Pengertian Mahkamah Agung: Tugas, Fungsi, Wewenang dan Keanggotaan

Posted on

Pengertian Mahkamah Agung itu apa sih? Meskipun hanya sebagian kecil masyarakat Indonesia yang berkutat di lembaga kenegaraan khususnya yang satu ini, tak ada salahnya bagi kita untuk memahami pengertian Mahkamah Agung. Selain mengetahui apa itu pengertiannya, tidak ada salahnya juga untuk kita mempelajari dan mencari tahu tugas, fungsi dan wewenang mahkamah agung bahkan keanggotaan mahkamah agung tersebut. Nah, langsung saja disimak dibawah ini untuk memahaminya soal mahkamah agung atau yang seringkali juga disingkat MA lebih jauh.

Pengertian Mahkamah Agung: Fungsi, Tugas, Wewenang dan Keanggotaan

Pengertian Mahkamah Agung - Tugas Fungsi Wewenang dan Keanggotaan
Pengertian Mahkamah Agung – Tugas Fungsi Wewenang dan Keanggotaan

Memahami pengertian akan Mahkamah Agung akan sedikit banyak memudahkan kita dalam mempelajari sistem kenegaraan di Indonesia. Berikut beberapa penjelasan yang dapat membantu kita dalam memahami pengertian dari Mahkamah Agung.

  • Fungsi Mahkamah Agung

Memahami pengertian Mahkamah Agung atau lebih sering disingkat MA bisa diawali dengan mengetahui fungsi keberadaannya.  Mahkamah Agung memiliki lima fungsi penting yaitu fungsi peradilan, fungsi pengawasan, fungsi mengatur, fungsi nasehat dan fungsi administratif.

Fungsi peradilan mewajibkan MA untuk menjaga penegakan keadilan di ranah hukum. Fungsi pengawasan yaitu fungsi yang menuntut MA untuk mengawasi sistem peradilan di Indonesia. Fungsi mengatur dan nasehat memiliki cara kerja yang hampir sama yaitu MA memiliki hak untuk mengatur dan memberi pertimbangan kepada lembaga tinggi negara yang lain dalam pengambilan keputusan. Fungsi Mahkamah Agung yang paling tinggi ialah fungsi administratif karena MA bertanggung jawab dalam mengatur susunan kepaniteraan semua lembaga tinggi negara yang ada di Indonesia.

  • Tugas Mahkamah Agung

Hampir sama dengan fungsi, tugas Mahkamah Agung sebagai salah satu lembaga tertinggi negara juga tidak sembarangan. Tugas MA yang pertama ialah tugas kasasi, yang mewajibkan MA untuk memastikan bahwa proseshukum yang berlakusudah sesuai undang-undang. Tugas MA yang selanjutmya ialah memutus sengketa yang muncul antar sesamalembaga tinggi negara yang lain. Tugas yang terakhir adalah menguji apakah semua kebijakan yang dijalankan sudah sesuai dengan kebijakan.

  • Wewenang Mahkamah Agung

Selain fungsi dan tugas, terdapat juga wewenang Mahkamah Agung yang digolongkan menjadi tiga. Yang pertama ialah membatalkan permohonan kasasi pada putusan pengadilan tingkat banding maupun tingkat terakhir dari semua lingkungan yang ada di peradilan. Setelah itu MA juga memiliki wewenang untuk menguji kelayakan peraturan dalam bentuk material terhadap peraturan perundang-undangan yang ada di bawah naungan undang-undang. Wewenang yang terakhir ialah memberikan pengawasan tertinggi pada penyelenggaraan peradilan di semua bentuk peradilan didalam terselanggaranya kekuasaan kehakiman.

  • Keanggotaan Mahkamah Agung

Dalam memilih anggotanya, MA memerlukan waktu yang tak singkat. Keanggotaan Mahkamah Agung dimulai dari  yang paling atas, dengan seorang Ketua dan Wakil Ketua, diikuti beberapa orang Ketua Muda serta beberapa Hakim Anggota. Mereka semua dibantu oleh seorang Panitera dan beberapa orang Panitera Pengganti yang harus siap kapan saja ketika dibutuhkan.

Memahami seluk beluk Mahkamah Agung berarti menjadikan atau mewajibkan kita terjun di dalam ranah kelembagaan negara. Dengan mengetahui perannya dalam kenegaraan, kita semakin memiliki gambaran tentang bagaimana sistem pemerintahan dijalankan karena pengertian Mahkamah Agung tak terlalu rumit untuk dipahami.

Berikut itulah ulasan singkat yang dapat kami informasikan pada artikel yang berjudul Pengertian Mahkamah Agung: Tugas, Fungsi, Wewenang dan Keanggotaan kepada anda semua. Semoga artikel yang membahas soal Mahkamah Agung atau MA ini dapat menjadi informasi yang tak hanya berguna namun bermanfaat.

Baca: Perbedaan Kolonialisme dan Imperialisme dilengkapi Pengertian Keduanya