Karakteristik Benua di Dunia: Amerika, Eropa, Asia dan Afrika

Posted on

Karakteristik Benua di Dunia pasti sering kali ditanyakan oleh gurumu disekolah. Dalam ilmu Geografi, pasti Anda sudah pernah diberikan pelajaran tentang karakteristik benua yang ada di dunia. Diketahui terdapat empat benua besar di dunia, akan tetapi sudahkah kamu tahu bagaimana karakteristik fisik benua asia atau karakteristik benua amerika, eropa dan afrika? Jika kamu belum tahu dan ingin mempelajarinya lebih jauh lagi. Langsung saja yuk dilihat ulasan penjelasan yang ada dibawah ini.

Karakteristik Fisik Benua: Asia, Afrika, Eropa dan Amerika

Karakteristik Benua di Dunia - Amerika Eropa Asia dan Afrika
Karakteristik Benua di Dunia – Amerika Eropa Asia dan Afrika

Mungkin sudah banyak yang tahu kalau hanya ada 4 benua didunia yakni benua Asia, benua Amerika, benua Eropa, dan benua Afrika. Benua-benua ini tentu saja memiliki karakteristik fisik yang berbeda. Nah, dibawah ini akan dijelaskan beberapa karakteristik fisik benua-benua tersebut.

 

  1. Karakteristik Benua Asia

Penjelasan karakteristik benua yang pertama adalah benua Asia. Benua Asia merupakan benua terluas kalau dbandingkan dengan benua-benua lainnya. Karakteristik fisik benua Asia dapat dilihat dari batas-batas kewilayahannya, yakni sebagai berikut. Di sebelah utara berbatasan dengan Samudera Arktik; di sebelah timur berbatasan dengan Samudera Pasifik; di sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia; dan di sebelah barat berbatasan dengan Laut Tengah, Laut Merah, dan Laut Hitam.

Selain itu, terdapat karakteristik lain dari benua Asia yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Benua Asia memiliki negara RRC (Republik Rakyat Cina) dan Indonesia yang merupakan negara-negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia.
  • Benua Asia memiliki negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia yakni di kawasan Jazirah Arab.
  • Diketahui bahwa di Benua Asia merupakan tempat muncul dan berkembangnya agama-agama besar di dunia.

2. Karakteristik Benua Amerika

Karakteristik benua di dunia yang kedua adalah benua Amerika. Benua Amerika ini merupakan benua terbesar kedua setelah benua Asia. Dapat diketahui luas wilayah daratannya mencapai 41.825.581 km2. Terdapat juga beberapa karakteristik benua Amerika yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Benua Amerika berbentuk meridian atau memanjang dari Utara ke Selatan
  • Benua Amerika memiliki air terjun paling tinggi, yakni Air Terjun Angel dengan tinggi 1.000 meter yang terletak di Venezuela.
  • Benua Amerika memiliki peninggalan bersejarah berupa Piramida bangsa Inca.
  • Benua Amerika mempunyai ngarai terbesar di dunia, yakni Grand Canyon di Colorado, Arizona.

3. Karakteristik Benua Eropa

Dari segi geografis, sebenarnya Eropa bukanlah merupakan satu benua, namun dilihat dari kemajuan budaya serta peranannya yang penting di negara-negara lain, maka Eropa mampu berdiri sendiri dan dijuluki sebagai sebuah kawasan benua. Benua Eropa memiliki luas mencapai 10.355.000 km. Benua Eropa juga merupakan satu-satunya benua yang tidak memiliki gurun. Disamping itu, terdapat pula beberapa karakteristik benua Eropa sebagai berikut:

  • Benua Eropa memiliki mayoritas penduduk yang tinggal di daerah perkotaan.
  • Benua Eropa dilalui oleh garis bujur 0 yang juga disebut sebagai awal penentuan waktu di dunia.
  • Benua Eropa menjadi pusat dari bahasa internasional, Bahasa Inggris.
  • Benua Eropa memiliki beberapa bangunan-bangunan keajaiban dunia, seperti menara Pisa, menara Eiffel, dan Colosseum.

4. Karakteristik Benua Afrika

Benua Afrika memiliki julukan sebagai Benua Hitam. Julukan ini didapat dari mayoritas masyarakat di wilayah benua ini merupakan orang kulit hitam atau negro. Benua Afrika memiliki luas sekitar 29.800.540 km. Sedangkan, karakteristik benua Afrika diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Benua Afrika mempunyai wilayah daratan benua lain, yakni Semenanjung Sinai di Benua Asia
  • Mayoritas wilayah benua Afrika merupakan gurun, sehingga di benua ini terdapat gurun terluas di dunia, yakni Gurun Sahara.
  • Benua Afrika memiliki sungai terpanjang di dunia, yaitu Sungai Nil.
  • Benua Afrika memiliki penampakan alam berupa The Great Riftvalley yang memiliki panjang 6.400 km.

Dapat disimpulkan bahwa benua-benua di dunia ini memang memiliki karakteristik-karakteristik yang berbeda. Selain itu, karakteristik benua yang ada di dunia ini juga menjadi ciri khas dari benua-benua tersebut.

Dan sekarang anda sudah tahu 4 Karakteristik Benua di Dunia yang ada mulai dari Benua Amerika, Eropa, Asia hingga benua Afrika. Semoga materi pembahasan diatas, meski singkat mampu dan dapat memberikan gambaran pada anda semua mengenai karakteristik-karakteristik dari benua tersebut masing-masing.

Baca: Karakteristik Masyarakat Multikultural (Majemuk): Pengertian dan Ciri-ciri