Tingkat Kematangan Steak yang Paling Enak, Cara Mengetahui dan Waktunya

Posted on

Nurulku.com – Tingkat Kematangan Steak apa saja? Buat para penggemar Steak tentu tidak asing lagi jika membicarakan soal tingkat kematangan daging steak yang akan dimakannya. Meski memang, buat orang yang masih awam hal ini tidaklah terlalu penting dan tidak dipedulikan. Pada dasarnya semua orang pasti punya seleranya sendiri dalam memilih steak sedangkan rasa yang kamu dapatkan sangat dipengaruhi oleh tingkat kematangan steak dan daging yang dipilih. Ada banyak pilihan daging steak mulai dari tenderloin, sirloin dan lain-lain. Sedangkan untuk tingkat kematangan steak, ada pilihan mulai dari rare hingga well done. Lalu apa bedanya? Mana tingkat kematangan steak yang paling enak yang sebaiknya kamu pesan? bagaimana cara mengetahui tingkat kematangan steak serta berapa lama waktu tingkat kematangan steak tersebut? Inilah ulasannya:

Tingkat Kematangan daging Steak

Tingkat Kematangan Steak yang Paling Enak, Cara Mengetahui dan Waktunya
Tingkat Kematangan Steak yang Paling Enak, Cara Mengetahui dan Waktunya

Ada lima tingkat kematangan steak yang bisa dijadikan pilihan. Inilah kelima level tersebut dilengkapi pula

waktu tingkat kematangan steak nya

  1. Tingkat Kematangan Rare: sesuai dengan artinya, mentah, steak dengan tingkat kematangan ini hanya matang di luarnya saja sedangkan bagian dalamnya masih mentah. Tingkat kematangan ini mungkin sangat tidak cocok dengan lidah orang Indonesia yang biasanya mengonsumsi makanan matang. Untuk memasak daging pada kematangan ini, suhu memasaknya sekitar 48 – 50°C.
  2. Tingkat Kematangan Medium Rare: hampir sama dengan rare, bagian dalam daging masih cukup mentah. Hanya saja, pada tingkat kematangan ini, daging yang masih mentah lebih sedikit (sekitar 60%). dengan kandungan air yang masih sangat banyak membuat cita rasa steak sangat terasa. Orang Prancis biasa memakannya dengan salad. Daging perlu dimasak pada suhu 55-60°C untuk level kematangan ini.
  3. Tingkat Kematangan Medium: Tingkat kematangan inilah yang dianggap tingkat kematangan steak yang paling enak di hampir seluruh tempat di dunia. Daging steak menjadi lebih berwarna cokelat, lebih berserat dan tinggal sedikit yang berwarna merah muda. Selain itu, tekstur yang seimbang dan rasa manis dari daging sapi membuat pecinta steak sangat menyukai tingkat kematangan ini. Suhu yang diperlukan untuk membuat steak ini adalah 60-65°C.
  4. Tingkat Kematangan Medium Well: Pada tingkat ini, dagingnya sudah hampir matang, tapi masih memiliki sedikit kandungan air (juicy). Suhu tingkat kematangan ini sekitar 65-69°C. Cara mengetahui tingkat kematangan steak pada tingkat ini hanyalah dengan melihat warna daging yang sudah menjadi cukup kecokelatan.
  5. Tingkat Kematangan Well Done: Well done steak artinya daging sudah dimasak secara sempurna. Mungkin, inilah level yang mungkin sebagian besar orang Indonesia sukai. Dengan tingkat kematangan yang sempurna, tekstur daging sudah menjadi cukup keras dan tidak ada cairannya lagi. Hal ini karena lemak sudah termasak sempurna. Warna daging yang cokelat dan sudah agak kering menjadi ciri khas steak pada tingkat kematangan ini. Untuk waktu tingkat kematangan steak pada tingkat ini adalah sekitar 20 sampai 30 menit.
  • Tingkat kematangan steak yang paling enak

Soal tingkat kematangan steak yang paling enak sebenarnya itu bergantung pada seleramu ingin yang seperti apa. Karena apa yang dikatakan orang lain enak tersebut, bukan berarti enak juga kan buatmu?

Selain tingkat kematangan, ada beberapa hal lagi yang harus diperhatikan. Berikut ini beberapa tips dan informasi agar kamu bisa menikmati steak lebih nikmat:

  1. Pilihan potongan daging yang dipilih juga sangat mempengaruhi rasa steak. Ada dua kategori yaitu primary cut dan secondary cut. Sirloin, rib eye dan tenderloin.adalah jenis potongan primary cut. Harganya cukup mahal tapi inilah yang paling terkenal. Sedangkan secondary cut memiliki harga yang cukup murah dan rasanya tidak kalah dari primary cut. Contoh potongan ini adalah bolar blade, round dan rump.
  2. Jika kamu pergi ke restoran Holycow terdekat, cobalah untuk memesan menu medium atau medium well. Cobalah tingkat kematangan steak Holycow yang berbeda agar bisa merasakan sensasi juicy yang lezat.

Itulah tips memilih steak yang sesuai dengan tingkat kematangan steak yang paling enak berdasarkan seleramu. Pilih tingkat kematangan steak yang kamu mau dan kamu suka! Selain itu pelajari juga cara mengetahui tingkat kematangan steak serta waktu tingkat kematangan steak yang dibutuhkan. Agar kamu bisa menikmati daging steak tersebut lebih maksimal!

Baca juga: Domino Pizza Promo: Pilih 1 dari 5 Harga Promo yang Tersedia