Buah Pisang : Kandungan, Morfologi dan Manfaat

Posted on

Nurulku.comApa saja kandungan, morfologi dan manfaat buah pisang ??? Pisang merupakan tanaman yang memiliki daun besar dan memanjang. Pisang termasuk dalam kategori Musaceae dengan jenisnya Musa acuminate, M. balbisiana dan M. ×paradisiaca yang beraneka ragam tetapi dapat menghasilkan buah yang sama. Pisang tersusun dalam bentuk sisir yang ditandai dengan dengan posisi berkelompok dan tersusun menjari.

Morfologi Pohon Pisang 

KANDUNGAN GIZI PISANG

  1. Daun

Ketika baru tumbuh daun pisang akan memiliki warna hijau muda, namun apabila sudah dewasa daun tersebut berubah warna menjadi hijau tua. Daun tersebut berbentuk lebar dan panjang serta mempunyai tulang daun yang berserat serat dengan tepi daun kompak. (Baca:Beragam Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan )

  1. Akar

Pohon pisang memiliki akar serabut dengan pertumbuhan akar bergerak dan berkumpul menuju arah samping dari pohon memanjang sepanjang 4-5 meter. Akar pohon pisang tidak dapat meraih leih dari 2 meter di bawah permukaan tanah, sehingga akar ini sangat mudah sekali dicabut.

  1. Bunga Pisang

Bunga pisang sering diistilahkan sebagai jantung pisang. Bunga pisang tergolong dalam bunga sempurna karena memiliki dua alat reproduksi yaitu bunga jantan dan betina. Bunga tersebut berada didua bagian, yaitu pada pangkal untuk bunga betina dan di bagian tengah untuk bunga jantan. Letak dari bunga pisang sendiri berada pada tiap ketiak antara daun pelindung. Di kemudian hari bunga pisang akan berubah menjadi buah pisang terdiri dari beberapa sisir, dimana setiap sisirnya terdapat 7-21 buah pisang. (Baca:Pestisida Organik: Kegunaannya Untuk Cabe, Melon, Padi , Kangkung dan Contohnya )

  1. Batang

Pohon pisang mempunyai 2 jenis batang yaitu batang asli dan batang semu. Untuk batang asli biasanya terdapat pada pangkal batang dan letakknya tenggelam dibawah permukaan tanah. Batang asli mempunyai sekumpulan mata tunas yang kelak dapat menghasilkan akar. Untuk batang semu merupakan batang yang terdiri dari pelepah pelepah daun dalam posisi tegak dan berdiri kokoh diatas permukaan tanah

Semua jenis pisang ketika matang akan memiliki warna kuning dan beberapa yang lain berwarna merah, hijau, jingga, unggu atau bahkan hampir hitam. Buah pisang dapat menjadi alternative pangan karena kaya akan sumber energy karbohidrat, kalium dan mineral.


Kandungan Gizi Pisang

Pisang memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti gula alami (glukosa, fruktosa dan sukrosa), vitamin (Vitamin B6, Vitamin C, Vitamin A), mineral, kalium, biotin, serat makanan, karbohidrat, mangan, magnesium dan riboflavin. Sedangkan dalam setiap sebuah pisang mengandung nutrisi :

  • Vitamin B6 : 0,5 mg
  • Vitamin C : 9 mg
  • Mangan : 0,3 mg
  • Serat : 3 gram
  • Kalium : 450 mg
  • Magnesium : 34 mg
  • Folat : 25.0 mcg
  • Besi : 0,3 mg
  • Niacin : 0,8 mg
  • Protein : 1 gram
  • Vitamin A : 81 IU
  • Riboflavin : 0,1 mg

1. Deskripsi Pohon Pisang

DESKRIPSI POHON PISANG

Pohon pisang merupakan pohon yang dapat hidup diberbagai daerah, baik di daerah dataran tinggi ataupun rendah, sehingga tidak perlu mencari area khusus untuk membudidayakannnya. Agar pohon pisang dapat berkembang dengan baik, sebaiknya tempatkan pada ketinggian diatas dari 100 meter dari permukaan laut dan usahakan kultur dari tanah sedikit terbuka dan lembab. Selain itu, pastikan pohon pisang terkena sinar matahari secara langsung dan jangan pernah letakkan dibawah genangan air karena dapat menimbulkan penyakit yang menyebabkan akar cepat busuk atau bahkan tidak akan dapat tumbuh sama sekali. Pohon pisang juga tidak dapat hidup pada area dengan tiupan angin kencang karena dapat membuat daunnya menjadi sobek. (Baca :Simbiosis Komensalisme Pada Makhluk Hidup Yang Sering Anda Temui )

Klasifikasi Ilmiah Pohon Pisang

KingdomPlantae (Tumbuhan)
Sub KingdomTracheobionta (Tumbuhan Berpembuluh)
Infra KingdomStreptophyta (Tumbuhan Darat)
Super DivisionSpermatophyta (Tumbuhan Berbiji)
DivisionMagnoliophyta (Tumbuhan Berbunga)
ClassLiliopsida (Tumbuhan Monokotil)
Sub ClassCommelinidae
OrdoZingiberales
FamilyMusaceae
GenusMusa
SpesiesMusa paradisiacal

2. Deskripsi Buah Pisang

DESKRIPSI BUAH PISANG

Buah pisang ketika masih mentah akan berwarna hijau, namun ketika matang buah pisang akan berubah warna menjadi kuning. Letak dari buah pisang biasanya pada sisir tanaman yang menempel di tandan pisang. Dalam setiap sisir terdapat 10-20 buah pisang, sedangkan di setiap tanda mempunyai 6-20 sisir pisang. Buah pisang mempunyai rasa manis dan tidak memiliki biji, meskipun beberapa jenis pisang lainnya mempunyai biji dengan rasa sedikit masam. (Baca :Khasiat Dan Manfaat Buah Apel )

3. Manfaat Pisang

Pisang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti :

Manfaat pisang untuk kesehatan

Pisang sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan, menjaga perut tetap sehat, memberikan nutrisi, mengatur ritme dari jantung dan mempunyai berbagai senyawa vitamin yang baik untuk kesehatan mata. Selain itu pisang memang dapat menjadi alternative dalam menu diet harian. Beberapa manfaat lain dari pisang adalah :

  1. Melancarkan peredaran darah

Kandungan potassium dalam pisang sangat baik untuk membantu peredaran darah, sedangkan kandungan kalium dapat membantu mengatur tekanan darah.

  1. Membantu pencernaan pada usus

Pisang mempunyai banyak serat yang sangat baik untuk mengurangi resiko sembelit, sehingga buah ini dapat dipergunakan sebagai obat pencahar alami. Untuk membantu mengurangi resiko penyakit usus ataupun gejala kanker usus besar, pisang dapat dikombinasikan dengan segelas susu. Selain itu pisang dapat dipergunakan untuk menahan inflamasi.

  1. Menjaga kesehatan mata

Pisang dapat membantu menjaga kesehatan mata karena memiliki sejumlah vitamin A yang dapat larut dalam lemak. Senyawa ini dapat menjaga kondisi membran yang mengelilingi mata sekaligus sebagai salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea. Setiap manuasia harus mendapatkan asupan vitamin A yang cukup agar dapat meminimalisir resiko kebutaan. Pada wanita membutuhkan vitamin A setiap harinya sebanyak 700 mikro gram, sedangkan pada pria membutuhkan 900 mikro gram. Dalam satu pisang sebesar 6 inchi memiliki vitamin A sebesar 10 mikro gram. Selain itu pisang juga mengandung alpha karoten dan beta karoten yang baik yang diubah menjadi vitamin A untuk membantu melindungi kesehatan mata.

  1. Menormalkan fungsi jantung

Setiap sarapan pagi jangan lupa untuk mengkonsumsi pisang karena dapat menambah nutrisi didalam tubuh untuk membantu mendukung fungsi jantung. Pisang mempunyai kandungan mineral yang kaya dan biasa disebut dengan elektorlit kalium dimana ketika masuk dalam tubuh akan langsung mengalir dalam aliran darah yang berjalan melalui dinding usus. Umumnya kalium berjalan disekitar sel sel yang berada diseluruh tubuh dan dapat larut dalam cairan sel. Kemudian proses tersebut mengalir dalam seluruh sistem tubuh, sehingga dapat membuat jantung tetap berdetak. Ketika tubuh kekurangan kalium parah akan membuat ritme jantung menjadi tidak teratur atau bahkan dapat mematikan jantung tersebut.


Manfaat pisang untuk pengobatan

Buah pisang selain dapat bermanfaat untuk kesehatan juga dapat dipergunakan untuk pengobatan :

  1. Anemia

Kandungan zat besi dalam pisang sangat baik untuk penderita kekurangan darah. Sebaiknya dalam sehari konsumsilah 2 buah pisang.

  1. Asma

Menurut studi dari Imperial College London menyatakan bahwa anak anak yang mengkonsumsi satu buah pisang disetiap hari mempunyai peluang 34% lebih kecil untuk terkena asma.

  1. Liver

Pisang dapat memberikan stimulant untuk menambah nafsu makan bagi para penderita liver. Cara pengolahannya adalah dengan dicampurkan madu

  1. Diabetes

Buah pisang dapat membantu menstabilkan glukosa darah karena dalam satu buah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 3 gram serat.

  1. Diare

Buah pisang sangat direkomendasikan untuk perawatan diare karena mempunyai kandungan elektrolit yang baik untuk mengembalikan kondisi tubuh menjadi normal.


Manfaat pisang untuk menyehatkan otak

Di negara maju, pisang selalu dijadikan sebagai salah satu pilihan terbaik untuk sarapan. Pisang dapat dicampurkan dalam sereal agar dapat memberikan energi untuk mengawali aktivitas. Kandungan kalium didalam pisang dapat memberikan stimulant ke otak untuk lebih berkonsentrasi dalam kegiatan sehari hari. Untuk bayi yang baru lahir dan telah memulai mengkonsumsi makanan padat, buah pisang sangat cocok menjadi pilihan karena mempunyai tekstur yang lembut sekaligus sangat baik untuk perkembangan otak bayi.

Manfaat pisang untuk ibu hamil

Ibu hamil memerlukan konsumsi yang baik bagi diri dan janin yang dikandungnya. Buah pisang sangat tepat menjadi pilihan ibu hamil karena mengandung banyak asam folat yang baik untuk membantu mencegah terjadinya cacat bawaan pada anak. Dalam setiap pisang terkandung 85-100 kalori yang penting untuk pembentukan sel sel baru pada janin. Selain itu pisang dapat membantu menjaga kadar gula darah stabil dan mengurangi terjadinya morning sickness. (Baca :Macam-macam Buah Segar Untuk Ibu Hamil )

ARTIKEL TERKAIT