Kiat-kiat Jitu Cara Mendidik Anak Menurut Rasulullah (Nabi Ibrahim)

Posted on

Sudah tahukan Abi dan umi cara mendidik anak menurut rasulullah? Cara mendidik anak ala rasulullah dalam mengambil suatu keputusan, orang tua akan berdialog dengan anak. Cara rasulullah mendidik anak dan istri tersebut tentu akan membuat sang anak dan istri jadi merasa dihargai bukan?. Nah, sedangkan waktu berdialog yang tepat dengan anak yaitu setelah makan atau ketika akan tidur baikt untuk cara rasulullah mendidik anak perempuan maupun untuk cara nabi mendidik anak laki laki. Tetapi kenyataannya saat ini tidak seperti itu, karena banyak orangtua yang memaksakan kehendak pada anaknya. Perlu Anda ketahui abi dan umi, bahwa didalam surat Ibrahim dijelaskan peran orangtua ini adalah sebagai pendidik utama dalam keluarga.

Cara Mendidik Anak Menurut Rasulullah
Cara Mendidik Anak Menurut Rasulullah

Lantas, bagaimana cara mendidik anak ala nabi Ibrahim ini selengkapnya? Yuk, disimak lansirannya cara mendidik anak menurut rasulullah.

Ini beberapa kiat mendidik anak ala Nabi Ibrahim

  • Cara mendidik anak ala rasulullah : Membentuk lingkaran yang baik

Abi dan umi menurut representasi nabi Ibrahim lingkungan yang baik itu adalah Baitullah, namun bila untuk kita adalah masjid. Mengapa? Kerena jika tempat abi dan umi dekat masjid, maka anak akan lebih sering datang ke masjid. Alhasil, didalam dirinya pun akan tertanam rasa cinta pada masjid. Namun jika abi dan umi jauh dari masjid maka bisa menciptakan sendiri lingkungan yang baik untuk sang buah hati agar menjadi anak sholeh dan sholihah.

  • Cara rasulullah mendidik anak dan istri yakni dengan Mendirikan sholat

Abi dan umi mendirikan sholat ini penting, karena dapat mengajarkan pada buah hati mengucapkan rasa syukur kepada Allah. Mengajarkan anak mendirikan sholat bisa diawali pada usia 7 tahun, namun jika sampai usia anak menginjak 10 tahun masih belum melakukan sholat. Sebagai orangtua Anda berhak untuk memukulkan. Karena dari usia 7 sampai 10 tahun orang tua mendidik anak untuk sholat. Sebab waktu 3 tahun tersebut sudah cukup untuk mendidik anak melakukan sholat.

  • Menjadi pribadi yang disenangi banyak orang (Cara mendidik anak menurut rasulullah)

Abi dan umi jika anak Anda kepribadian baik, maka akan membuatnya disenangi oleh banyak orang. Sebab anak yang berkepribadian baik itu tutur katanya sopan dan tingkah lakunya tidak aneh-aneh. Sehingga siapa saja yang melihat atau menjadi temannya akan senang. Karena dengan sikap pribadinya yang baik tersebut, jadi jangan heran jika semua orang menyayangi dan senang padanya.

Demikian tadi cara mendidik anak ala rasulullah (nabi Ibrahim) yang dapat Anda terapkan. Sebenarnya masih banyak cara – cara mendidik anak ala rasulullah lainnya yang bisa dilakukan. Semoga informasi tadi tentang cara nabi Ibrahim mendidik anak bermanfaat.

Baca juga: Yuk, Ketahui Cara Mendidik Anak Agar Berhati Mulia