Pengertian Aqidah: Fungsi, Ruang Lingkup dan Contoh

Posted on

Pengertian Akidah Islam dan Ruang Lingkup serta Fungsinya tentu penting untuk kamu ketahui terutama jika kamu adalah orang yang beragama Islam. Sebenarnya apa sih pengertian akidah islam, akhlak juga menurut bahasa dan istilah ini? Akidah banyak diartikan sebagai sebuah kepercayaan, iman, dan lain sebagainya. Di dalam akidah sendiri terdapat fungsi aqidah serta ruang lingkupnya. Nah, bagi yang ingin mengetahui apa itu aqidah, berikut akan dijabarkan secara lengkap penjelasannya.

Pengertian Aqidah menurut Islam, Bahasa, Istilah dan Para Ahli

Pengertian Aqidah - Fungsi Ruang Lingkup dan Contoh
Pengertian Aqidah – Fungsi Ruang Lingkup dan Contoh

Agar lebih dapat memahami soal yang namanya Aqidah, maka coba baca secara lengkap ulasannya yang ada dibawah ini.

  • Pengertian Aqidah Akhlak

Dalam definisi atau pengertian akidah, terdapat isitilah aqidah akhlak. Lalu, apa itu yang dengan aqidah akhlak? Sebenarnya, pengertian aqidah akhlak itu sangat luas. Namun, dapat disimpulkan bahwa aqidah aklhak merupakan suatau kepercayaan yang diyakini kebenarannya dari dalam hati, yang diamalkan dengan perbuatan-perbuatan terpuji serta diikrarkan secara lisan sesuai dengan ajaran Al Qur’an dan Hadits.

Oleh karena itu, aqidah dan akhlak merupakan hal yang memang tidak dapat dipisahkan. Selain pengertian aqidah di atas, terdapat pula beberapa pengertian aqidah menurut beberapa sumber.

  • Pengertian Aqidah menurut Islam

Pengertian aqidah menurut Islam berarti iman atau kepercayaan. Sedangkan, dalam Al-Qur’an dapat diajabarkan dalam surat (Al-Maidah, 5:15-16) yang berbunyi “Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah dan kitab yang menerangkan. Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan dengan kitab itu pula Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus”.

  • Pengertian Aqidah menurut Bahasa dan Istilah

Pengertian aqidah menurut bahasa dan istilah adalah iman yang pasti dan teguh dimana tidak terdapat sedikitpun keraguan bagi orang yang meyakininya.

  • Pengertian Aqidah menurut Para Ahli

Selain pengertian aqidah berdasarkan bahasa, terdapat pula pengertian aqidah menurut para ahli, diataranya adalah sebagai berikut:

  1. M. Hsbi Ash Shiddiqi, aqidah berarti sesuatu yang dipegang teguh serta terhujam kuat dalam lubuk jiwa serta tidak dapat beralih dari padanya.
  2. Syaikh Mahmoud Syaltout, aqidah adalah segi teoritis yang dituntut paling pertama dari segala sesuatu untuk diyakini dengan suatu keimanan yang tidak boleh dipengaruhi oleh keragu-raguan.
  3. Syekh Hasan Al-Bannah, aqidah berarti sesuatu yang seharusnya hati membenarkannya sehingga menjadi ketenangan jiwa.

Baca: Cara Mengajarkan Anak Perempuan Berhijab Sejak Dini agar Tampil Cantik

Ruang Lingkup, Fungsi dan Contoh Aqidah Islam

Setelah memahami apa itu pengertian aqidah dari berbagai arti. Kini barulah kita masuk ke pembahasan soal ruang lingkup, fungsi juga contoh Aqidah dalam kehidupan sehari-hari.

  • Ruang Lingkup Aqidah

Selain pengertian-pengertian tentang aqidah, ada pula ruang lingkup aqidah yang dijelaskan secara singkat di bawah ini.

  1. Nubuwat, yakni pembahasan mengenai Rasul, termasuk kitab-kitab Allah, mukjizat, serta karamah.
  2. Ilahiyat, merupakan pembahasan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan Ilah atau Allah, seperti wujud, sifat-sifat, dan nama-nama Allah.
  3. Sam’iyyat, berisikan pembahasan tentang segala sesuatu yang hanya bisa diketahui lewat sami’ (sunnah seperti barzah, alam kubur, dan akhirat dan dalil aqli yang berupa Al-Qur’an).
  4. Ruhaniyat, merupakan pembahasan mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan metafisik seperti malaikat, Iblis, Jin, Roh, dan lain-lain.
  • Fungsi Aqidah

Ada pun fungsi aqidah yang diantaranya sebagai berikut:

  1. Memberikan pedoman hidup yang jelas dan pasti
  2. Memberikan ketentraman serta ketenangan jiwa
  3. Menuntun serta mengembangkan dasar ke Tuhanan yang dimiliki oleh manusia sejak lahir.
  • Contoh Aqidah dalam Kehidupan Sehari-hari

Lalu bagaimana penerapan aqidah atau contoh aqidah dalam kehidupan sehari-hari?

  1. Aqidah dalam Individu, contohnya adalah melaksanakan perintah Allah serta menjauhi semua larangan-Nya.
  2. Aqidah dalam Keluarga, implementasi atau contohnya adalah dengan berdoa secara berjamaah dan hidup rukun sebagai satu keluarga.
  3. Aqidah dalam Bermasyarakat, contoh penerapannya adalah dengan saling menghargai satu sama lain sehingga tercipta kehidupan masyarakat yang rukun dan harmonis.

Dari pengertian, ruang lingkup, serta fungsi aqidah yang sudah dibahas di atas, maka dapat disimpulkan bahwa aqidah memang memiliki arti yang sangat luas dan mendalam. Namun, dari luasnya arti tentang aqidah, pengertian akidah adalah segala sesuatu yang berhubungan iman dan kepercayaan.

Nah, kini pasti kamu sudah paham bukan Pengertian Aqidah dari semua pembahasan yang ada dan telah dijelaskan diatas. Selain itu juga Fungsi, Ruang Lingkup dan Contoh dari aqidah itu sendiri pada praktek kehidupan sehari-hari telah dijelaskan diatas. Semoga bisa bermanfaat ya.

Baca: Artis India Beragama Islam Pria dan Wanita Lengkap dengan Foto