Microlax dan Dulcolax: Perbandingan Fungsi , Cara Kerja, Harga di Apotik

Posted on

Nurulku.com – Microlax dan Dulcolax merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi masalah susah buang air besar atau sembelit yang disebabkan oleh kotoran yang mengeras ataupun menumpuk didaerah rektum. Biasanya masalah tersebut akan sangat mengganggu proses buang air besar karena dengan adanya kotoran yang mengeras dan berukuran besar akan terasa sakit jika dikeluarkan. Nah agar penggunaan obat ini lebih aman, anda baiknya anda mengenal terlebih dahulu tentang kedua produk ini agar penggunaanya bisa sesuai dengan kebutuhan anda. Tak hanya itu saja, buat anda yang penasaran bagaimana cara kerja microlax dan dulcolax serta harga obat dulcolax dan microlax di Apotik. Langsung saja simak ulasannya dibawah ini

Kedua Produk ini, yakni obat Dulcolak serta Microlax tersedia di berbagai apotek seluruh indonesia, bahkan dibeberapa toko atau supermarket. Obat microlax ini merupakan zat yang mampu menstimulasi gerakan peristaltik usus sebagai bentuk respon langsung terhadap dinding usus. Selain untuk membantu proses buang air besar, produk ini juga bisa digunakan sebelum pemeriksaan usus besar. Lantas Bagaimana dengan obat Dulcolax? Untuk lebih jelasnya mari kita pelajari microlax dan Dulcolax  dengan lebih seksama.

Perbandingan microlax dan dulcolax

Microlax dan Dulcolax - Perbandingan Fungsi Cara Kerja Harga di Apotik
Microlax dan Dulcolax – Perbandingan Fungsi Cara Kerja Harga di Apotik

Microlax ini didesain dengan bentuk tube sehingga sangat mudah untuk digunakan, apalagi bagi anak-anak dan ibu hamil yang menghindari obat-obatan. Dengan cara kerja yang hanya butuh dimasukkan ke lubang tempat kotoran seharusnya keluar saja. Bagi ibu hamil yang harus menghindari obat-obatan untuk menajaga kesehatan janin, microlax ini tentu sangat sesuai untuk digunakan.

Berbeda dengen obat dulcolax yang berbentuk tablet, obat ini akan susah dikonsumsi oleh anak-anak karena rasanya yang pahit dan anak-anak cenderung tidak menyukai obat ini. Selain itu dosis yang dimiliki obat ini juga terhitung tinggi. Berbeda dengan obat microlax, produk ini tidak boleh dikonsumsi oleh anak usia dibawah 5 tahun.

Perbedaan cara kerja microlax dan dulcolax

  • Cara kerja microlax

Untuk cara kerja microlax ini, ia akan menurunkan tegangan permukaan pada kotoran secara bersamaan dengan menyerap air kedalam usus besar sehingga kotoran tersebut bisa menjadi lebih lembek. Microlax ini juga akan melumasi pada bagian bawah rektum sehingga kotoran akan lebih mudah untk dikeluarkan. Produk ini mampu bekerja dalam waktu 5 hingga 15 menit setelah pemakaian.

  • Cara kerja dulcolax

Sedangakan paca cara kerja dulcolax, Obat ini berguna untuk mengatasi konstipasi atau sembelit. Obat ini akan merangasng pergerakan dalam usus besar. Jika microlax mengolah fases agar lebi lembek, maka dulcoax ini merangasang sistem di usus besar agar mampu mengeluarkan fases. Ia kana merangsang saraf enterik sehingga akan terjadi kontrasi kolon atau usus besar. Obat ini juga berfungsi untuk mengosongkan usus besar sehing dengan mudah mengatasi beberapa masalah pencernaan.

Perbandingan harga microlax dan dulcolax

  • Harga Microlax di Apotik

Untuk harga microlax ini memerapa beberapa versi, untuk microlax gel isi 3 tube, dipatok dengan harga Rp 62.500 ribu rupiah. Tetapi jika anda membeli pada masa promo, bisa dengan harga Rp 62.500 saja.  Sedangkan untuk microlax gel 1 tube anda medapatkanya dengan Rp.22.500 saja. Dengan berbagai kemudahan yang diberikkan, obat ini tentu sangat murah untuk dikonsumsi.

  • Harga Dulcolax di Apotik

Sedangkan untuk satu kaplet dulcolax tablet 5 mg x 20 dengan isi 4 biji, dipatok dengan harga Rp 87.185 saja. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing sehinga anda bisa menggunakan sesuai dengan kebutuhan anda. jika anda ingin menggunakan produk gel dan hanya cukup memasukkan tube pada anus, maka jatuhkan pilhan anda pada produk microlax. Tetapi jika anda lebih menyukai produk tablet, maka gunakanlah dulcolax untuk mengatasi masalah sembelit anda.

Kesimpulan: 

Tetapi kedua produk tersebut haya boleh digunakan ketika terjadi masalah sembelit saja, dan tidak boleh digunakan dalam jangka panjang karena hal tersebut bisa berakibat pada kekurangan cairan tubuh. Selain itu keduanya juga tidak disarankan bagi penderita wasir, usus besar karena dikhawatirkan terjadi alergi oleh salah satu bahan komposisinya.

Dengan berbagai produk tersebut, masalah sembelit ataupun masalah pencernaan dapat diatasi dengan mudah. Yang pasti segera hubungi dokter dan perikskan diri anda jika masalah pencernaananda tidak kunjung sembuh. Yang pasti hindari pemakaian secara rutin dan banyaklah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat agar proses pencernaan dapat berjalan dengan lancar.

Demikin informasi tentang microlax dan Dulcolax untuk membantu mengatasi masalah sembelit  anda. semoga dengan penuturan informasi tentang alat ini, bisa memberikan informasi tambahan bagi anda.

Baca: Obat Azithromycin (Obat Infeksi Bakteri Ampuh): Fungsi, Dosis dan Efek Samping