Kebotakan pada Pria, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Posted on

Mengalami kebotakan di usia yang masih tergolong muda tentu saja akan membuat seorang pria menjadi kurang percaya diri. Ada banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya kebotakan pada pria, bahkan diantara berbagai faktor penyebab tersebut sebenarnya ada yang dapat dihindari, sehingga resiko mengalami kebotakan pun dapat dikurangi

Kebotakan
Kebotakan

Memiliki rambut yang indah tentunya akan menjadi dambaan semua orang, tak terkecuali kaum pria, namun sayangnya hal seperti itu tak terjadi pada setiap orang, sebab ada sebagian orang yang sering mengalami rambut rontok. Rambut rontok sebenarnya merupakan hal yang wajar dan normal, hanya saja akan menjadi masalah bila kulit kepala tidak mampu untuk menumbuhkan rambut yang baru, sehingga ketika setiap hari rambut rontok maka lambat laun kepala pun akan mengalami kebotakan. Meskipun wanita juga beresiko mengalami masalah ini, namun biasanya yang mengalami masalah kebotakan lebih sering adalah kaum pria.

Kebotakan pada pria, disebabkan karena berbagai hal, mulai dari faktor yang dapat dicegah, faktor usia hingga faktor genetik atau keturunan yang dikenal dengan istilah alopesia androgenik yang memang identik berpengaruh pada pria. Selain faktor genetik yang biasanya memang berdampak secara permanen, sebenarnya ada beberapa faktor penyebab kebotakan lain yang dapat dicegah, diantaranya seperti berikut ini :

  • Perubahan hormonal
  • Infeksi jamur
  • Ketombe
  • Sirkulasi darah pada kulit kepala yang kurang baik
  • Stress

Bila anda ingin mencegah terjadinya kebotakan yang disebabkan oleh faktor lain yang sebenarnya dapat dicegah, seperti yang telah tertulis diatas, maka sebaiknya memang anda berusaha untuk menghindari pemicu terjadinya kebotakan tersebut. Selain itu, ada beberapa cara lainnya untuk mencegah terjadinya kebotakan, seperti berikut ini :

  • Hindari terlalu banyak menggunakan bahan kimia untuk rambut

    Kebotakan juga dapat muncul karena anda terlalu sering menggunakan bahan kimia, seperti obat keriting rambut, peralatan pemanas dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, sebaiknya anda menghindari penggunaan bahan kimia dan alat-alat untuk menata rambut yang seperti itu, agar anda dapat terhindar dari kebotakan

  • Tingkatkan konsumsi beragam jenis makanan yang kaya nutrisi

    Asupan makanan yang sehat dan kaya nutrisi tidak hanya membuat tubuh anda menjadi sehat, namun juga dapat merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, anda juga sebaiknya mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral dan tak lupa selalu minum air putih dalam jumlah yang banyak setiap harinya

  • Hindari mengkonsumsi jenis makanan yang kaya lemak, gula, kafein dan juga alkohol

    Jenis makanan yang seperti itu dapat meningkatkan adrenalin dan pada akhirnya dapat memicu kebotakan. Selain itu, sebaiknya anda juga tidak merokok karena rokok mengandung nikotin yang buruk untuk kesehatan tubuh termasuk kesehatan kulit kepala.

  • Mengurangi stress

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, stress adalah salah satu pemicu yang menyebabkan terjadinya kebotakan pada pria. Oleh sebab itu, sebaiknya anda juga perlu untuk mengurangi tingkat stress.

Bila saat ini anda sudah mulai mengalami kebotakan, maka berikut ini ada beberapa cara alami untuk mengatasi kebotakan yang dapat anda terapkan secara rutin :

  • Kulit apel

    Apel merupakan salah satu buah yang mengandung anti oksidan yang cukup tinggi, selain itu dengan menggunakan bagian kulitnya yang paling tinggi kadar antioksidannya, maka hal tersebut dapat membantu untuk melancarkan sirkulasi darah yang ada di kulit kepala, sebab seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sirkulasi darah yang kurang baik pada kulit kepala juga termasuk pemicu kebotakan pada pria.

  • Kuning telur

    Selain mampu membuat rambut yang kusam terlihat menjadi lebih berkilau, ternyata telur juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi kebotakan, namun untuk mengatasi kebotakan, yang digunakan hanya bagian kuning telurnya saja. Cara menggunakan bahan alami ini juga cukup mudah anda hanya perlu memisahkan bagian putih dan kuning dari sebuah telur lalu olesi kuning telur ke kulit kepala dengan diselingin pijatan lembut

  • Santan

    Santan bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan produksi folikel rambut sebab dalam santan terkandung beragam vitamin yang diperlukan pertumbuhan rambut. Untuk menggunakan cara ini, anda cukup mengoleskan santan atau minyak kelapa ke kulit kepala secara merata sembari diselingi dengan pijatan lembut

Itulah beberapa cara untuk mencegah dan mengatasi kebotakan pada pria. Selain menghindari pemicu kebotakan sebaiknya anda juga berusaha mencari cara agar kulit kepala tetap mampu menumbuhkan rambut yang baru, sehingga anda tidak perlu mengalami kebotakan pada usia yang tergolong masih cukup muda.