Pencipta Lagu Garuda Pancasila, Satu Nusa Satu Bangsa dan Bagimu Negeri serta Tahunnya

Posted on

Siapa Pencipta Lagu Garuda Pancasila? Banyak yang tidak mengenal siapa pencipta lagu Garuda Pancasila. Lagu wajib ini biasa dinyanyikan pada saat upacara atau berbagai acara resmi kenegaraan, baik di sekolah maupun di instansi pemerintahan. Lagu ini pun sangat mudah untuk dinyanyikan karena menggunakan lirik lagu yang sederhana dan penuh dengan semangat juang kemerdekaan. Lalu, siapakah orang dibalik gubahan lagu Garuda Pancasila ini? lagu garuda pancasila diciptakan pada tahun berapa? Lihat jawabannya pada ulasan artikel dibawah ini.

 

Lagu garuda pancasila diciptakan oleh dan Tahun berapa

Pencipta Lagu Garuda Pancasila, Satu Nusa Satu Bangsa dan Bagimu Negeri serta Tahunnya
Pencipta Lagu Garuda Pancasila, Satu Nusa Satu Bangsa dan Bagimu Negeri serta Tahunnya

Mungkin kita sudah hapal dengan lirik lagu ini, karena memang lagu ini merupakan lagu wajib yang sering dinyanyikan setiap kali upacara maupun acara kenegaraan diadakan. Namun, sudah tahukan siapa nama pencipla lagu garuda pancasila ini? Dan diciptakan pada tahun berapa lagu Garuda pancasila tersebut? Penasaran kan, langsung saja ini jawabannya

  • Siapa yang Menciptakan Lagu Garuda Pancasila?

Lagu Garuda Pancasila sebenarnya memiliki judul asli Mars Pancasila. Namun, nama Garuda Pancasila lebih melekat di hati rakyat Indonesia. Rasa patriotisme kebangsaan dan perjuangan begitu terasa dalam lagu ini. Pencipta lagu Garuda Pancasila adalah seorang komposer asli Indonesia bernama Sudharnoto. Siapakah beliau?

Sudharnoto lahir di Kendal, Jawa Tengah pada tanggal 24 Oktober 1925. Ia adalah seorang komposer dan ilustrator film terkenal pada masanya. Bakat musik yang dimilikinya mungkin saja diturunkan dari kedua orangtuanya. Ayahnya adalah seorang pemain biola, seruling, dan gitar, sedangkan ibunya adalah pemain arkodeon yang andal.

  • Lagu Garuda Pancasila diciptakan pada tahun berapa?

Lagu Garuda Pancasila diciptakan pada tahun 1956, dimana pada saat itu suasana negara Indonesia masih carut-marut, berjuang membentuk jati dirinya. Dasar negara masih belum kokoh dan timbul banyak pergerakan yang ingin merusak keutuhan NKRI. Lagu Garuda Pancasila diciptakan oleh Sudharnoto untuk kembali membangkitkan semangat patriotisme kebangsaan. Dengan lagu ini, Sudharnoto mengharapkan bangsa Indonesia kembali bersatu dalam Pancasila dan siap berkorban demi keutuhan bangsa.

  • Kaitan Lagu Kebangsaan dengan Semangat Patriotisme

Tidak hanya lagu Garuda Pancasila, lagu Bagimu Negeri gubahan Kusbini pada tahun 1960 juga mencerminkan semangat patriotisme. Pencipta lagu Garuda Pancasila dan Bagimu Negeri sama-sama penyair dan komposer lagu yang yang ingin agar semangat NKRI terus ada di benak masyarakat Indonesia. Hal ini dapat dilihat pada lirik kedua lagu yang mencerminkan sosok pejuang dengan semangat patriotisme yang tinggi.

  • Pencipta lagu garuda pancasila dan satu nusa satu bangsa

Jika diamati kembali, lirik lagu Satu Nusa Satu Bangsa menyatakan bahwa perbedaan yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia tidak seharusnya menjadi penghalang untuk menyatukan bangsa ini. Lagu ini sendiri diciptakan Liberty Manik pada tahun 1947. Pada saat itu, Indonesia sedang gencar-gencarnya melepaskan diri dari tangan Belanda dan Sekutu. Kemiripan makna ini juga menyorot pada sila ke-3 Pancasila, Persatuan Indonesia. Dari hasil karnyanya, jelas terlihat bahwa pencipta lagu Garuda Pancasila dan Satu Nusa Satu Bangsa, dan mungkin pencipta lagu kebangsaan Indonesia lainnya, menginginkan bangsa Indonesia untuk bersatu.

Lagu kebangsaan diciptakan untuk menggunggah semangat nasionalisme dalam diri masyarakat Indonesia pada saat itu dan di masa depan. Untuk alasan yang sama, lagu Garuda Pancasila diciptakan agar masyarakat kembali memegang teguh Pancasila sebagai dasar dan pondasi negara. Jelas terlihat, pencipta lagu Garuda Pancasila menggunakan seluruh kemampuannya untuk membangkitkan semangat bangsa. Tidak heran kalau lagu ini masih relevan hingga saat ini.

Jadi sekarang sudah tahukan nama Pencipta Lagu Garuda Pancasila, Satu Nusa Satu Bangsa dan Bagimu Negeri serta Tahunnya. Jadi jangan hanya hapal liriknya saja. Tapi ketahuilah pula siapa pencipta yang telah menciptakan lagu-lagu kebangsaan tersebut.

Baca: Yuk, Belajar Tips Mempersiapkan Anak Menjadi Pengusaha muda sukses