Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran (Pengertian, Tujuan dan Contoh)

Posted on

Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran apa saja? Dalam dunia perkantoran, terdapat suatu ruang lingkup adimistrasi perkantoran yang dapat mencakup berbagai hal yang dapat berguna bagi perkantoran. Hal ini dibutuhkan bagi seluruh perkantoran agar dapat mencapai tujuan dari perkantoran tersebut.Lantas, apa sih pengertian administrasi perkantoran atau ruang lingkup administrasi perkantoran menurut para ahli? apa juga tujuan administrasi perkantoran ini dan seperti apa contohnya? apa saja kah perbedaan antara pengertian kantor secara fisik dengan kantor secara aktivitas itu? Jika anda belum mengetahui semua itu dan ingin tahu lebih jelasnya lagi. Silahkan lihat ulasannya dibawah ini.

Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran (Pengertian, Perbedaan dan Tujuan)

Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran (Pengertian Tujuan dan Contoh)
Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran (Pengertian Tujuan dan Contoh)

Berikut ini adalah beberapa pengertian dan contoh-contoh seputar administrasi perkantoran dan ruang lingkupnya:

  • Pengertian Administrasi Perkantoran

Pengertian administrasi perkantoran pada garis besarnya adalah suatu perencanaan yang membutuhkan pengendalian serta organisasi pekerjaan-pekerjaan yang terdapat pada perkantoran, dan juga suatu usaha untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan. Namun, sebelum menuju ke ruang lingkup administrasi perkantoran, ada pengertian kantor itu sendiri yang harus dimengerti.

  • Apa perbedaan antara pengertian kantor secara fisik dengan kantor secara aktivitas?

Dalam administrasi perkantoran, terdapat perbedaan antara pengertian kantor secara fisik dengan kantor secara aktivitas. Secara fisik kantor bersifat statis atau tempat penyelenggaraan kegiatan-kegiatan manajemen. Misalnya, pemeliharaan dokumen atau pengurus informasi. Secara aktivitas, kantor bersifat dinamis dimana ada pembagian pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama.

  • Tujuan Administrasi Perkantoran

Dalam administrasi perkantoran, terdapat tujuan administrasi perkantoran yang meliputi:

  • Mengembangkan relasi dan kemampuan berkomunikasi secara lisan maupun tertulis dengan memperhatikan norma dari lingkungan masyarakat
  • Mengembangkan kemampuan teknologi informasi serta sistem komunikasi untuk melaksanakan pekerjaan dengan efektif dan efisien
  • Mengembangkan pengelolaan dokumen sesuai prosedur dan standar operasional
  • Mengembangkan kemampuan dalam pengelolaan administrasi keuangan
  • Pengembangan kemampuan untuk dapat membuat perencanaan, organisasi, pengawasan dan evaluasi terhadap pekerjaan.
  • Ruang Lingkup Pekerjaan Kantor

Dalam ruang lingkup pekerjaan kantor, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal-hal ini adalah perencanaan perkantoran yang meliputi perencanaan kantor, tata ruang, peralatan serta perabotan yang terdapat pada kantor tersebut, standar kerja serta kualitasnya, sistem komunikasi, dan anggaran. Kemudian, ada pula organisasi kantor yang meliputi pembagian pekerjaan serta tugas masing-masing, hubungan kerja yang baik, serta peralatan dan kelengkapan kerja guna membuat pekerjaan menjadi lebih maksimal.

Dalam ruang lingkup tersebut ada pula pengarahan perkantoran yang meliputi penggunaan  teknik-teknik dalam mengawasi serta memberikan motivasi terhadap bawahan. Kemudian ada teknik penyatuan misi dan visi antara atasan dan bawahan, ada rancangan komunikasi yang baik dan efisien pada karyawan, serta pertimbangan yang adil dalam memberikan gaji pada karyawan. Setelah pengarahan perkantoran, ada juga pengawasan serta pengendalian perkantoran yang meliputi penggunaan peralatan kantor, standard dan kualitas pekerjaan, jam kerja, biaya perkantoran, serta pelayanan kantor.

Hal-hal ini cocok dengan pendapat tentang ruang lingkup administrasi perkantoran menurut para ahli dan salah satunya adalah George R. Terry yang berpendapat bahwa ruang lingkup tersebut mencakup perencanaan, organisasi, pengarahan, dan pengawasan pekerjaan kantor demi tujuan bersama.

Ruang lingkup inilah yang menjadi dasar dari berdirinya perkantoran. Setiap perkantoran yang akan dibuat wajib untuk menaati peraturan ruang lingkup ini. Ruang lingkup administrasi perkantoran ini akan sangat diperlukan bagi yang sedang memulai sebuah perkantoran baru dan juga sangat diperlukan bagi karyawan serta atasannya sehingga tujuan kantor dapat dicapai bersama-sama.

Berikut itu adalah jawaban dari semua pertanyaan-pertanyaan yang telah ditanyaakan diawal mulai dari pengertian administrasi perkantoran dan ruang lingkup administrasi perkantoran menurut para ahli, tujuan administrasi perkantoran serta perbedaan antara pengertian kantor secara fisik dengan kantor secara aktivitas yang dapat kami berikan kepada anda semua. Semoga dapat menambah pengetahuan khususnya yang sedang belajar terkait hal ini.

Baca: Cara Mendidik Anak Balita Ala Masyarakat Jepang