Obat Ketoprofen: Manfaat, Efek Samping, Dosis, Harga dan Bahayanya

Posted on

Nurulku.com – Ketoprofen obat apa? Saat ini sudah banyak orang menggunakan Obat Ketoprofen untuk sakit gigi selain itu juga berfungsi untuk mengatasi masalah serius pada otot. Selain itu, obat ini juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri dan sakit berlebihan akibat rematik. Tidak hanya itu, obat yang biasa disebut ketros ini juga terbagi menjadi dua dosis yakni Ketoprofen 50 mg dan 100mg. Penasaran info seputar obat ini lebih lanjut mulai dari berapa Dosis yang dianjurkan? Efek samping Ketoprofen, Cara pemakaian hingga harga obat Ketoprofen di apotik? Temukan jawabannya pada ulasan yang ada dibawah ini.

Manfaat Obat ketoprofen

Obat Ketoprofen: Manfaat, Efek Samping, Dosis, Harga dan Bahayanya
Obat Ketoprofen: Manfaat, Efek Samping, Dosis, Harga dan Bahayanya

Obat ketoprofen ini memberikan banyak manfaat selain untuk mengatasi rematik dan nyeri sendi, sakit gigi hingga otot bermasalah. Apalagi beberapa dokter juga menyarankan untuk mengkonsumsi obat ini untuk meredakan sakit yang timbul akibat operasi.

  • Ketoprofen untuk Wanita datang bulan

Anda juga harus tahu bahwa obat ketoprofen suppositoria juga memberikan manfaat yang cukup penting bagi banyak wanita karena bisa meredakan nyeri haid. Tentu saja manfaat penting yang diberikan ketoprofen 50 mg juga harus disesuaikan dengan anjuran dokter.

  • Dosis Obat Ketoprofen

Obat Ketoprofen termasuk dalam golongan obat yang membutuhkan resep khusus dari dokter. Apalagi obat ini juga masuk dalam jenis antiinflamasi non-steroid, sehingga penggunaannya juga harus melalui pertimbangan dokter dengan dosis yang dianjurkan.

Nyeri sendi dan masalah otot yang terjadi bisa diatasi dengan dosis yang tepat pada konsumsi Ketoprofen.

Obat ini memiliki perhitungan dosis yang disesuaikan terhadap kondisi tubuh. Beberapa dokter menyarankan untuk mengkonsumsi obat ini dengan takaran 100-200 mg satu kali setiap hari.

Dosis tersebut merupakan dosis standar yang diterapkan pada masing-masing dari individu. Bila diperlukan, dokter juga akan melakukan perhitungan dengan menambah dosis pada pasien tertentu.

Jenis obat resep seperti ini harus diterapkan dengan sangat baik melalui anjuran yang diberikan. Biasanya anjuran yang diberikan tertera pada bagian terluar kemasan obat.

  • Efek Samping Ketoprofen

Perlu diingat bahwa obat ini ditujukan bagi orang dewasa saja. Hal ini dilakukan untuk mengurangi efek samping yang sangat berlebihan bila dikonsumsi pada anak-anak.

Beberapa efek samping obat profenid ketoprofen yang harus anda ketahui saat mengkonsumsi obat ini adalah gejala sakit perut, muntah darah, nyeri, sesak napas berlebihan, hingga hipertensi.

Bila mengalami gejala efek samping seperti itu, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis secara intensif. Hal ini bertujuan untuk menghindari dampak buruk bagi seluruh kesehatan tubuh anda.

  • Anjuran minum obat Ketoprofen

Selain itu, dokter selalu memberikan saran dan anjuran terhadap perhitungan dosis yang akan diminum pada obat ini. Bentuk obat ini berupa kapsul. Anjuran yang biasanya diberikan dari dokter selalu mengkonsumsi makanan utama terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini. Ini juga dilakukan untuk memaksimalkan kinerja pada obat yang digunakan pada bagian tubuh.

  • Bolehkah Obat Ketoprofen untuk ibu hamil?

Beberapa dokter juga memberikan saran konsumsi yang benar dari Obat Ketoprofen seperti ini. Biasanya obat ini selalu dihindari bagi ibu yang sedang hamil. Namun, bila dibutuhkan obat ini juga bisa diberikan dengan saran dokter dan anjuran dosis yang telah ditentukan.

  • Amankah Ketoprofen untuk ibu menyusui?

Obat ini tidak bisa dikonsumsi bagi ibu yang sedang menyusui. Larangan ini bertujuan agar bayi tidak mendapatkan efek samping yang disalurkan melalui asi.

Peringatan yang perlu diperhatikan

Usia yang dianjurkan untuk konsumsi obat Ketoprofen ini adalah 18 hingga 60 tahun. Jangan pernah memberikan obat ini pada anak-anak atau individu yang memiliki usia kurang dari 18 tahun.

Apalagi dokter selalu melarang memberikan obat ini pada individu yang berusia di atas 60 tahun. Larangan ini bertujuan untuk menghindari efek samping sangat berlebihan.

  • Cara Konsumsi profenid ketoprofen

Untuk Cara mengkonsumsi profenid ketoprofen biasanya ditelan secara utuh tanpa harus membuka bagian bungkus kapsul. Apalagi dokter tidak menyarankan untuk membuka bagian dari kapsul ini.

Obat ini digunakan sebaiknya setelah anda mengkonsumsi makanan utama. Hal ini untuk melindungi lambung, usus dan beberapa bagian organ tubuh terhindar dari efek samping pada obat ini.

  • Harga ketoprofen 50 mg / ketros 100mg

Untuk harga ketoprofen di Apotik ada pada kisaran harga Rp 10.000 untuk ketoprofen 50mg kemasan tablet dengan isi 1 Strip 10 tablet.

Sedangkan untuk ketoprofen 100 mg, dijual dengan harga Rp 14.000 per strip nya.

Berikut itulah artikel kami yang berjudul Obat Ketoprofen: Manfaat, Efek Samping, Dosis, harga dan Bahayanya dan hal-hal lainnya yang tak kalah penting untuk diketahui. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian ya seputar obat-obatan khususnya obat untuk mengobati sakit karena rematik, rasa nyeri hingga untuk sakit gigi.

Baca juga: Ini dia Obat Diabetes Melitus yang tepat