Pengertian Gerhana Bulan: Fase-Fase, Jenis, Penyebab dan Dampak

Posted on

Pengertian Gerhana Bulan dan Terjadinya adalah hal yang harus kamu tahu. Sebab ini seringkali muncul atau jadi perrtanyaan saat ujian. Penyebab terjadinya gerhana bulan adalah pelajaran yang sangat umum dan sudah berulang kali dibahas, namun sayangnya banyak yang tidak tahu. Misalnya saja macam macam gerhana bulan atau pertanyaan seperti “sebutkan fase fase bulan, gerhana bulan sebagian dan dampak gerhana bulan”. Mungkin kamu telah mempelajarinya, tapi belum begitu paham. Jika memang demikian dilahkan dilihat saja ulasan yang ada dibawah ini.

Pengertian gerhana bulan, Macam Fase dan Dampaknya

Pengertian Gerhana Bulan - Fase-Fase Jenis Penyebab dan Dampak
Pengertian Gerhana Bulan – Fase-Fase Jenis Penyebab dan Dampak

Pengertian gerhana bulan secara umum adalah sebuah fenomena alam yang terjadi ketika bulan sedang beroposisi dengan matahari. Gerhana bulan hanya muncul beberapa tahun sekaloi dan maka dari itu untuk dapat mengetahui kapan terjadinya gerhana bulan ikutilah poin-poin di bawah ini agar Anda tidak lagi melewatkan gerhana bulan:

  • Jenis Gerhana Bulan dan Penyebabnya

Macam-macam gerhana bulan yang pertama adalah gerhana bulan penumbra yang terjadi ketika setengah piringan Bulan atau lebih telah memasuki bayangan penumbra bumi yang membuat bulan masih bisa terlihat. Nah, lalu setelah itu ada pula jenis-jenis gerhana bulan penumbra yaitu penumbra total dimana seluruh permukaan dari piringan  bulan ada di dalam bayangan penumbra, yang membuat piringan bulan tersebut akan nampak redup. Pengertian gerhana bulan penumbra jenis yang kedua adalah penumbra sebagian yang mana hanya ada sebagian dari piringan bulan di dalam bayangan penumbra.

Macam gerhana bulan yang kedua adalah gerhana bulan umbra yang dibagi menjadi 2 juga yaitu gerhana bulan sebagian yang terjadi karena posisi matahari, bumi, dan bulan tidak pada satu garis lurus yang membuat hanya sebagian dari bulan terhalangi bumi dari matahari. Sebagian pemukaan bulan yang lain masih berada di area penumbra sehingga ada bagian dari sinar matahari yang menyinari permukaan bulan.

Kemudian ada gerhana matahari total yang mana penyebab terjadinya gerhana bulan ini adalah ketika bumi, dan matahari terletak pada satu garis lurus yang membuat seluruh piringan bulan terhalangi bumi namun cahaya matahari terefleksikan di bulan oleh atmosfir bumi yang terkadang membuat bulan berwarna merah. Dampak gerhana matahari tidak pada mata manusia tapi akan menimbulkan gelombang air pasang yang hebat.

  • Macam Fase Bulan

Apabila ada permintaan seperti “sebutkan fase-fase bulan“ maka inilah jawabannya yang paling tepat; bulan baru (bulan yang tidak mendapatkan sinar dari matahari sehingga tidak terlihat dari bumi), bulan sabit (bulan dengan bentuk sabit yang melengkung dari arah kiri dan bertahan hingga 7 hari), kuartal 3 (dimana bulan sudah terlihat setengah), kuartal 2 (setengah bulan tersebut semakin besar), bulan purnama (dimana bulan terlihat sepenuhnya), wanning gibbous (sama seperti kuartal 2 hanya dari sebelah kanan), kuartal 1 (setengah bulan sama seperti kuartal 3), dan wanning crescent (bulan sabit atau setengah bulan yang perlahan menghilang).

Bulan, gerhana bulan, serta fase-fase bulan merupakan hal yang indah dan juga fenomena ala mini tidak berbahaya bagi mata manusia. Hanya saja, fenomena gerhana bulan hanya terjadi sekali dalam beberapa tahun. Dari infomasi serta pengertian gerhana bulan diatas, apakah sekarang Anda sudah memiliki gambaran tentang gerhana bulan dan kapan terjadinya?

Berikut itulah Pengertian Gerhana Bulan lengkap dengan Fase-Fase dari gerhana bulan itu sendiri. Jenis, Penyebab dan Dampak dari Gerhana bulan juga telah kami tuliskan diatas. Semoga dapat membantumu mempelajari soal fenomena alam yang satu ini.

Baca: Contoh Batuan Metamorf, Ciri-ciri, Macam dan Proses Pembentukan