Obat Cimetidine Untuk Mengatasi Tukak Lambung (Maag): Kegunaan, Dosis, Cara Pemakaian

Posted on

Nurulku.comObat cimetidine ini dapat ditemui di apotek-apotek dengan harga obat cimetidine ini sangat bervariasi namun tetap terjangkau oleh masyarakat. Selain cimetidine obat lain yang sejenis dan dapat meringankan gangguan pada lambung dan sekitarnya adalah obat sanmetidin disamping itu juga dikenal obat famotidine serta obat simethicone. Namun yang banyak beredar di masyarakat dan banyak dikonsumsi adalah obat cimetidine dan ranitidine.

Mengobati Tukak Lambung dengan Cimetidine

Obat Cimetidine Untuk Mengatasi Tukak Lambung (Maag): Kegunaan, Dosis, Cara Pemakaian
Obat Cimetidine Untuk Mengatasi Tukak Lambung (Maag): Kegunaan, Dosis, Cara Pemakaian

Selain mengkonsumsi obat-obatan tersebut sebagai mana disebutkan diawal, hal yang perlu dihindari agar produksi asam lambung tidak terus meningkat adalah mengindari makanan seperti coklat dan es krim karena akan menghambat kinerja obat dalam tubuh dan bahkan akan memunculkan penyakit lainnya.

Bagi anda yang menderita tukak lambung pasti sering merasa tersiksa jika tiba-tiba penyakit tersebut datang menyerang, rasa nyeri yang datang mengakibatkan rasa kurang nyaman pada area sekitar perut namun hal ini dapat diatasi dengan obat cimetidine.

  • Kegunaan Obat Cimetidine

Cimetidine adalah obat untuk menangani beberapa kondisi akibat produksi asam lambung yang berlebihan. Asam lambung tersebut sebenarnya penting untuk proses pencernaan namun jika jumlahnya berlebihan (terlalu banyak) justru akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Beberapa penyakit yang dapat diobati menggunakan cimetidine adalah tukak lambung, maag, sakit usus halus, gangguan pencernaan dan refluks asam.

            Sebelum mengkonsumsi obat cimetidine ini anda perlu memperhatikan beberapa hal:

  1. Tanyakan terlebih dahulu pada apoteker terkait dosis obat baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.
  2. Bagi penderita ginjal dan gangguan pada fungsi hati maka perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi obat ini.
  3. Bagi wanita yang sedang hamil dan menyusui tanyakan dahulu pada dokter yang bersangkutan terkait penggunaan obat cimetidine
  4. Jika terjadi overdosis atau reaksi alergi maka hentikan segera pemakaian dan segera hubungi dokter dan rumah sakit terdekat.

Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut maka akan meminimalisir kesalahan pengobatan yang akan membahayakan nyawa penderita tersebut,sebagai konsumen juga harus jeli dalam membaca dan menanyakan berbagai hal terkait obat kepada pihak yang mengerti seperti apoteker dan dokter.

  • Dosis obat cimetidine

Dosis penggunaan obat cimetidine ini berbeda setiap penyakitnya untuk orang dewasa takaran pemberian obat akan disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit, kondisi pasien dan respon tubuh pada obat ini.

Berikut adalah takaran obat berdasarkan jenis penyakitnya:

  1. Tukak usus halus, 800mg sekali minum sebelum tidur malam. Jika belum efektif dapat mengkonsumsi 200mg tiga kali dari pagi sampai sore dan 400mg sebelum tidur malam namun jika belum efektif juga anda dapat langsung mengkonsumsi 400mg empat kali sehari.
  2. Refluks asam,cukup dengan 400mg kali dalam sehari.
  3. Tukak lambung,400mg dan dikonsumsi dua kali sehari.
  4. Gangguan pencernaan,lebih sedikit dosisnya yakni hanya 200mg sehari empat kali.

Untuk penderita anak-anak maka dosis harus sesuai dengan petunjuk dokter dan disesuaikan dengan berat badan mereka (anak-anak).

  • Cara Mengkonsumsi Obat Tukak Lambung Cimetidine

Selain memperhatikan dosis dan ketentuan pemberian obat,kita juga harus mengetahui bagaimana cara mengkonsumsi obat ini secara baik dan benar yakni dengan mengikuti anjuran dokter dan membaca informasi yang tertera pada kemasan cimetidine.

Selain itu cimetidine juga dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan dan pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya usahakan konsumsi pada jam yang sama tiap hari untuk memaksimalisasikan efeknya. Jika gejala belum juga membaik setelah beberapa hari segera temui dokter kembali jangan mengkonsumsi obat ini selama dua minggu tanpa ada rekomendasi dari dokter.

Berikut itulah informasi mengenai Obat Cimetidine Untuk Mengatasi Tukak Lambung (Maag): Kegunaan, Dosis, Cara Pemakaian. Semoga dapat bermanfaat bagi!

Baca juga: Ini Dia Beberapa Gejala Usus Buntu yang Perlu Diwaspadai