Pengertian Protista adalah apa? Ciri-ciri dan Kingdom Protista berserta Contoh

Posted on

Pengertian Protista adalah apa? Mungkin kamu masih belum mengetahuinya bukan? penjelasan sepeti protista adalah apa, hingga ciri ciri protista dan soal kingdom protista mungkin seringkali jadi pertanyaan yang muncul pada waktu anda belajar ilmu pengetahuan alam atau Biologi. Namun, tenang saja dan jangan khawatir karena akan coba kami jelaskan semua itu. Termasuk didalamnya Klasifikasi Protista lengkap dengan contohnya melalui artikel yang ada dibawah ini.

Pengertian Protista, Ciri-Ciri, Klasifikasi dan Contohnya

 

Pengertian Protista adalah apa - Ciri-ciri dan Kingdom Protista berserta Contoh
Pengertian Protista adalah apa – Ciri-ciri dan Kingdom Protista berserta Contoh

Pembahasan mengenai pengertian Protista, ciri-ciri, dan ragam jenisnya sangat menarik untuk dikulik. Materi mengenai mikroorganisme ini dibahas lengkap pada mata pelajaran Biologi di bangku sekolah. Protista sendiri merupakan organisme eukariotik yang paling sederhana. Hal inilah yang menjadi dasar mengapa mikroorganisme ini dinamakan demikian.

Untuk mengenal lebih jauh organisme ini, perhatikan beberapa fakta berikut ini.

  • Pengertian Protista

Pengertian Protista diambil dari bahasa Yunani, ‘Protos’, yang berarti pertama atau mula-mula, dan ‘Ksitos’ yang memiliki arti menyusun. Protista terdiri dari makhluk bersel satu ataupun banyak yang memiliki susunan sederhana. Mikroorganisme ini dianggap lebih maju dibandingkan Monera karena sel-sel dalamnya telah memiliki membran inti (eukariota), meskipun tidak jelas apakah makhluk ini masuk dalam taksonomi hewan, tumbuhan, atau fungi. Singkatnya, Protista adalah mikroorganisme yang memiliki struktur sel eukariotik, baik uniseluler ataupun multiseluler yang tidak memiliki jaringan secara utuh.

Protista ditemukan oleh seorang peneliti bernama John Hogg pada tahun 1860-an. Pada awalnya, karena memiliki karakteristik yang tidak masuk ke dalam berbagai kingdom, maka dibuatlah kingdom baru bernama Protoctista. Hingga pada saat ini, kingdom Protista mencakup berbagai spesies, diantaranya adalah amuba, ganggang cokelat, ganggang emas, ganggang merah, jamur lender, paramecium, dan plasmodium.

  • Ciri-Ciri Protista

Dengan digolongkannya Protista ke dalam kindom tersendiri membuktikan bahwa mikroorganisme ini memiliki karakteristik yang khas dibandingkan dengan organisme lainnya. Berikut adalah ciri-ciri Protista.

  • Memiliki membran inti sel.
  • Dapat hidup bebas ataupun sebagai parasit.
  • Umumnya merupakan mikroorganisme bersel satu. Namun dapat ditemukan pula organisme multiseluler.
  • Bereproduksi secara aseksual maupun seksual.
  • Umumnya memiliki alat gerak bernama silia atau flagela. Namun ada juga yang tidak memilikinya.

Klasifikasi Protista

Berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya, Protista dapat digolongkan menjadi tiga kelompok besar. Berikut adalah penggolongan jenis-jenis Protista.

  • Protista Mirip Hewan (Protozoa)

Protista jenis ini memiliki sifat heterotrof. Artinya, Protista ini mendapatkan makanannya dari organisme lainnya dengan memasukkan makanan tersebut ke dalam sel tubuhnya. Yang termasuk dalam jenis ini adalah Cilliata/Cilliophora, Flagellata/Mastighopora, Rhizopoda/Sarcodina, dan Sporozoa.

  • Protista Mirip Tumbuhan (Ganggang atau Alga)

Protista ini dapat membuat makanannya sendiri melalui fotosintesis, dengan nama lain bersifat autotrof. Yang termasuk dalam jenis ini diantaranya Chlorophyta, Chrysophyta, Phaeophyta, Phyrrophyta, Rhodophyta, dan Euglenophyta.

  • Protista Mirip Jamur (Jamur Protista)

Protista ini mendapatkan makanannya melalui proses penguraian dari sisa-sisa organisme lainnya. Yang termasuk ke dalam jenis ini adalah jamur lendir dan jamur air (Oomycota).

Protista merupakan mikroorganisme yang tidak dapat digolongkan sebagai hewan, tanaman, maupun fungi. Karena keunikan itulah, Protista dimasukkan ke dalam kingdom tersendiri dengan berbagai karakteristik dan jenis yang dimilikinya. Fakta unik lainnya, pengertian Protista yang asli berarti “makhluk hidup pertama.”

Nah, itu dia info mengenai Pengertian Protista, Ciri-ciri dan Kingdom Protista berserta Contohnya yang dapat kami berikan kepada anda semua di kesempatan artikel kali ini. Semoga bisa menambah wawasan dan manfaat ya buat kamu yang sedang belajar ilmu pengetahuan alam khususnya mengenai Protista ini.

Baca: Tips AMPUH Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami