Obat antibiotik Cefadroxil: Kegunaan, Mekanisme kerja, Dosis, Efek samping dan Harga

Posted on

Nurulku.com – Obat antibiotik Cefadroxil adalah salah satu antibiotik yang memiliki banyak fungsi pada berbagai penyakit dan kondisi tubuh. Namun, beberapa dokter menyarankan bahwa penggunaan dari obat ini hanya untuk mengatasi berbagai bakteri hingga penyakit menular maupun tidak.Beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan mekanisme kerja cefadroxil seperti ini biasanya terdiri dari iritasi kulit, sesak napas, radang tenggorokan, infeksi pada saluran kemih dan lainnya. Penggunaan dari obat antibiotik ini memang disarankan bagi penyakit yang disebabkan oleh berbagai bakteri di dalam tubuh. Obat antibiotik ini bisa dikonsumsi bagi orang dewasa dan anak-anak dengan anjuran dosis cefadroxil yang disesuaikan dengan jenis penyakit dan kondisi tubuh.

 Manfaat Obat antibiotik Cefadroxil

Obat antibiotik Cefadroxil: Kegunaan, Mekanisme kerja, Dosis, Efek samping dan Harga
Obat antibiotik Cefadroxil: Kegunaan, Mekanisme kerja, Dosis, Efek samping dan Harga

Manfaat penting dari Obat antibiotik Cefadroxil juga akan dikaitkan pada bagian THT atau Telinga, Hidung dan Tenggorokan. Apalagi pada bagian ini memang sangat rentan untuk mendapatkan serangan dari berbagai virus atau bakteri dalam tubuh. Obat yang berbentuk kapsul ini hanya bisa didapatkan melalui resep dokter.

Hingga saat ini terdapat berbagai pilihan merek yang menawarkan jenis obat antibiotik seperti ini. Masing-masing dari merek ini juga menawarkan dosis hingga cara penggunaan yang baik dan benar. Namun, anda juga harus ingat bahwa masing-masing dari individu memiliki daya tahan dan kondisi tubuh yang berbeda. Sehingga dosis yang dibutuhkan juga akan berbeda dan harus disesuaikan dengan pengamatan langsung dari dokter.

  • Anjuran Pemakaian Obat antibiotik Cefadroxil

Anjuran penggunaan dari obat antibiotik ini biasanya terdiri dari beberapa hal. Biasanya dokter menyarankan bahwa obat ini memang akan mengatasi penyebaran bakteri yang menyebabkan banyak penyakit dalam tubuh anda. Namun, obat ini tidak bisa mengatasi virus mematikan dalam tubuh anda. Selain itu, obat ini juga memiliki efek samping seperti alergi ringan hingga berat. Anjuran lain yang sangat disarankan pada saat mengkonsumsi obat ini adalah jangan pernah memberikan pada ibu hamil. Obat ini akan bereaksi sangat cepat terhadap janin di dalam kandungan. Tentu saja anda akan sangat disarankan untuk melakukan konsultasi kepada dokter untuk mendapatkan dosis yang sesuai.

  • Dosis Cefadroxil Anak dan Dewasa

Perhitungan dosis Obat Infeksi Bakteri ISPA Kulit yang dibutuhkan biasanya akan dipengaruhi terhadap seluruh bagian dari penyakit dan infeksi akibat bakteri yang menyerang seluruh bagian tubuh anda. Pada umumnya, ukuran dosis yang sangat disarankan bagi anda yang telah dewasa adalah 1-2 gram dari obat antibiotik ini.

Hitungan dosis ini hanya boleh dikonsumsi per hari selama 8-10 hari. Konsumsi obat antibiotik ini juga akan disesuaikan dengan reaksi yang diberikan selama 8-10 hari. Dokter juga memberikan saran penting bagi orang tua yang ingin memberikan obat ini kepada anaknya.

Biasanya sebelum memberikan obat antibiotik ini sebaiknya lakukan konsultasi kepada dokter untuk mendapatkan perhitungan dosis yang lebih baik. Sehingga anak-anak terhindar dari overdosis obat antibiotik ini.

  • Efek Samping antibiotik Cefadroxil

Sama seperti obat kimia lainnya, Obat antibiotik Cefadroxil memiliki efek samping yang mungkin bisa anda pertimbangkan. Apalagi obat seperti ini mengandung bahan yang memiliki reaksi cukup cepat bila dikonsumsi dalam waktu tertentu. Efek samping yang ditimbulkan bagi obat ini juga tergantung dari kondisi tubuh hingga waktu penggunaan.

Beberapa efek samping yang mungkin ditimbulkan saat mengkonsumsi obat ini seperti mengalami diare ringan hingga akut. Kondisi seperti ini biasanya terjadi akibat reaksi berlebihan pada sistem pencernaan anda. Selain itu, dokter juga menganggap bahwa dokter ini memiliki efek samping pada lidah yang meradang hingga rasa mual berlebihan.

  • Apakah cefadroxil untuk ibu hamil dan menyusui aman digunakan?

Dari hasil penelusuran kami, banyak dokter yang mengatakan bahwa cefadroxil untuk ibu hamil aman digunakan dan sangat kecil kemungkinan bisa memberikan efek samping kepada bayi yang ada dalam kandungan tersebut. Namun, tentu akan lebih baik lagi jika anda berkonsultasi kepada Dokter mengenai hal ini.

  • Harga cefadroxil di Apotik

Berbicara soal harga, obat antibiotik cefadroxil 500mg ini dijual di Apotik dengan harga ada pada kisaran Rp 8.000 – 11.000 untuk kemasan 10 strip isi 10 tablet. Harga yang tergolong murah dan sangat terjangkau untuk sebuah obat antibiotik, mungkin karena memang antibiotik cefadroxil ini termasuk dalam kategori obat generik.

Nah, itulah informasi mengenai Obat antibiotik Cefadroxil: Kegunaan, Mekanisme kerja, Dosis, Efek samping dan Harga. Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang sedang mencari tahu mengenai antibiotik ini.

Baca juga: Obat Batuk Ambroxol Sirup / Tablet: Dosis, Efek Samping, Kegunaan dan Harga