Pengertian Teks Prosedur Kompleks: Struktur dan Contoh

Posted on

Pengertian Teks Prosedur Kompleks penting kiranya untuk diketahui khususnya buat kamu yang ingin memperdalam pelajaran Bahasa Indonesia. Sebab jika tidak, kamu pasti akan sulit untuk membedakan antara kalimat mapun teks lainnya yang ada. Lantas apa saja struktur teks prosedur kompleks ini? Apa ada contoh untuk teks prosedur kompleks tersebut? Lihat dan temukan semua jawaban yang jadi pertanyaan ini pada ulasan yang ada dibawah.

Teks Prosedur Kompleks: Pengertian, Struktur dan Contoh

Pengertian Teks Prosedur Kompleks - Struktur dan Contoh
Pengertian Teks Prosedur Kompleks – Struktur dan Contoh

Pembahasan dan pengertian teks prosedur kompleks merupakan salah satu materi dalam pelajaran Bahasa Indonesia di bangku sekolah. Teks ini sendiri mudah dikenali karena memiliki struktur kalimat dan teks yang khas. Namun, tanpa pengetahuan yang jelas mengenai jenis teks ini, menulis teks semacam ini juga pasti sulit.

Untuk itu, di bawah ini akan dibahas mengenai berbagai hal yang perlu diketahui dalam teks prosedur  kompleks ini.

  • Pengertian Teks Prosedur Kompleks

Pengertian teks prosedur kompleks adalah suatu teks yang berisi berbagai tahap atau langkah dalam melakukan sesuatu dan dilengkapi pula dengan keterangan atau penjelasan agar mudah dipahami oleh pembacanya. Bisa dikatakan jenis teks ini merupakan sebuah panduan, pedoman, atau instruksi dalam melakukan sesuatu. Jadi, berdasarkan pengertian teks prosedur di atas, tujuan teks ini dibuat adalah untuk membantu pembaca memahami dan bisa melaksanakan proses pengerjaan sesuatu dengan tahap-tahap yang terstruktur.

  • Struktur Teks Prosedur Kompleks

Struktur teks prosedur kompleks terdiri atas tiga bagian. Struktur dalam teks ini meliputi:

  • Bagian Tujuan

Bagian ini berisi judul dan tujuan dibuatnya teks prosedur. Artinya, penjelasan mengenai hasil akhir dari proses pembuatan serta gambaran berbagai tahapan yang perlu dilakukan ada pada bagian ini.

  • Bagian Material

Bagian ini berisi berbagai bahan dan material/alat yang digunakan dalam proses pembuatan.

  • Bagian Langkah-Langkah

Bagian ini berisi berbagai tahapan atau langkah yang harus dilakukan dalam proses pembuatan. Tahapan yang diberikan harus disesuaikan secara berurutan. Hal ini penting dilakukan agar pembaca tidak bingung ketika membacanya dan mengikutinya.

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Untuk lebih memahaminya, di bawah ini adalah contoh sederhana mengenai teks prosedur kompleks.

Cara Menyalakan Komputer dengan Benar

Di era modern ini, komputer menjadi alat yang begitu penting dalam kehidupan sehari-hari. Komputer biasa digunakan untuk keperluan sekolah, kerja, ataupun sekadar hiburan. Namun, pengoperasian komputer harus dilakukan dengan benar, termasuk ketika menyalakannya. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengetahui tata caranya yang benar.

  1. Pastikan berbagai kabel penting terpasang dengan baik dan benar.
  2. Nyalakan stabilizer voltage jika punya.
  3. Tekan tombol daya pada monitor untuk menghidupkannya.
  4. Tekan pula tombol daya yang terdapat pada CPU.
  5. Tunggu beberapa saat sampai proses booting sistem operasi selesai.
  6. Komputer siap digunakan bila layar desktop telah muncul.

Teks prosedur banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam buku resep, tutorial penggunaan suatu produk, dan lain sebagainya. Meskipun terlihat mudah, teks ini tidak dapat dibuat dengan sembarangan tanpa pengetahuan yang cukup. Sesuai dengan pengertian teks prosedur kompleks, teks ini berisi prosedur lengkap dan bisa dijadikan panduan saat melakukan sesuatu.

Bagaimana? Apa sekarang sudah paham soal Pengertian Teks Prosedur Kompleks, Struktur dan Contohnya? Semoga sudah paham ya dan bermanfaat juga untuk kamu semuanya.

Baca: Kumpulan Kata Gombal Lucu Terbaru