Efek Minum Kiranti Dapat Mencegah Kehamilan, Fakta atau Rumor?

Posted on

Nurulku.com – Efek Minum Kiranti Dapat Mencegah Kehamilan, Fakta / Rumor? Banyak rumor mengatakan bahwa kiranti dapat mencegah kehamilan. Bahkan tak jarang orang mengatakan kalau kiranti termasuk dalam minuman pencegah kehamilan yang sebaiknya tidak di minum oleh ibu hamil, terutama ibu yang sedang hamil muda. Lantas, benarkah efek minum kiranti setelah berhubungan dapat membantu untuk mencegah kehamilan? Berapa dosis kiranti untuk menggugur-kan kandungan yang diperlukan, jika hal itu memang benar? Kalau memang efek samping kiranti tidak menggugurkan kandungan, lantas apa manfaat minum kiranti? Penasaran bukan?  Lihat ulasan lengkapnya dibawah ini.

Kiranti, Minuman Pencegah Kehamilan Fakta/Rumor

Percaya atau tidak, belum ada bukti terpercaya yang membuktikan rumor tersebut (minum kiranti bisa mencegah kehamilan). Memang, konsumsi Kiranti pada saat kehamilan dapat mengganggu kesehatan janin. Akan tetapi tidak ada bukti akurat bahwa minum Kiranti bisa mencegah kehamilan.

Apa itu Kiranti?

Efek Minum Kiranti Dapat Mencegah Kehamilan Fakta atau Rumor
Efek Minum Kiranti Dapat Mencegah Kehamilan Fakta atau Rumor

Kiranti adalah minuman yang biasa digunakan untuk mengatasi masalah haid. Sedangkan desas-desus mengenai Kiranti dapat mencegah kehamilan hanyalah asumsi belaka. Kiranti terbuat dari bahan-bahan yang hanya dapat mengatasi masalah haid pada umumnya, bukannya mencegah kehamilan. Dalam sebotol Kiranti, ada kandungan berikut ini:

  • Kunyit (30 gram)

Kunyit berfungsi mencegah terjadinya penggumpalan darah. Penggumpaan darah ini menyebabkan rasa mulas dan sakit pada haid.

  • Asam Jawa (6 gram)

Asam jawa mengandung vitamin C yang baik untuk menyegarkan tubuh.

  • Kencur (2 gram)

Kencur dapat membuat stamina tubuh meningkat.

  • Gula Jawa (2,5 gram)

Gula jawa dipercaya dapat memperlancar dan menambah darah serta menghilangkan rasa nyeri pada saat haid

  • Jahe (0,8 gram)

Jahe berguna untuk mengilngkan kram perut dan membuat pereedaran darah menjadi lancar.

  • Paulinia (0,23 gram)

Paulinia dari ekstrak ginseng sangat baik untuk suplemen bagi tubuh.

  • Kayu Manis ( 0,1 gram)

Kayu manis berperan untuk menyeimbangkan hormon. Selain itu kandungan ini dapat meredakan rasa nyeri dan meningkatkan produksi hormon progesteron bagi wanita.

  • Air (150 ml)

Baca: Cara Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil

Efek Samping Kiranti bisa mencegah kehamilan

Kiranti memang terkenal sebagai minuman pereda nyeri saat haid, namun perlu diperhatikan jika Kiranti juga mempunyai beberapa efek samping. Tidak dapat dipungkiri bahwa selain terbuat dari bahan-bahan alami, Kiranti juga memiliki komposisi bahan kimia dalam pembuatannya.

  • Terganggunya Hormon dalam Tubuh

Efek samping kiranti yang pertama adalah gangguan pada hormon estrogen. Hal ini terjadi karena kandungan kimia yang terdapat dalam produk. Alhasil, siklus haid akan menjadi tidak lancar.

  • Darah Haid Keluar Tidak Normal

Terkenal untuk memperlancar haid, produk ini dapat membuat darah yang keluar menjadi terlalu sedikit ataupun banyak. Hal ini disebabkan oleh gangguan hormon seperti yang dibahas sebelumnya.

  • Kesehatan Janin Akan Terganggu

Hal ini termasuk  dalam efek minum kiranti saat hamil 1 minggu ataupun hamil muda. Karena ibu seringkali tidak menyadari bahwa ia hamil, meminum produk ini bisa jadi membahayakan janin kalau ternyata ibu sedang dalam kondisi hamil. Biasanya, hal ini ditandai dengan perut terasa sakit dan mengalami kram karena janin menjadi tidak sehat. Segera kosultasikan ke dokter jika mengalami gejala serupa untuk menghindarkan efek yang tidak diinginkan.

Janin dalam kandungan rentan akan pengaruh minuman dan makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Jika ibu belum mengalami haid selama dua minggu atau mengalami perubahan siklus haid, disarankan untuk tidak buru-buru mengonsumsi Kiranti. Pastikan lebih dulu apakah kehamilan terjadi atau tidak sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat pelancar haid. Hal tersebut sangat penting supaya obat tersebut tidak mempengaruhi perkembangan janin di kemudian hari.

  • Reproduksi Sel Telur Terganggu

Kiranti bukanlah minuman pencegah kehamilan, namun konsumsi berlebihan dan dalam jangka panjang akan mempengaruhi produksi dari sel telur. Hal tersebut tentunya akan mempengaruhi kesuburan sebagai seorang wanita.

Jadi, kalau minum Kiranti agar tidak hamil, hasilnya jelas tidak dapat diandalkan karena ini bukan minuman pencegah hamil. Minuman Kiranti dianjurkan untuk melancarkan haid dan mengurangi nyerinya. Tetapi, karena komposisi dan khasiatnya, Kiranti bisa saja membahayakan kesehatan janin terutama pada usia awal kehamilan. Ini berarti rumor bahwa Efek Kiranti dapat mencegah kehamilan tidak bisa dibilang akurat.

Baca: Cara Alami Mengatasi Morning Sick Saat Hamil