Kenapa Bayi Sering Gumoh, Cegukan dan Buang Angin: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Posted on

Kenapa bayi sering gumoh? Pertanyaan tersebut pasti seringkali ditanyakan oleh ibu yang baru melahirkan, terlebih lagi jika sang ibu baru lahir anak pertama. Banyak alasan untuk jawaban dari pertanyaan kenapa bayi sering gumoh itu. Lantas sudahkah anda tahu penyebab bayi gumoh terus menerus?  mengapa gumoh pada bayi lewat hidung itu sering terjadi? kenapa bayi sering cegukan, kentut yang disertai pula dengan gumoh? Temukan semua jawaban atas pertanyaan masalah gumoh diatas melalu ulasan pada artikel yang ada dibawah ini

Kenapa Bayi Sering Gumoh dan Cegukan? Apa Penyebabnya?

Kenapa Bayi Sering Gumoh Cegukan dan Buang Angin Penyebab dan Cara Mengatasinya
Kenapa Bayi Sering Gumoh Cegukan dan Buang Angin Penyebab dan Cara Mengatasinya

Fenomena ini sering terjadi pada bayi dan menjadi tanda tanya besar bagi sebagian besar para ibu. Gumoh sendiri adalah kondisi ketika bayi memuntahkan ASI atau isi lambungnya, baik dari mulut maupun hidung. Hal ini normal terjadi, bahkan 70% bayi berusia dibawah empat bulan akan mengalaminya setidaknya sehari sekali. Lalu, apa yang menyebabkan hal ini terjadi? bagaimana cara mengatasinya?

  • Penyebab Bayi Sering Gumoh dan Cegukan

Gumoh sebenarnya adalah hal yang normal terjadi, khususnya pada bayi berusia 0-3 bulan. Namun ibu tidak perlu khawatir, karena biasanya kondisi akan berangsur menghilang sampai bayi berusia 7-8 bulan. Lalu, kenapa bayi sering gumoh?

Hal ini dapat terjadi karena sistem pencernaan bayi yang belum mampu bekerja dengan baik, khususnya pada bagian klep penutup lambung yang berada di antara lambung dan tenggorokan. Hal ini juga terjadi pada gerakan peristaltik lambung. Kondisi inilah yang menjadi penyebab bayi gumoh terus-menerus.

Selain karena sistem pencernaannya yang belum sempurna, terdapat beberapa hal lain yang dapat menyebabkan gumoh terjadi, diantaranya:

  • Pemberian ASI yang Berlebihan

Hal ini menjadi salah satu factor mengapa bayi bisa gumoh. Ketika ASI atau makanan masuk ke dalam tubuh, semuanya akan tertampung dalam lambung sebelum mengalir ke usus halus. Jika kondisi lambung sudah penuh, tubuh secara otomatis akan mengeluarkannya kembali dari tubuh.

Sehingga untuk cara mengatasinya ialah dengan tidak memberikan si bayi ASI yang berlebihan.

  • Posisi Menyusui yang Tidak Benar

Usahakan posisi ketika menyusui bayi tepat sehingga dapat menghindari posisi bayi tidur terlentang saat disusui. Hal ini akan menyebabkan gumoh pada bayi lewat hidung karena ASI masuk ke dalam saluran pernafasannya. Untuk itu, agar gumoh tidak terjadi, pastikan posisi menyusui anda telah benar.

  • Bayi Terlampau Aktif

Jika saat sedang atau setelah disusui bayi terlampau aktif, seperti seringnya mengeliat atau menangis, perut bayi akan mengalami tekanan. Sehingga, ASI akan dikeluarkan kembali dari tubuh dan bayi mengalami gumoh.

Baca: Ini Dia Bagian Penting dalam Cara Memandikan Bayi yang Benar

Hal Lain yang Sering Terjadi pada Bayi

Hal yang juga sering terjadi pada bayi adalah cegukan. Salah satu penyebab kenapa bayi sering cegukan adalah udara yang masuk melalui ASI pasca menyusui. Udara ini terjebak pada perut bayi dan membuat diafragmanya berkontraksi. Ditambah dengan kondisi perutnya yang penuh, menyebabkan bayi sering gumoh dan cegukan.

Begitu pula yang terjadi bila bayi sering mengalami buang angin atau kentut. Hal ini disebabkan dengan adanya gelembung udara yang masuk ketika bayi disusui. Sehingga, kondisi bayi sering gumoh dan kentut juga dapat terjadi.

Bayi sering mengalami gumoh, cegukan, maupun kentut adalah hal yang lumrah terjadi pada bayi berusia dibawah tiga bulan. Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor, baik karena pemberian ASI atau makanan yang tidak tepat hingga bayi yang terlalu aktif. Meskipun dapat dikatakan normal, hal-hal ini dapat dicegah untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan. Memang ada beberapa penyebab kenapa bayi sering gumoh tapi semuanya bisa dicegah.

Jadi sekarang sudah tahu bukan alasan Kenapa Bayi Sering Gumoh, Cegukan dan Buang Angin? Harus tahu dong apalagi setelah membaca artikel diatas. Semoga bermanfaat ya Ibu!

Baca: Anak Bayi Susah Tidur? Ini Cara Membuat Anak Cepat Tidur