10 Obat Pengering Luka di Apotik dan Obat Pengering Luka Alami

Posted on
Obat Pengering Luka
Obat Pengering Luka

Obat pengering luka adalah cara yang digunakan untuk mempercepat kesembuhan sebuah luka dan cara yang dilakukan bisa bervariasi, mulai dari menggunakan bahan alami sampai bahan kimia. Miliki sebuah luka memang sangat tidak menyenangkan dan terkadang bisa membuat seseorang jadi panik. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses pengeringan luka dan salah satu caranya adalah dengan menggunakan obat ataupun dengan bahan alami.

Obat Pengering Luka Alami

Obat pengering luka alami adalah obat yang dihasilkan dari bahan-bahan alami atau tradisional yang banyak ditemukan di lingkungan sekitar. Untuk memperoleh obat luka tradisional tidaklah semahal obat yang harus dibeli di apotek, karena obat luka alami tak memerlukan ramuan khusus untuk mengolahnya dan berikut ini adalah 10 Obat Pengering Luka di Apotik dan Obat Pengering Luka Alami:

1. Rivanol Untuk Luka Jahitan

Rivanol adalah salah satu obat pengering luka yang sangat populer di Indonesia, karena untuk mendapatkan rivanol sangatlah mudah. Rivanol banyak disediakan di berbagai apotik di seluruh Indonesia, bahkan kini di warung-warung juga sudah banyak menyediakan obat penting yang satu ini. Rivanol penting digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi pada luka, sebaiknya sebuah luka sebelum diberikan betadine serta plester dibersihkan terlebih dahulu dan jangan pernah menggunakan cairan alkohol pada sebuah luka, karena hal ini bukan untuk menyembuhkan tapi malah bisa memperparah kondisi luka. Fungsi rivanol untuk luka jahitan melahirkan sangatlah penting, agar proses penyamaran luka menjadi lebih cepat.

2. Amoxilin Untuk Obat Luka

Amoxilin memang sudah banyak tersedia diwarung-warung kecil kecil, karena kini Amoxilin sudah termasuk salah satu obat warung yang sangat penting. Salah satu manfaat obat amoxilin untuk luka yaitu mengeringkan sebuah luka yang terjadi di bagian tubuh agar cepat kering dan harga obat ini sangatlah murah, walaupun disetiap tempat memiliki variasi harga. Sebaiknya gunakanlah Amoxilin sesuai anjuran dan janganlah menggunakan Amoxilin secara berlebihan, karena bisa saja menimbulkan berbagai macam efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

3. Lidah Buaya Untuk Luka

obat pengering luka jahitan
obat pengering luka jahitan

Salah satu tanaman yang memiliki fungsi sebagai pengering luka secara cepat adalah lidah buaya dan berbagai kandungan yang dimiliki lidah buaya berkhasiat untuk mencegah terjadinya infeksi yang dihasilkan dari serangan bakteri. Cara pemakaian lidah buaya untuk mengeringkan luka sangatlah mudah, karena cukup mengoleskan lendir atau gel yang terkandung dalam buah naga ke bagian luka secara merata. Lidah buaya hanya bisa digunakan untuk luka yang sifatnya kecil misalnya lidah buaya untuk luka jatuh tersandung, karena untuk luka berat seperti diabetes hanya bisa diobati dengan obat-obat khusus saja.

4. Gula Pasir Untuk Luka

Gula memang salah satu bahan dapur yang sangat populer digunakan untuk membuat teh manis, campuran kopi dan tambahan bumbu dapur. Namun ada juga fungsi lain yaitu gula pasir penyembuh luka dan cara penggunaannya sangatlah mudah, cukup ditabur disekitar luka saja sampai luka mengering. Gula pasir juga dapat menghentikan pendarahan yang terjadi dan sifat dari gula pasir juga dapat membunuh berbagai bakteri yang menempel pada bagian luka.

5. Madu Untuk Bekas Luka

Madu memang sejak jaman dahulu dipercaya memiliki kandungan yang berfungsi untuk mengobati sebuah luka dan dengan menggunakan madu luka pada bagian tubuh akan semakin cepat mengering serta bakterinya mengelupas. Tak hanya itu madu juga memiliki kandungan antiseptik yang berguna sebagai pencegah terjadinya infeksi dan untuk mengoleskan madu pada luka, sebaiknya bagian luka dibersihkan terlebih dahulu dengan air hangat. Lakukanlah perawatan ini secara rutin 2-3 kali sehari sampai bagian luka mengering serta sembuh. Tak hanya itu madu untuk bekas luka lama sangatlah efektif dan bila digunakan rutin luka akan cepat hilang.

6. Jahe Untuk Menghilangkan Bekas Luka

Jahe yang telah lama digunakan sebagai salah satu bahan dapur ternyata memiliki fungsi untuk mengobati sebuah luka pada bagian kulit dan untuk menggunakannya sangatlah mudah, karena parutan jahe langsung saja ditempelkan pada bagian luka. Namun sebelumnya kondisi luka harus dibersihakan dulu dengan menggunakan air hangat dan janganlah melepaskan parutan yang ditempelkan ke luka sebelum parutan jahenya benar-benar sudah kering. Lakukanlah langkah penyembuhan dengan jahe sebanyak 6 jam sekali sampai luka benar-benar sembuh dan jangan khawatir bila efek yang ditimbulkan jahe adalah hangat. Kini menghilangkan bekas luka dengan jahe sangat banyak digunakan, karena proses implementasinya yang sangat mudah.

7. Bubuk Kopi Untuk Luka Bakar

obat luka jatuh dari motor
obat luka jatuh dari motor

Selain gula pasir, kopi bubuk juga ternyata memiliki fungsi untuk mengeringkan serta menyembuhkan sebuah luka yang terjadi pada kulit. Sebelum menaburkan bubuk kopi ke bagian luka, sebaiknya bersihkan dulu bagian luka dengan menggunakan air hangat dan handuk yang sudah dibasahi. Lakukanlah proses penyembuhan luka dengan bubuk kopi sebanyak 3 kali dalam sehari sampai luka benar-benar sembuh. Salah satu manfaat bubuk kopi untuk luka bakar sangatlah efektif dan sampai saat ini banyak dilakukan.

8. Getah Pohon Pisang Untuk Luka

Getah pisang memang sudah sejak lama dipercaya dapat menyembuhkan luka yang terjadi pada bagian kulit dan getah pisang juga dapat menjadi obat luka jatuh dari motor untuk menghentikan pendarahan. Sebelum menempelkan getah pisang ke bagian luka, sebaiknya bersihkan dulu lukanya dengan menggunakan air hangat agar tak terjadi infeksi. Pengobatan dengan getah pisang bisa dilakukan setiap hari sampai luka benar-benar sembuh serta mengering. Getah pisang terlihat seperti gel yang lengket, tapi bila digunakan untuk menyembuhkan luka sangatlah aman dan tak akan menimbulkan efek samping apapun. Salah satu manfaat getah pohon pisang untuk luka sering dilakukan oleh masyarakat daerah, yang daerahnya masih banyak pohon pisang.

9. Kunyit Keringkan Luka

Kunyit adalah salah satu obat tradisional yang banyak digunakan oleh masyarakat jaman dahulu untuk menyembuhkan sebuah luka dan kunyit juga banyak dibuat sebagai bahan campuran ramuan tradisional. Untuk menggunakan kunyit untuk luka, hanya perlu menaburkan parutan kunyit ke bagian luka dan lakukanlah proses yang sama selama berhari-hari sampai luka benar-benar kering dan sembuh. Kunyit juga akan terasa sangat hangat saat ditempelkan pada bagian luka dan rasa hangatnya akan bertahan selama beberapa menit saja. Salah satu cara keringkan luka dengan kunyit memang sangatlah higienis dan terbilang masih sangat efektif.

10. Bawang Putih Menghilangkan Bekas Luka

Salah satu bahan dapur yang juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan luka adalah bawang putih dan ada beberapa sifat dari bawang putih seperti antiinflamasi, antioksidan serta antibakteri. Cukup parut bawang putih sampai halus, lalu tempelkan pada bagian luka secara merata dan jika sudah mengering bukalah tempelan bawang. Lakukanlah langkah yang sama selama beberapa hari sampai luka benar-benar sembuh secara total dan setiap akan menempelkan irisan bawang bersihkanlah dulu bagian luka dengan menggunakan air hangat. Rempah bawang putih untuk menghilangkan bekas luka masih banyak digunakan di desa-desa, karena cara penyembuhannya gampang.

Demikian ulasan artikel obat pengering luka yang banyak tersedia di apotik.

ARTIKEL TERKAIT