Ketua Kongres Pemuda 2: Hasil, Tujuan dan Tempat Penyelenggaraan

Posted on

Ketua Kongres Pemuda 2 dan Penyelenggaraannya pasti sering ditanyakan atau dijadikan soal ujian disekolahmu bukan? Lantas siapakah nama ketua kongres pemuda 2 itu? Jika ya, penting juga pastinya kamu untuk mengetahui hasil kongres pemuda 2. Biasanya bentuk pertanyaannya adalah kongres pemuda 2 menghasilkan apa? Yang tak kalah penting juga untuk diketahui adalah kongres pemuda 2 berlangsung atau diselenggarakan di kota apa? Dan apa juga tujuan kongres pemuda 2 ini. Jika kamu sedang mencari tahu hal tersebut, kamu datang di tempat yang benar. Langsung saja yuk dilihat jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang ada sebelumnya dibawah ini.

Ketua Kongres Pemuda 2: Tujuan dan Hasilnya

Ketua Kongres Pemuda 2 Hasil Tujuan dan Tempat Penyelenggaraan
Ketua Kongres Pemuda 2 Hasil Tujuan dan Tempat Penyelenggaraan

Ketua kongres pemuda 2 adalah Sugondo Djojopuspito selaku ketua PPPI pula. Kongres Pemuda 2 merupakan kongres pergerakan pemuda Indonesia yang mendasari lahirnya Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda memuat ikrar pemuda untuk mewujudkan cita-cita pemuda terhadap negara Indonesia. Ada beberapa wakil organisasi pemuda yang juga mengikuti kongres pemuda 2 ini, antara lain Jong Ambon, Jong Java, Jong Batak, dan lain-lain.

  1. Hasil Kongres Pemuda 2

Ketua kongres pemuda 2 dan anggota panitia lainnya menyelenggarakan Kongres Pemuda 2 pada tanggal 27-28 Oktober 1928. Setelah melaksanakan sidang tiga kali yang membahas kebangsaan dan persatuan Indonesia, kepanduan, dan pendidikan, akhirnya Kongres Pemuda 2 menghasilkan apa yang kita kenal sebagai ikrar Sumpah Pemuda, yaitu:

Pertama: Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia

Kedua: Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia

Ketiga: Kami Putra dan Putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Hasil kongres pemuda 2 tersebut dibuat oleh Moh. Yamin selaku sekretaris panitia. Hingga akhirnya para organisasi kepemudaan dari setiap daerah rela melepaskan kedaerahannya dan melebur menjadi satu menjadi Indonesia Muda.

  1. Tujuan Kongres Pemuda 2

Tujuan Kongres Pemuda 2 adalah untuk menumbuhkan semangat kerja sama di antara seluruh perkumpulan pemuda sebagai dasar terwujudnya persatuan negara Indonesia. Sebelumnya sudah diadakan Kongres Pemuda I, namun kesatuan pemuda Indonesia belum sepenuhnya terwujud karena sifat kedaerahannya yang masih kental. Selain itu, pelajar di kota Bandung dan Jakarta masih melihat ada dua kepentingan yang saling bertentangan dalam masa penjajahan yang akan merugikan Indonesia.

  1. Kongres Pemuda 2 Diselenggarakan di Kota Jakarta

Kongres pemuda 2 berlangsung di kota Jakarta pada tanggal 27-28 Oktober 1928 atas inisiatif PPPI. Kongres pemuda 2 dilaksanakan dengan susunan sebagai berikut:

Ketua: Sugondo Djoyopuspito (PPPI)

Wakil ketua: Joko Mursid (Jong Java)

Sekretaris: Moh. Yamin (Jong Sumatranen Bond)

Bendahara: Amir Syarifuddin (Jong Batak Bond)

Anggota: Johan Mohammad (Jong Islamieten Bond), Senduk (Jong Selebes), J. Leimena (Jong Ambon), Rohyani (Pemuda Kaum Betawi). Kongres pemuda 2 diselenggarakan di kota Jakarta di gedung berbeda dan terbagi menjadi tiga rapat. Rapat pertama yaitu pada tanggal 27 Oktober 1928 dilaksanakan di gedung Katholieke Jongelingen Bond (KJB), Waterlooplein.

Rapat kedua diselenggarakan tanggal 28 Oktober 1928 di gedung Oost-Java Bioscoop dan rapat penutupan diselenggarakan di gedung Indonesische Clubgebouw. Kongres ditutup dengan mengumumkan hasil rumusan kongres yaitu Sumpah Pemuda dan diucapkan oleh para peserta sebagai Sumpah Setia.

Kongres Pemuda 2 berlangsung di kota Jakarta dan menjadi salah satu sejarah yang penting untuk pemuda Indonesia karena menjadi cikal bakal lahirnya rumusan Sumpah Pemuda. Ketua kongres pemuda 2, Sugondo Djojopuspito dan anggota panitia lainnya berhasil membuat para pemuda Indonesia bersatu melawan penjajahan.

Setelah membaca artikel ini, pasti sudah tahu kan siapa Ketua Kongres Pemuda 2 itu. Selain itu juga kamu akan tahu Hasil dari kongres pemuda 2 ini dan Tujuannya serta Tempat Penyelenggaraan/tempat berlangsungnya. Semoga bisa menambah wawasanmu soal sejarah yang ada di Indonesia ini.

Baca: Perbedaan Kolonialisme dan Imperialisme dilengkapi Pengertian Keduanya