15 Cara Melancarkan Haid pada Wanita yang Harus Dicoba Karena Ampuh

Posted on

Haid atau menstruasi akan dialami setiap wanita yang sudah mengalami masa pubertas atau baligh dan berhenti saat menopause. Masa baligh dan menoupause ini tidak diketahui secara pasti kapan waktu, tergantung kondisi tubuh seseorang. Namun umumnya berkisar antara usia 10 tahun hingga sekitar 55 tahun, bisa lebih atau kurang dari usia tersebut. Umumnya siklus haid antara 28 sampai 35 hari dengan lama berlangsungnya haid sekitar 3 sampai 14 hari paling banyak. Namun, ternyata tidak semua wanita mengalami hal yang sama. Berhentinya haid yang seharusnya menandakan kehamilan atau menopause, dapat terjadi pada saat siklus seharusnya normal. Ada beberapa orang yang mengalami menstruasi dua sampai tiga bulan sekali. Tamu bulanannya tidak datang setiap bulan. Selain haid yang datang tidak setiap bulan, kategori tidak lancar adalah haid datang dengan waktu yang panjang dan sedikit-sedikit.

  • Melancarkan Haid dengan Jus Wortel
    Wortel banyak diakui sebagai salah satu sayuran yang mengandung banyak vitamin C, vitamin A, Kalsium, dan zat besi. Kandungan tersebut dapat menormalkan fungsi hormon. Hal ini akan membantu menormalkan fungsi hormon wanita yang haidnya kurang lancar.
    Untuk mendapatkan khasiat wortel untuk melancarkan haid dengan cepat dapat dimakan secara langsung atau dibuat jus dengan sedikit atau tanpa gula.
  • Daun Pepaya Membantu Melancarkan Haid
    Daun papaya mengandung vitamin dan mineral yang mirip dengan wortel. Oleh karena itu, wanita yang sedang atau baru permulaan haid dapat menggunakan daun papaya untuk menormalkan fungsi hormonnya. Cara menggunakan daun papaya untuk melancarkan haid dengan ampuh, yaitu :

    • Ambillah beberapa helai daun pepaya
    • Masukkan ke dalam panci dan campurkan dengan dua gelas air
    • Campurkan dengan sedikti asam jawa dan garam untuk menambah rasa
    • Rebuslah selama beberapa saat hingga mendidih dan air tinggal setengahnya.
    • Saringlah air dan minumlah sari daun papaya setiap hari dengan teratur selama haid
  • Manfaat Air Putih Untuk Haid
    Banyak minum air putih sangat baik bagi tubuh. Air putih memperlancar peredaran darah dan meningkatkan metabolisme tubuh. Oleh karena itu, minum air putih secara cukup setiap hari dapat memperlancar haid yang tidak teratur atau haid yang kelua sedikit-sedikit.
  • Melancarkan Haid dengan Kacang-Kacangan
    kedelai
    Kacang-kacangan ; Kedelai

    Kacang-kacangan mengandung banyak zat besi dan protein. Bahkan dalam ilmu gizi dikatakan memakan dua kali berat kacang dsbanding dengan daging merah mengandung nutrisi yang sama. Zat besi yang dikandung kacang dapat memperlancar siklus menstruasi dan mengurangi gejala anemia yang umum diderita wanita sedang haid.

  • Gaya Hidup Sehat Dapat Melancarkan Haid
    Memperlancar Haid
    Gaya Hidup Sehat Memperlancar Haid

    Gaya hidup sehat seharusnya diterapkan, jika wanita menginginkan dirinya sehat termasuk haid lancar. Dengan gaya hidup sehat ,maka semua nutrisi tubuh dapat terpenuhi, metabolisme dan peredaran darah juga lancar. Termasuk gaya hidup sehat, yaitu :

    • Berolahraga dengan teratur
    • Menghindari kopi karena kandungan kafein di dalamnya menghambat peredaran darah
    • Menghindari alkohol
    • Tidak merokok karena rokok dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, khususnya reproduksi wanita
    • Makan sehat dan tidak berlebihan, sehingga gizi cukup dan tidak menimbulkan masalah eksehatan. Zat gizi yang cukup membuat wanita lebih sehat dan metabolisme lancar. Menstruasi juga jadi lebih lancar.
    • Tidak stress yang menyebabkan terganggunya keseimbanga hormon dalam tubuh
    • Cukup istirahat yang memeprlancar peradran darah dan metabolisme
  • Melancarkan Haid Dengan Jamu Kunyit
    Kunyit sejak dahulu diyakini dapat mengaatsi masalah reproduksi wanita. Kandungannya dapat memperlancar siklus tamu bulanan selama diyakini tidak lancarnya haid bukan karena kehamilan. Cara membuat jamu kunyit, antara lain:

    • Menghaluskan dan memarut kunyit kemudian merebusnya. Setelah mendidi beberapa lama, dinginkan dan saringlah. Air sari kunyit dapat diminum dengan teratur selama haid
    • Dapat juga meminum sari kunyit yang didapat dengan merebus rimpang kunyit yang sudah dikupas dan dicuci sampai airnya tinggal setengah bagian.
    • Sekarang ini banyak dijual bubuk kunyit yang tinggal diseduh dengan air hangat dan diminum
  • Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Haid
    Air kelapa mengandung senyawa laurant yang menjadikannya anti inflamasi. Minum air kepala muda diyakini akan mengeluarkan berbagai racun tubuh. Zat gizi yang dimiliki air kelapa hijau ini juga tergolong lengkap. Akibatnya, minum air kelapa hijau sangat baik untuk cara memperlancar haid.
  • Jahe Dapat Melancarkan Haid
    Rimpang Jahe
    Jahe

    Jahe merupakan rimpang khas Indonesia yang berkhasiat bagi kesehatan dengan kandungan yang mirip. Kandungannya, yaitu karbohidrat, serat makanan, minyak atsiri, vitamin A, B2, dan vitamin C. Cara membuat minuman jahe juga sama dengan kunyit.

  • Manfaat Asam Jawa Untuk Melancarkan Haid
    Asam jawa sebenarnya adalah bagian dari buah pohon asam. Asam jawa ini dapat mengencerkan darah yang menggumpal, mengurangi nyeri haid, dan memperlancar haid. Umumnya digunakan bersamaan dengan kunyit atau jahe agar hasilnya lebih optimal.
  • Haid Lancar Dengan Cuka Apel
    Cuka apel adalah hasil produksi atau hasil fermentasi dari buah apel. Khasiatnya bagi kesehatan sangat banyak. Khususnya untuk memperlancar haid yang tidak datang setiap bulan. Cara mendapatkan khasiat cuka apel mudah, hanya tinggal mencampurkan 2 sendok teh cuka apel ke dalam teh atau air putih. Minumlah campuran tersebut dua kali sehari dengan teratur.
  • Mandi Air Hangat Dapat Melancarkan Haid
    Mandi air hangat dapat memperlancar peredaran darah. Ini baik dilakukan saat pertanda haid sudah dirasakan atau saat mulai haid. Mandi air hangat juga membuat tubuh merasa lebih nyaman, Nyeri hadi juga akan terasa berkurang.
  • Vitamin C dan Haid Yang Lancar
    makanan bergizi
    Konsumsi Makanan Bergizi Untuk Haid Lebih Lancar

    Vitamin C dapat diambil dari berbagai makanan bergizi khususnya buah-buahan. Dapat juga mengkonsumsi vitamin C tablet untuk keperaktisan. Namun, yang alami akan lebih baik. Viytmin C membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan memperlancar peredaran darah, termasuk darah haid.

  • Menurunkan Berat Badan Dapat Membuat Haid Menjadi Lancar
    Beberapa orang yang kelebihan berat badan menjadi penyebab haid tidak lancar. Ini dapat terjadi karena lemak menutupi beberapa bagian rahim atau mengganggu metabolisme tubuh. Jika Anda termasuk orang yang mempunyai berat badan berlebih mulailah bergaya hidu lebih sehat agar reproduksi juga terjaga.
  • Minum Jus Jeruk Dapat Melancarkan Haid
    Jeruk
    Jeruk

    Jeruk mengandung banyak vitamin C dan kandungan alkali. Seperti telah dikatakan sebelumnya, vitamin C akan membantu memperlancar metabolisme tubuh dan penyerapan zat gizi lain. Selain itu, jeruk juga menyeimbangkan alkali dalam tubuh sehingga kesehatan lebih terjaga dan peredaran darah lancar.

  • Mengunjungi Dokter Untuk Haid Yang Tak Kunjung Lancar
    Langkah terakhir yang bsia dilakukan jika haid tidak lancar adalah mengunjungi dokter spesialis kandungan. Ini dilakukan jika mengalami nyeri haid yang mengganggu aktivitas dan sudah melakukan cara alami memperlancar haid dan haid tidak kunjung datang.

Demikian cara melancarkan haid. Sebaiknya setiap wanita dapat memahami siklus haidnya masing-masing sehingga dapat mengenali kapan atau saat di mana haidnya dikategorikan tidak lancar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.