Obat Batuk Ambroxol Sirup / Tablet: Dosis, Efek Samping, Kegunaan dan Harga

Posted on

Nurulku.com – Ambroxol sirup dan ambroxol tablet adalah obat batuk untuk mengencerkan dahak dalam tenggorokan. Obat ini masuk dalam golongan mukolitik yang juga berfungsi mengatasi gangguan pada saluran pernapasan. Biasanya gangguan ini terjadi akibat banyaknya dahak yang menempel di lapisan terluar saluran pernapasan.Lantas Apa saja kegunaan obat ambroxol selain untuk pengencer dahak? Berapa Dosis obat ambroxol baik untuk anak maupun orang dewasa? Berapa juga harga obat ambroxol di Apotik Serta Efek samping apa saja yang dapat ditimbulkan dalam penggunaan Obat Pengencer dahak ini? Simak ulasan lengkap dibawah ini.

Ambroxol Tablet dan Sirup

Obat Batuk pengencer dahak Ambroxol Sirup Tablet Dosis, Efek Samping, Kegunaan dan Harga
Obat Batuk pengencer dahak Ambroxol Sirup Tablet Dosis, Efek Samping, Kegunaan dan Harga

Penggunaan obat ambroxol tablet ataupun sirup (syrup) seperti ini akan memberikan kemudahan terhadap pengenceran dahak dan produksi dahak lainnya juga akan lebih encer. Hal ini dianggap akan membuat seluruh bagian dari saluran pernapasan menjadi lebih baik. Biasanya saluran pernapasan yang memiliki kandungan dahak tidak encer akan mengakibatkan iritasi ataupun infeksi dalam.

  • Kegunaan obat ambroxol

Beberapa dokter menyarankan bagi penggunaan Ambroxol yaitu dengan penyesuaian kondisi yang dialami. Biasanya beberapa kondisi yang memungkinkan untuk penggunaan obat ini secara maksimal bisa dikategorikan seperti Bronkitis asmatik, Pneumokoniosis bronkitis, Bronkitis kronis dan akut. Kondisi seperti ini akan menyebabkan gatal hingga tersumbatnya sebagian dari saluran pernapasan.

Untuk mendapatkan hasil yang sangat maksimal dari penggunaan obat ini sebaiknya anda juga harus melakukan konsultasi kepada dokter THT. Dokter akan menyarankan dosis yang tepat dari penggunaan obat ini karena bisa juga diterapkan pada dewasa dan anak-anak. Obat ini memiliki beberapa bentuk variasi yang bisa disesuaikan dengan pilihan kondisi tubuh. Anda bisa mempertimbangkan bentuk tablet atau obat cair yang mudah untuk diminum.

  • Dosis Obat Ambroxol Tablet/Sirup untuk Anak dan Dewasa

Penggunaan Ambroxol yang baik dan benar biasanya disesuaikan dengan dosis yang sangat dianjurkan. Tentu saja dosis yang diberikan bagi penderita gangguan saluran pencernaan seperti ini terdiri dari dewasa dan anak-anak.

Bagi dewasa, anda bisa memberikan dosis sekitar 30 hingga 120 mg perhari. Dosis ini juga diterapkan dengan kondisi dari gangguan saluran pernapasan yang dialami.

Selain itu, pada anak-anak diberikan ambroxol syrup ini dengan penyesuaian berat badan dan usia. Tentu saja anda juga harus melakukan konsultasi kepada dokter untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Apalagi obat ini memberikan efek samping bila diterapkan secara berlebihan dan berpengaruh pada kondisi tubuh anda.

  • Ambroxol obat batuk bayi

Untuk dosis penggunaan Obat Ambroxol ini pada bayi, jangan sembarangan! Konsultasikan dulu kepada Dokter anak agar dosis yang digunakan pun tepat.

  • Aturan Minum Obat Batuk Ambroxol

Dokter juga menyarankan bahwa penggunaan Obat Penyakit Saluran Pernapasan ini sebaiknya diterapkan secara disiplin. Anjuran dokter yang harus diterapkan seperti obat ini bisa diminum setelah anda mengkonsumsi makanan utama. Sehingga pada saat obat ini masuk dalam saluran pencernaan tidak terjadi gangguan serius.

Penggunaan obat seperti ini sebaiknya diterapkan secara maksimal dan teratur setiap hari sesuai dengan waktunya. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan reaksi yang dibutuhkan oleh tubuh terhadap gangguan pernapasan itu. Perhitungan waktu yang disarankan dokter dari penggunaan obat ini biasanya diterapkan selama 3 kali sehari.

Tentu saja masing-masing dari perhitungan waktu ini memiliki rentang waktu yang tidak terlalu lama atau terlalu cepat. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, sebaiknya anda memperhatikan saran anjuran minum yang terdapat di dalam kemasan.

  • Efek Samping Obat ambroxol (Obat pengencer dahak)

Sama seperti lainnya, obat ini juga memiliki efek samping yang akan berpengaruh buruk pada kondisi tubuh anda. Kondisi seperti ini biasanya terjadi karena terdapat perubahan bagian tubuh yang akan menganggu bagian kesehatan. Selain itu, kondisi tubuh anda saat meminum obat ini juga dianggap akan memberikan pengaruh yang cukup besar.

Beberapa efek samping yang mungkin anda dapatkan setelah mengkonsumsi obat ini seperti gangguan dalam sistem pencernaan pada waktu yang cukup singkat, selain itu anda akan merasakan efek mual hingga muntah secara tiba-tiba, dan pada bagian ulu hati terdapat rasa nyeri.

Biasanya efek samping seperti ini termasuk ringan. Namun, bila anda merasakan efek samping yang berlebihan, sebaiknya lakukan konsultasi kepada dokter THT untuk mendapatkan pertolongan maksimal.

  • Berapa harga obat ambroxol ?

Untuk harga obat ambroxol Tablet 30 mg di Apotik ada di kisaran harga Rp 14.000 – 15.000.

Sedangkan untuk harga obat ambroxol ialah Rp 8.400

Nah, sekian itulah artikel kali ini mengenai Obat Batuk Ambroxol Sirup / Tablet: Dosis, Efek Samping, Kegunaan dan Harga. Semoga bisa menambah wawasan anda mengenai salah satu obat pengencer dahak yang ada saat ini dan dengan harga yang terbilang sangat terjangkau.