Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup: Dasar dan Macam-macam Klasifikasi

Posted on

Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup itu apa sih? Dalam klasifikasi makhluk hidup, pasti tidak asing dengan istilah tujuan klasifikasi makhluk hidup. Makhluk hidup yang ada di dunia ini memang bermacam-macam dan bervariasi. Sehingga, terdapat ilmu yang digunakan untuk mengklasifikasikan makhluk hidup. Nah, untuk mengetahui ilmu tentang klasifikasi makhluk hidup, tentu kita harus mempelajari dulu dasar klasifikasi makhluk hidup dan macam macam klasifikasi makhluk hidup itu sendiri. Agar kamu bisa lebih mudah memahaminya silahkan simak saja ulasan berikut ini.

Dasar Klasifikasi Makhluk Hidup

Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup - Dasar dan Macam Klasifikasi
Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup – Dasar dan Macam Klasifikasi

Sebelum membahas tujuan klasifikasi makhluk hidup, terlebih dahulu akan dibahas mengenai dasar klasifikasi makhluk hidup. Makhluk hidup diklasifikasikan berdasarkan empat kelas yang dijabarkan di bawah ini.

  • Klasifikasi Berdasarkan Persamaan Morfologi

Dalam persamaan morfologi, makhluk hidup diklasifikasikan berdasarkan ciri morfologi luar, seperti struktur, bentuk, warna, pola, dan ukuran. Contohnya, pada tumbuhan, ciri morfologi yang digunakan adalah tulang daun, bentuk bunga, bentuk buah, dan lain-lain.

  • Klasifikasi Berdasarkan Persamaan Anatomi

Dalam klasifikasi berdasarkan persamaan anatomi, makhluk hidup dikelompokkan menurut persamaan ciri-ciri dalam tubuh makhluk hidup. Contohnya pada hewan, ciri anatomi yang bisa digunakan adalah ada tidaknya organ seperti paru-paru dan insang serta ada tidaknya tulang belakang.

  • Klasifikasi Berdasarkan Persamaan Fisiologi

Berdasarkan persamaan fisiologi, pengelompokan makhluk hidup didasarkan oleh sifat atau fungsi dasar seperti sistem organ dan sel pada makhluk hidup tersebut. Pada tumbuhan, ciri-ciri fisiologi yang digunakan diantaranya adalah proses respirasi, proses transportasi, dan proses pencernaan.

  • Klasifikasi Berdasarkan Persamaan Biokimia

Persamaan biokimia didasarkan atau dikaitkan dengan anatomi fisiologi molekuler dan mikroskopik. Kalau menggunakan persamaan biokimia, maka pengelompokan makhluk hidup didasarkan pada tingkat sel atau molekul. Sebagai contoh, ciri biokimia yang digunakan pada hewan adalah asam nukleat (DNA atau RNA), lapisan mesderm, hormon hewan.

 

Macam-Macam Klasifikasi Makhluk Hidup

Setelah membahas dasar-dasar klasifikasi, selanjutnya akan dibahas mengenai macam-macam klasifikasi makhluk hidup seperti penjelasan di bawah ini.

  • Sistem Klasifikasi Alami

Dalam sistem klasifikasi alami, makhluk hidup dapat diketahui melalui persamaan alami yang ada pada makhluk hidup. Pembagian ini diurutkan berdasarkan dua dunia atau kingdom, yakni hewan dan tumbuhan.

  • Sistem Klasifikasi Buatan

Sedangkan untuk klasifikasi sistem buatan, makhluk hidup dikelompokkan menurut persamaan dan perbedaan struktur dalam tubuh makhluk hidup tersebut. Sistem klasifikasi buatan ini dianggap lebih baik, sempurna, serta mudah dipahami.

  • Sistem Klasifikasi Filogenik

Kalau berdasarkan sistem klasifikasi filogenik, makhluk hidup dikelompokkan berdasarkan jauh dekatnya kekerabatan antar organisme atau kelompok dengan cara melihat hubungan dan keturunan kekerabatan.

 

Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup

Setelah mengetahui dasar serta macam-macam pengelompokkan atau klasifikasi makhluk hidup, kini saatnya mengetahui tujuan klasifikasi makhluk hidup. Tujuan dari pengelompokkan atau klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah membandingkan, mengenali, serta mempelajari makhkuk hidup.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa makhluk hidup memiliki dasar klasifikasi atau pengelompokkan berdasarkan persamaan-persamaannya. Sedangkan, tujuan klasifikasi makhluk hidup ini adalah untuk memudahkan mengenali hingga mempelajari makhluk hidup tersebut.

Jadi sudah tahu kah sekarang Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup itu apa? Tentu kamu akan mengetahuinya jika sudah mempelajari Dasar dan Macam-macam Klasifikasi yang telah ada diatas. Semoga ulasan yang ada diatas tersebut bisa bermanfaat dan berguna untuk anda yang ingin mengetahui dan mempelajari soal klasifikasi dari makhluk hidup itu sendiri.

Baca: 6 Kata Mutiara Kehidupan Bijak Singkat dalam Bahasa Inggris untuk Semangat Hidup