lebih dikenal dengan sebutan bopeng. Bekas cacar air inilah yang biasanya cukup sulit untuk dihilangkan.

Cacar Air
Cacar Air

Cacar air terbilang sebagai salah satu penyakit yang menakutkan, bukan karena dampaknya terhadap kesehatan organ dalam manusia, sebab meskipun tergolong penyakit yang mudah menular tetapi bila segera mendapatkan penanganan, cacar air sebenarnya cukup mudah untuk diobati, namun yang menjadi masalah dan bahkan terkadang menjadi momok bagi orang yang mengalaminya adalah dampak cacar air pada kulit manusia. Bagaimana tidak menakutkan, sebab biasanya seseorang yang mengalami cacar air akan mendapatkan bekas cacar air. Bekas cacar air tersebut cukup sulit untuk dihilangkan bahkan terkadang malah akan meninggalkan bekas seperti bopeng, bukan hanya pada tubuh namun juga pada wajah.

Seperti yang kita tahu, penyakit yang mudah ditularkan lewat udara dan kontak langsung ini pada awalnya menunjukkan gejala-gejala yang serupa dengan demam biasa. Namun, gejala cacar air akan semakin terlihat, ketika ada bercak-bercak merah mulai dari bagian dada, perut, punggung, hingga sekujur tubuh bahkan ke wajah. Deretan bercak merah tersebut selanjutnya akan membentuk gelembung berisi air yang terasa perih saat pecah. Selain terasa perih ketika pecah, biasanya gelembung berisi air tersebut juga terasa gatal. Namun, bila digaruk maka gelembung berisi air itu juga akan semakin gatal dan semakin banyak jumlahnya. Nah, bekas gelembung berisi air yang terasa gatal itulah yang akan menjadi bopeng yang relatif susah untuk dihilangkan.

Bila hal seperti itu yang terjadi pada anda saat ini, maka ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan bekas cacar air tersebut. Berikut ini, beberapa cara menghilangkan bekas cacar air
secara tradisional :

  • Daun Pare

    Daun dari sayuran yang berasa pahit ini cukup ampuh untuk menghilangkan bekas cacar air pada tubuh manusia. Untuk menggunakan cara ini, anda hanya perlu menumbuk atau dapat juga menggunakan blender beberapa lembar daun pare hingga halus, kemudian campur dengan air hangat dan peras sarinya. Setelah itu, campurkan sari daun pare dengan tepung beras. Oleskan pada bagian kulit yang terkena bekas cacar air tersebut

  • Kacang Hijau

    Kacang hijau juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan atau setidaknya menyamarkan bekas bopeng cacar air. Untuk menggunakan cara ini, anda hanya perlu merendam kacang hijau hingga lunak, kemudian tumbuk atau blender hingga halus. Setelah itu oleskan pada kulit yang bopeng karena cacar air, diamkan sekitar 30-40 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin hingga bekas cacar air lama kelamaan menghilang.

  • Jagung Muda

    Untuk menggunakan jagung muda sebagai obat tradisional penghilang bekas cacar air, maka anda hanya perlu memarut jagung muda, lalu oleskan parutan jagung muda ke bekas cacar air hingga mongering, dan selanjutnya bilas dengan menggunakan air bersih.

  • Lidah Buaya

    Lidah buaya juga dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk menghilangkan cacar air. Untuk menggunakan cara ini, anda hanya perlu mengoleskan daging lidah buaya yang masih berlendir tersebut ke bekas cacar air

  • Mentimun

    Mentimun juga cukup ampuh untuk membantu menghilangkan bekas cacar air. Untuk menggunakan cara ini, anda hanya perlu menghaluskan mentimun dengan cara diblender kemudian oleskan ke bekas cacar air, diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih, atau bila tidak mau menghaluskannya, anda dapat juga memotongnya kecil-kecil dan tempelkan saja ke bekas cacar air. Lakukan cara ini secara rutin hingga bekas cacar atau bopeng tersebut hilang.

Itulah beberapa cara menghilangkan cacar air secara tradisional yang berasal dari bahan-bahan alami yang murah meriah dan cukup mudah untuk didapatkan.