Ini RAHASIA Tips Mendidik Anak Ajaran Agama Islam

Posted on

Nurulku.com – Orang tua mana sih yang tidak ingin Mendidik Anak Ajaran Agama Islam agar anak mereka menjadi seorang anak yang baik dan menurut kepada orang tuanya. Selain itu anda juga pasti ingin jika anak anda tumbuh dan besar dengan pribadi yang tahu dan taat tentang agama. Untuk itulah penting untuk para orang tua tahu cara mendidik anak secara islami sejak dini. Untuk membentuk anak menjadi pribadi yang sholeh dan sholeha memang bisa dibilang sulit pada zaman sekarang, hal ini dikarenakan pergaulan bebas dan kenakalan remaja yang sangat menyimpang dari ajaran agama. Sehingga saat ini banyak orang tua yang sudah mulau mencari tahu cara mendidik anak secara islami sejak bayi maupun cara mendidik anak balita.

Cara mendidik anak yg benar menurut islam ini pun tentu terbagi menjadi dua, yaitu cara mendidik anak laki laki dan cara mendidik anak perempuan menurut islam. Meski hampir sama, tapi tentu saja ada perbedaan diantara keduanya itu.

cara mendidik anak yg benar menurut islam
cara mendidik anak yg benar menurut islam

Oleh karena itu, anda sebagai orang tua harus memberikan ajaran mengenai agama kepada anak-anak anda supaya anak anda bisa tahu mana yang baik dan mana yang buruk. Kalau sudah tahu dan paham cara mendidik anak yg benar menurut islam sudah pasti anak anda tidak akan terpengaruh dari kenakalan remaja dan terhindar dari pergaulan bebas.

Tips agar anak tahu dan paham tentang agama

Memasukkan anak ke sebuah pendidikan sekolah yang bernuansa islam sangat disarankan. Satu yang harus Anda tahu bahwa. Faktor utama untuk membentuk pribadi anak yang tahu dan paham tentang agama islam yaitu selain dari sikap dan cara anda dalam mendidik anak, memilih dan menempatkan anak di sekolah yang bernuansa islami juga akan membantu anda dalam membentuk pribadi anak yang sholeh dan sholeha. Karena dengan memasukkan anak anda ke sekolah islami, maka anak anda setiap harinya akan berhadapan dengan suasana yang islami pula. Dengan begitu anak anda jadi tahu dan mengerti tentang agama. Selain itu, dengan memasukkan anak anda ke sekolah islami anak anda akan mendapatkan pergaulan yang baik sesuai dengan ajaran agama. Dan jangan lupa supaya anak anda lebih tahu ddan mnegerti tentang islam coba anda masukkan anak anda ke pesantren atau pondok di sekitar rumah anda yang memang sengaja di buka untuk pengajaran mengaji dan islami.

Baca juga: Cara Menghukum Anak Secara Islami yang Dilarang Dalam Ajaran Islam

Selanjutnya, Berikan contoh sikap yang sesuai dengan ajaran islam. Saat di rumah, anda para orang tua ada baiknya memberikan contoh atau sikap yang baik untuk anda ajarkan kepada anak anda yang pastinya sesuai dengan ajaran agama iya. Jika anda sudah melakukan sikap anda dengan baik didepan anak anda, maka secara tidak langsung anak anda akan melihat dan menirukan sikap anda tersebut. Disinilah peran anda sebagai orang tua yang sebenarnya. Anda harus mampu membawa dan mengajarkan ajaran yang baik dan sesuai dengan ajaran islam kepada anak-anak anda. Jika anda sudah mampu mengajarkan anak anda bersikap seperti itu maka anda tidak perlu khawatir lagi untuk sedikit memberi kebebasan kepada anak. Maksud dari kebebasan yang kami sebut tadi adalah kebebasan yang positif seperti memperbolehkan anak untuk mengikuti kegiatan-kegiatan sekolah maupun diluar sekolah. Selain itu biasakan juga ya kepada anda untuk melakukan sholat fardhu yang memang diwajibkan bagi semua umat islam. Kalo itu sudah jangan lupa terapkan juga kepada anak anda tentang berpuasa entah itu puasa wajib atau ramadhan maupun puasa sunah.

Demikianlah Tips mengajari anak  agama islam yang dapat kami sampaikan kepada anda. Semoga informasi cara mendidik anak yg benar menurut islam diatas dapat bermanfaat bagi anda dan dapat menjadi inspirasi anda dalam mendidik anak.

Baca juga: Ini Dia Metode Mendidik Anak Secara Islami