Manfaat Kolang Kaling untuk Diet, Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Posted on

Nurulku.com – Manfaat kolang kaling sangat terasa ketika bulan ramadhan tiba. Sebagian masyarakat Indonesia yang beragama muslim mulai sibuk mempersiapkan berbagai resep masakan untuk hidangan berbuka dan sahur. Anda mungkin tidak asing dengan kolak, dessert khas yang biasanya disajikan saat berbuka puasa. Di dalam kolak tersebut ada suatu jenis buah yang bentuknya lonjong, terkadang dipotong menjadi beberapa bagian, warnanya putih dan teksturnya kenyal di mulut. Itulah yang disebut dengan kolang kaling. Saat bulan ramadhan tiba, banyak pedagang di pasar tradisional yang menjualnya karena tingginya permintaan pembeli. Buah yang dihasilkan dari pohon aren ini tidak hanya bermanfaat sebagai kolak, tetapi masih banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan. Apa sajakah manfaat dari buah kolang kaling itu?

8 Manfaat Kolang Kaling Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kolang Kaling Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Kolang Kaling Bagi Kesehatan Tubuh

Kolang kaling memiliki banyak kandungan vitamin dan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kadar air di dalam buah kolang kaling bisa mencapai 93%. Kolang kaling juga kaya akan kandungan protein hingga 0,69 gram dan karbohidrat hingga 4 gram. Selain itu, juga mengandung zat besi, kalsium, potassium, gelatin, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan masih banyak lagi yang lainnya. Tak dapat dipungkiri dengan banyaknya kandungan vitamin dan gizi tersebut menjadikan manfaat kolang-kaling juga begitu beragam. Berikut ini ulasannya.

  • Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

    • Kolang kaling memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Terdapat sekitar 91 mg kalsium per 100 gram kolang kaling. Kandungan kalsium di dalam kolang kaling lebih rendah kalori dibandingkan dengan susu murni sehingga lebih aman dikonsumsi. Kalsium sangat penting untuk konsumsi harian oleh semua usia karena fungsinya memperkuat tulang dan gigi, mencegah dari berbagai penyakit tulang seperti sakit punggung dan osteoporosis serta menjaga tekanan darah tetap stabil.
  • Manfaat Kolang Kaling untuk Saluran Pencernaan

    • Kandungan serat di dalam kolang kaling cukup tinggi yakni 1.6 gram per 100 gram kolang kaling. Menurut penelitian, mengonsumsi kolang kaling sebanyak 5 hingga 10 buah dapat membantu memperlancar saluran pencernaan. Konsumsi kolang kaling secara rutin dapat mencegah kita dari gangguan atau penyakit pencernaan, seperti diare, sembelit, susah buang air besar dan sebagainya. Oleh karena itu, kolang kaling sangat direkomendasikan sebagai salah satu menu makanan dalam program diet.
Manfaat Kolang Kaling bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Kolang Kaling bagi Kesehatan Tubuh
  • Manfaat Kolang Kaling dalam Mengatasi Gatal-gatal

    • Kolang kaling juga dikenal memiliki getah yang amat lengket dan bisa menyebabkan gatal jika mengenai kulit. Namun, ada penelitian yang menyatakan bahwa getah kolang kaling ini jika diolah menjadi asupan justru dapat mengobati gatal-gatal. Sementara itu, buah kolang kaling juga dinilai bermanfaat untuk mengatasi gatal-gatal di kulit.
  • Manfaat Kolang Kaling untuk Ibu Hamil

    • Kolang kaling merupakan buah yang kaya akan karbohidrat, serat, kalsium, air, zat besi dan kadar gelatin, vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Semua nutrisi tersebut sangat penting untuk kebutuhan ibu hamil. Seperti halnya, kalsium dan zat besi di dalamnya sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Vitamin B berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil yang terkadang lebih cepat letih dari biasanya. Kandungan serat juga dapat melancarkan pencernaan ibu hamil yang sering kali mual atau ingin muntah.
  • Manfaat Kolang Kaling untuk Diet Alami

    • Seratus gram kolang kaling mengandung 4 gram karbohidrat, protein 0,69 gram, kadar air 94% dan beragam nutrisi baik lainnya. Kolang kaling juga mengandung gelatin cukup tinggi yang berfungsi untuk mengenyangkan lebih lama dan menahan nafsu makan sehingga sangat cocok untuk program diet. Bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih dan ingin menurunkannya, cobalah untuk mengonsumsi kolang kaling secara rutin dan Anda akan merasakan manfaatnya.
manfaat kolang kaling bagi kesehatan tubuh
Manfaat Kolang Kaling bagi Kesehatan Tubuh
  • Manfaat Kolang Kaling untuk Dehindrasi

    • Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kolang kaling memiliki kadar air hingga 94% per 100 gram. Air sangat penting untuk kehidupan dan kesehatan tubuh. Tanpa konsumsi air yang cukup, tubuh akan mudah lemas dan terkena dehidrasi. Kadar air yang cukup tinggi tersebut yang membuat kolang kaling baik dikonsumsi untuk melepas dahaga di siang hari atau setelah seharian penuh berpuasa.
  • Manfaat Kolang Kaling untuk Kecantikan

    • Kandungan gelatin di dalam kolang kaling ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga keremajaan kulit, kuku dan rambut agar tetap sehat. Kulit Anda pun akan terasa semakin sehat dan cantik jika rutin mengonsumsi kolang kaling minimal 100 gram per hari.
  • Manfaat Kolang Kaling untuk Menyembuhkan Luka

    • Terkadang meski sudah berusaha hati-hati, kita bisa saja jatuh dan terluka. Terlebih bagi Anda yang hobi beraktivitas berat atau berolahraga. Luka pada anggota badan pasti membuat kita risih dan sulit beraktivitas. Apalagi jika luka tersebut lebar dan mengenai pada bagian tubuh yang vital, seperti siku, telapak tangan dan wajah. Namun, kini Anda tidak perlu resah lagi karena proses penyembuhan luka dapat dipercepat dengan mengonsumsi 100 gram kolang kaling secara rutin sampai luka tersebut sembuh.

Berikut itulah manfaat kolang kaling yang perlu Anda ketahui. Tak heran jika kolang kaling menjadi bahan makanan favorit yang banyak dicari selama bulan ramadhan. Yuk konsumsi kolang kaling!

ARTIKEL TERKAIT