Hindari Konsumsi Makanan yang Bikin Kembung Wanita Hamil

Posted on

Perlu Anda ketahui bahwa makanan yang bikin kembung wanita hamil ini ada banyak macamnya. Sehingga Anda dalam memilih makanan untuk wanita hamil harus selektif. Untuk apa? Agar bisa terhindar dari gejala kembung pada ibu hamil. Gejala kembung yang dialami oleh wanita hamil disebabkan karena pengaruh hormon progesteron. Pasalnya pada saat hamil hormon tersebut mengalami peningkatan sehingga berakibat perut kembung.Salah satu langkah mudah dalam mengatasi kembung pada ibu hamil yaitu dengan tidak mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat membuat perut kembung pada ibu hamil.

perut kembung pada ibu hamil
perut kembung pada ibu hamil

Ingat! jauhi makanan yang membuat perut kembung pada ibu hamil. Lalu, kira-kira apa saja makanan yang bisa bikin kembung wanita hamil ini? Simak ulasan berikut ini!

Ini beberapa makanan yang bikin kembung wanita hamil

  • Kentang bisa jadi pembuat kembung pada ibu hamil

Adapun makanan yang bikin kembung wanita hamil salah satunya adalah sayur kentang. sayur kentang bisa menimbulkan gas pada tubuh. Sehingga jika Anda mengkonsumsi sayur kentang pada saat hamil bisa menimbulkan gejala kembung. Nah supaya hal ini tidak terjadi pada Anda saat hamil sebaiknya hindari konsumsi sayur kentang selama masa kehamilan. Karena jika Anda tetap mengkonsumsinya akan mengalami perut kembung. Oleh karena itu sebaiknya jangan dulu mengkonsumsi sayur kentang sampai proses persalinan kehamilan selesai.

  • Perut kembung pada ibu hamil karena Sayur Lobak

Adapun makanan yang bikin kembung wanita hamil yakni sayur lobak. Sayur lobak ini sama dengan kentang yaitu mempunyai kandungan yang bisa menimbulkan gas tubuh. Apabila Anda saat hamil konsumsi sayur lobak maka resiko terserang perut kembung besar sekali. Maka dari itu supaya terhindar dari perut kembung saat sedang hamil jangan konsumsi sayur lobak. Karena bisa mengganggu kesehatan Anda yang dalam masa kehamilan. Alangkah baiknya memilih sayur lainnya yang tidak menimbulkan gas dalam tubuh.

  • Ibu Hamil harus hindari Kubis

Selain kentang dan lobak makanan yang bikin kembung wanita hamil adalah kubis. Sayur ini mempunyai kemampuan menghasilkan gas dalam tubuh, sehingga bisa menimbulkan gejala kembung. Namun, bukan hanya itu saja ternyata wanita hamil yang konsumsi sayur kubis ini bisa mengalami gangguan pencernaan lambat. Oleh karena itu hindari konsumsi sayur kubis agar kondisi tubuh tidak mengalami gangguan kesehatan.

Nah, itulah tadi beberapa makanan yang bikin kembung wanita hamil. Semoga informasi tadi yang kami bagikan mengenai makanan yang dapat membuat perut kembung pada ibu hamil bermanfaat untuk semuanya.

Baca juga : Wajib Diwaspadai 3 Tanda Bahaya Kehamilan yang Paling Sering Muncul