Cara Membuat Latar Belakang Makalah Karya Tulis Ilmiah, Proposal Penelitian dan Contoh

Posted on

Cara Membuat Latar Belakang Makalah (karya tulis ilmiah dan proposal penelitian) biasanya sudah diketahui oleh yang pernah membuat suatu makalah. jadi tak asing lagi jika Dewasa ini, memahami cara membuat latar belakang makalah menjadi sangat penting mengingat dibutuhkannya makalah  atau karya ilmiah dalam berbagai jenjang pendidikan. Lantas seperti apa contoh latar belakang masalah karya ilmiah ataupun proposal penelitian ini? Untuk lebih jauh mengetahui hal tersebut. langsung saja dilihat ulasannya dibawah ini.

Cara Membuat Latar Belakang Makalah: Proposal Penelitian dan Karya tulis Ilmiah

Contoh Pasar Persaingan Sempurna - Pengertian Kelebihan dan Kekurangan
Contoh Pasar Persaingan Sempurna – Pengertian Kelebihan dan Kekurangan

Karya ilmiah yang baik selalu dimulai dari latar belakang yang runtut dan tanpa celah. Lantas apa rahasianya? Simak lebih jauh dalam artikel ini untuk mencari tahu jawabannya.

  1. Cara Membuat Latar Belakang Karya Tulis Ilmiah

Dalam berbagai cara membuat latar belakang makalah, kita harus terlebih dahulu fokus pada empat hal pokok. Keempat hal tersebut akan membantu kita dalam melihat masalah yang sedang diteliti. Hal pokok pertama ialah tentang gambaran umum mengenai masalah yang sedang dibahas. Yang perlu dilakukan setelah itu ialah mencati tahu sebab-sebab terjadinya masalah.

Jika gambaran umum beserta penyebabnya sudah didapatkan, langkah selanjutnya adalah memikirkan cara menyelesaikan masalah tersebut. Kemudian barulah pikirkan kondisi ideal yang bisa dilakukan dalam menyelesaikannya. Keempat fokus tersebut juga bisa diterapkan pada cara membuat latar belakang karya tulis ilmiah.

2. Contoh Latar Belakang Karya Tulis Ilmiah

Seperti yang sudah disebutkan diatas, kita harus terlebih dulu memahami masalah yang akan kita teliti. Contoh latar belakang karya tulis ilmiah yang baik dan benar adalah latar belakang yang secara runtut membahas permasalahan dari akar yang menyebabkan masalah itu muncul, hingga menemukan penanggulangan masalah dengan metode yang paling tepat. Oleh karenanya, akan lebih membantu jika penulis terjun langsung ke tempat permasalahan yang sedang dibahas. Metode ini akan jauh memudahkan penulis dalam merumuskan akar permasalahan.

Contoh latar belakang masalah karya ilmiah yang paling sederhana ialah ketika penulis ingin meneliti dampak penggunaan smartphone yang berlebihan pada anak usia dini. Dalam meneliti masalah ini, penulis harus benar-benar terjun langsung ke lapangan dan membaur dengan anak-anak usia dini yang sudah mampu mengoperasikan smartphone. Akar dari permasalahan ini bisa jadi adalah orang tua yang sudah mengizinkan smartphone untuk menjadi bagian dalam kehidupan anak sehari-hari.

3. Contoh Latar Belakang Proposal Penelitian

Yang membedakan contoh latar belakang proposal penelitian dengan contoh-contoh sebelumnya ialah objek yang diteliti. Dalam latar belakang kali ini, penulis tak harus meneliti suatu masalah yang sedang muncul di masyarakat atau kehidupan secara umum. Peneliti bebas untuk memilih objek yang hendak diteliti. Mulai dari meneliti perkembangbiakan dan pertumbuhan suatu hewan, hingga meneliti cara kerja suatu komponen tertentu pada mesin. Latar belakang untuk penelitian biasanya tergantung pada bidang yang digeluti penulis.

Membuat latar belakang yang kuat menjadi kunci keberhasilan dalam membuat makalah, karya tulis ilmiah, hingga proposal penelitian. Terjun langsung ke lapangan merupakan cara membuat latar belakang makalah yang paling ampuh dan menjadi hal yang wajib dilakukan guna mendapat hasil maksimal.

Berikut itulah Cara Membuat Latar Belakang Makalah Karya Tulis Ilmiah, Proposal Penelitian dan Contohnya lengkap masing-masing. Meski bukan merupakan contoh secara langsung namun setidaknya sudah dapat memberikan gambarannya. Semoga bermanfaat ya!

Baca: Kata-Kata Inspirasi dalam Bahasa Inggris untuk Semangat Hidup