8 Obat Pencegah Kehamilan: Pil Kb, Nama Obat di Apotik dan Harga

Posted on

Nurulku.com – Obat pencegah kehamilan yang mujarab? Tahukah anda bahwa kehamilan bisa dicegah dengan cara yang tepat. Kita ketahui ada beberapa pasangan yang belum ingin memiliki keturunan karena beberapa faktor pribadi. Nah untuk itu anda bisa mencegah kehamilan dengan nama obat anti hamil di apotik yang tepat agar tidak mengganggu kesehatan. Bagi anda yang belum mengetahui apa saja nama obat supaya tidak hamil yang bisa mencegah kehamilan, anda bisa menyimak beberapa informasi yang akan kami berikan.

Anda bisa mendapatkan obat ini di beberapa apotik atau dari dokter maupun bidan terdekat. sebenarnya untuk mencegah kehamilan ada obat lain yang bisa digunakan selain pil kb. Atau sebenarnya ada berbagai jenis pil kb yang beredar dipasaran dan sudah memiliki ijin resmi dari pihak yang berwenang. Banyak obat pencegah kehamilan yang menggunakan hormon progestron dan juga dipadukan dengan hormon esterogen. Kedua pil kb ini digunakan untuk kepentingan dan kondisi yang berbeda.

Jenis Obat Pencegah Kehamilan yang Beredar Dipasaran

8 Obat Pencegah Kehamilan - Pil Kb dan Nama Obat Mencegah Kehamilan di Apotik
8 Obat Pencegah Kehamilan – Pil Kb dan Nama Obat Mencegah Kehamilan di Apotik

Berikut ini adalah pilihan obat pencegah obat kehamilan yang dapat anda coba gunakan:

  • Pil KB untuk mencegah hamil

Salah satu obat yang digunakan untuk mencegah kehamilan adalah pil KB. Pil ini memiliki dua jenis yang beredar dan biasa digunakan oleh masyarakat. Yang pertama adalah pil kb progesteron. Biasanya obat ini digunakan setelah ibu selesai bersalin atau masih dalam masa menyusui. Hal itu dikarenakan kandungan progesteron yang terdapat didalamnya mampu memberikna produksi ASI yang cukup bagi bayi. Apalagi pil ini hanya dihargai Rp 5.000 saja sehingga sangat terjangkau untuk mencegah kehamilan anda.

  • Pil Kombinasi pencegah kehamilan

Pil ini berisi kombinasi antara esterogen dan juga progesteron. Dengan harga 15.000 ribu untuk jangka pemakaian selama 28 hari, Ia sangat ampu untuk mencegah kehamilan.

  • Pil Progestrin untuk mencegah hamil 

Dioasaran, biasanya pil ini disebut sebagai pil mini dan biasa digunakan untuk ibu yang sedang menyusui. Pil ini mengandung 0,75 levenolgestrel dan bisa dipakai untuk dua tahap dengan hara Rp 11.000.

  • Mencegah Kehamilan dengan Pil Esterogen

Jika anda ingin menggunakanya untuk mencegah kehamilan, maka minumlah 2 pil ini secara terus menerus dalam waktu lima hari. Sedangkan paling telat adalah 3 hari setelah melakukan hubungan. Untuk harganya juga hanya Rp 11.000 saja.

  • Mencegah Hamil dengan Pil Postinor

Pil postinor ini merupakan kontrasepsi yang dapat diminum setelah berhubungan tanpa menggunakan pengamanan. Untuk masalah dosisnya, pil ini bisa diminum secepatnya tetapi tidak boleh lebih dari 72 jam setelah berhubungan. Dengan harga Rp 25.000 saja, pil ini mampu mencegah kehamilan anda.

  • Levongestrel (nama obat anti hamil di apotik)

Obat ini merupakan pencegah hamil khusus untuk wanita yang dijual dengan harga Rp 35.000 saja. Dengan menngkonsumsi obat ini, maka ia akna menagkal pembuahan sel telur dari sperma setelah berhubungan. Apabila telur telah terlanjur dibuahi, maka obat ini mampu mencegah menempelnya sel telur pada rahim dengan mengubah lapisan organya. Meskipun obat ini dapat mencegah pelepasan telur ketika menstruasi, tetapi tidak boleh digunakan sebagai obat kontrasepsi yang rutin digunakan.

  • Ulipristal Asetat (nama obat supaya tidak hamil)

Obat ini juga bisa anda gunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan setelah berhubungan tanpa menggunakan kondom. Tetapi kemanjuran obat ini tergantung dengan siklus menstruasi pada masing-masing pengguna. Jika pengguna mengalami telat menstruasi ataupun gajala kehamilan, harus segera dikeluarkan sebelum meresepkan ulipristal. Dengan begiti, wanita dianjurkan untuk menggunakan penghalang kontrasepsi pada periode berikutnya. Anda bisa mendapatkan obat ini dengan harga Rp 280.000 untuk beberapa kali pemakaian.

Pil pencegah kehamilan selanjutnya adalah pil KB progesteron dan eksterogen. Pil KB ini lebih efektif untuk digunakan sebagai obat penceah kehamilan, apalagi jika dibandingkan dengan jenis yang lainya. Tetapi kebalikan dari pil kb progesteron, obat ini justru dapat mengurangi produktivitas ASI bagi ibu menyusui.

Harga obat pencegah kehamilan ini juga sangat terjangkau dan ampuh digunakan untuk mencegah kehamilan dengan dua cara. Adapun cara yang pertama, ia akan mencegah ovarium dalam proses pelepasan sel telur. Kemudian cara yang kedua yaitu dengan mempertebal bagian leher rahim sehingga sperma akan kesulitan untuk mencapai rahim. Dengan begitu sel telur dan sperma akan sulit untuk bertemu sehingga usaha anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca:  5 Harga Test Pack di Pasaran, Cara Pemakaian untuk Cek Hamil

Obat Anti Hamil Selian Pil KB

  • Intra Uterine Device (IUD)

Nah jika anda ingin menggunakan obat anti hamil selain pil kb anda bisa menggunakan kontrasepsi darurat. Nama lain dari pil ini adalah Intra Uterine Device (IUD). Pastinya obat ini akan membantu anda mencegah kehamilan dan bisa menjadi pilihan praktis anda. obat ini sngat kami rekomendasikan karena tingkat keberhasilanya juga tinggi yaitu mencapai 98%. Untuk mendapatkanya anda bisa mengikuti pemasangan masal secara gratis yang diadakan oleh bidan-bidan terdekat. selain itu jika anda tidak menggunakan jasa masal, harga yamg dikeluarkan adalah sekitar Rp 150.000 saja.

Biasanya pil ini digunakan untuk obat pencegah kehamilan pasca berhubungan. Anda bisa mengkomsumsi obat ini maksimal 72 jam pertama setelah berhubungan. Tetapi obat ini tidak boleh digunakan secara sembaragan dan boleh digunakan ketika tidak mengkonsumsi pil KB sebelumnya.

Nah beberapa informasi tadi adalah uraian tentang obat pencegah kehamilan yang bisa anda gunakan. Semoga informasi tersebut bisa membantu anda dalam menentukan obat yang sesuai bagi anda.

Baca: 5 Harga Test Pack di Pasaran, Cara Pemakaian untuk Cek Hamil