6 Obat Sakit Pinggang di Apotik dan Alami yang Ampuh

Posted on

Obat sakit pinggang di apotik memang diperlukan oleh banyak orang. Sakit pinggang merupakan penyakit yang jamak dialami hamper semua orang, namun setiap orang tentu beda penyebab dan tingkat rasa sakitnya. Ada rasa sakit yang sebentar dan tidak terlalu sakit, ada juga yang berlangsung lama dan sakitnya sangat terasa.

Sakit pinggang disebabkan karena otot terkilir, hal ini terjadi karena otot meregang secara berlebihan. Beberapa hal yang menyebabkan seseorang mengalami sakit pinggang ialah karena mengangkat benda berat dengan posisi yang salah, memiliki postur tubuh yang buruk, hingga cedera olahraga. Penyebab lain ialah kelainan bawaan tulang belakang hingga penyakit medis yang berhubungan dengan tulang. Oleh karena itu dibutuhkanlah obat sakit pinggang di apotik.

Tapi jika kamu mengalami sakit pinggang yang diakibatkan cedera serius seperti kecelakaan, jatuh, dan sebagainya, lebih baik dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk dapat rekomendasi obat yang sesuai.

Kumpulan obat sakit pinggang di apotik

Daftar obat sakit pinggang yang bisa didapat di apotik
Daftar obat sakit pinggang yang bisa didapat di apotik

Mengalami sakit pinggang tentu adalah hal yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Berbagai cara bisa dilakukan sebenarnya untuk mengobati rasa sakit yang muncul. Salah satunya ialah meminum obat yang khusus untuk sakit pinggang. Obat obatan ini ada yang bisa didapat di apotik atau toko obat biasa, ada juga yang harus menggunakan resep dokter untuk mendapatkannya.

Berikut adalah daftar obat yang bisa digunakan untuk meredakan sakit pinggang.

  • Obat sakit pinggang di kimia farma: Viostin DS

Obat sakit pinggang di kimia farma: Viostin DS
Obat sakit pinggang di kimia farma: Viostin DS

Viostin DS merupakan obat sakit pinggang yang efektif untuk meredakan rasa nyeri dengan cepat. Selain mengobati rasa sakit, obat ini juga bisa memperbaiki tulang rawan yang telah rusak. Viostin DS bekerja dengan mencegah kerusakan di sendi dan jaringan kartilago. Viostin DS ini bisa didapat di apotek atau toko obat biasa dengan harga Rp175 ribu per botol yang berisi 30 kapsul.

  • Neo Rheumacyl Neuro sebagai obat sakit pinggang dari apotik

Neo Rheumacyl Neuro sebagai obat sakit pinggang dari apotik
Neo Rheumacyl Neuro sebagai obat sakit pinggang dari apotik

Neo Rheumacyl Neuro merupakan obat sakit pinggang yang paling banyak diiklankan serta terpercaya. Obat ini digunakan untuk mengobati rasa nyeri yang muncul pada saraf gigi hingga penyakit tulang belakang dan pinggang. Obat ini memiliki banyak kandungan yang mampu meredakan sakit seperti ibuprofen yang berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri di kepala, gigi dan sendi.

Ada juga senyawa Thiamine yang berfungsi untuk mencegah defisiensi dari vitamin B1. Ada juga senyawa Pyridoxine HCI yang sistim kerjanya menjaga jaringan saraf. Lalu ada kandungan Cyanocobalamin yang berperang menjaga kesehatan system saraf.

Cara meminum obat ini yang dianjurkan ialah tiga kali sehari sebanyak satu kaplet sesudah makan. Tapi hati-hati karena obat ini memiliki efek samping seperti mual, muntah, nyeri lambung dan rasa panas. Harganya adalah Rp11 ribu per satu strip.

  • Obat apotik sakit pinggang belakang: Voltaren

Obat ini mengandung Natrium Diklofenak yang termasuk ke dalam golongan Nonsteroidal Anti Inflammatory Drug atau NSAID. Dengan kandungannya itu, rasa sakit pinggang yang dialami bisa reda. Selain itu, Voltaren juga bisa mengatasi nyeri karena keseleo atau terkilir. Untuk voltaren tablet, dosis minumnya ialah 2 sampai 3 kali sehari dan sesudah makan. Adapun harga dari Voltaren ialah Rp9 ribu per tablet.

  • Transpulmin BB Balsem sebagi obat sakit pinggang akut di apotik

Obat ini merupakan obat gosok yang bekerja meredakan sakit pinggang dan nyeri secara cepat. Selain di pinggang, obat ini juga bisa meredakan nyeri yang terasa di kepala, perut, punggung, hidung tersumbat, dan sebagainya.

Bahan utama dari balsam ini ialah chamomile dan minyak eukaliptus. Chamomile bekerja melawan bakteri infeksi, mengatasi permasalahan perut, hingga membuat relaks tubuh. Sedangkan minyak eukaliptus meredakan hidung tersumbat dan memberi rasa hangat di tubuh.

Harga Transpulmin BB ini ialah Rp54 ribu per tabungnya.

  • Lafalos Cream

Merupakan obat sakit merupakan salep yang bisa mengobati sakit pinggang dan memberikan rasa relaks pada sendi dan otot. Komposisinya yakni menthol, eugenol, dan methyl salicylate mampu meredakan rasa nyeri di sendi dan otot. Cara pemakaiannya ialah dioleskan ke sendi yang sakit sebanyak 3 hingga 4 kali sehari. Adapun harga Lafalos Cream ini ialah Rp15 ribu per buahnya.

  • Cyclobenzaprine

Obat ini digunakan untuk terapi otot yang mengalami cedera. Cara kerjanya yakni menenangkan otot yang tegang. Tapi penggunaan obat ini tidak boleh lama-lama dan hanya berdasarkan anjuran resep dokter.

Itu adalah daftar obat-obat farmasi yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit pinggang. Namun jika kamu enggan menggunakan obat kimia, kamu bisa menggunakan berbagai obat herbal dan alami untuk meredakan nyerinya. Beberapa diantaranya ialah.

  • Meminum jahe

Kandungan phytochemical dalam jahe mampu menghentikan peradangan di sendi dan otot sehingga bisa dijadikan obat untuk mengatasi sakit pinggang. Jika kamu mengalami sakit pinggang, kamu bisa menggunakan jahe secara teratur untuk meredakan rasa nyeri dan bengkaknya.

  • Kunyit

Siapa sangka tenryata kunyit ini juga memiliki kandungan yang mampu meredakan rasa nyeri di pinggang dan sendi lain. Hal ini karena kandungan kurkuma di kunyit menjadi anti radang yang baik. Tapi tentu saja dalam dosis tertentu yang wajar.

  • Feverfew

Obat ini sudah lama digunakan untuk menyebmbuhkan sakit kepala, perut, dan gigi. Tapi selain itu, feverfew ternyata juga efektif untuk meredakan sakit pinggang.

  • Bumbu dapur

Berbagai bumbu dapur terutama yang mengandung senyawa capsicin seperti cabai dan lainnya ini dapat mengurangi zat alami tertentu sehingga membantu meloloskan sinyal rasa sakit ke otak. Hal ini berpengaruh untuk menghambat rasa sakit pinggang yang dialami seseorang. Beberapa bahan dapur yang mengandung capsicin memiliki ciri rasa yang pedas seperti cabai.

Begitulah daftar obat sakit pinggang yang bisa kamu dapatkan di apotik dan obat sakit pinggang yang alami. Apapun pilihan kamu, sebaiknya berdasarkan berbagai pertimbangan yang baik. Semoga daftar obat diatas bermanfaat menyembuhkan rasa sakit pinggang yang kamu alami.

ARTIKEL TERKAIT