Tugas BPUPKI dan PPKI: Tanggal Sidang, Susunan Organisasi dan Tugas Panitia Sembilan

Posted on

Tugas BPUPKI dan PPKI pasti jadi pertanyaan yang kerap kali muncul, baik dalam soal latihan atau ujian di sekolahmu bukan? Jadi pertanyaannya sekarang apakah kamu sudah tahu Tugas BPUPKI dan PPKI itu? selain itu juga pasti sering kalipula ditanyakan bagaimana susunan organisasi bpupki, waktu persidangan bpupki dan ppki dan yang juga tak kalah sering ditanyakan adalah “sebutkan tugas dari panitia sembilan”. Jika kamu belum tahu itu semua, membaca artikel kali ini tentu akan sangat membantu. Karena disini akan coba kami jawab semua pertanyaan yang ada diatas itu

Tugas BPUPKI dan PPKI: Waktu Sidang dan Susunan Organisasi

Tugas BPUPKI dan PPKI - Tanggal Sidang Susunan Organisasi dan Tugas Panitia Sembilan
Tugas BPUPKI dan PPKI – Tanggal Sidang Susunan Organisasi dan Tugas Panitia Sembilan

Tugas BPUPKI dan PPKI pada saat itu adalah merumuskan undang-undang dasar serta hal-hal lain yang menyangkut tatanan negara baru. BPUPKI dibentuk pada tanggal 1 Maret hingga 7 Agustus 1945 dan melahirkan piagam Jakarta. Kemudian, di hari yang sama BPUPKI diganti menjadi PPKI yang bertugas untuk melanjutkan rumusan undang-undang serta piagam Jakarta. Berikut adalah fakta-fakta lainnya:

  • Kapan Sidang BPUPKI dan PPKI Berlangsung?

Pada saat itu, waktu persidangan BPUPKI dan PPKI yang pertama dilaksanakan selama empat hari; dimulai pada 29 Mei 1945 dan berakhir pada 1 Juni 1945. Sidang pertama ini dilaksanakan untuk membahas serta merumuskan dasar negara Indonesia yaitu Pancasila yang merupakan tugas BPUPKI dan PPKI nantinya.

Kemudian sidang kedua BPUPKI berlangsung dari 10 Juli 1945 dan berakhir pada tanggal 14 Juli 1945. Pada sidang kedua ini, konsep undang-undang dasar semakin sempurna hingga Piagam Jakarta yang dibentuk panitia sembilan mengalami perubahan. Setelah itu, tugas BPUPKI telah selesai dan dibubarkan pada tanggal 7 Agustus 1945

Pada hari itu juga PPKI dibentuk untuk melanjutkan tugas BPUPKI. Sidang PPKI berlangsung pada tanggal 18 Agustus 1945 dan dari sidang ini terbentuklah UUD 1945 dan Pancasila yang mana sila pertamanya diubah dari “Ketuhanan dengan kewjiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya” menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa” atas kesepakatan seluruh anggota PPKI bersama.

  • Apa Saja Tugas BPUPKI?

Apa saja tugas BPUPKI? Tugas BPUPKI mencakup beberapa hal yaitu perumusan dasar Negara Indonesia, penyusunan undang-undang dasar 1945, menyiapkan kemerdekaan bangsa Indonesia, serta menyusun falsafah Negara. Dalam pelaksanaannya BPUPKI menghasilkan Piagam Jakarta yang berisi rumusan undang-undang dasar dan dasar Negara. Dari akhir sidang pertama yaitu 1 Juni 1945, Pancasila sebagai dasar Negara pun terbentuk. Namun Pancasila pada saat itu belum sempurna dan musyawarah akan dasar Negara dan undang-undangnya dilanjutkan oleh Panitia Sembilan yang diketuai oleh Ir. Soekarno.  

  • Apa Saja Tugas Panitia Sembilan?

Apabila ada pertanyaan untuk sebutkan tugas dari Panitia Sembilan seperti diatas, maka jawabannya adalah untuk melanjutkan serta menyempurnakan pembentukan undang-undang dasar Negara Indonesia serta dasar negaranya. Panitia Sembilan dibentuk dan diketuai oleh Ir. Soekarno pada saat masa jeda setelah sidang pertama selesai. Saat jeda rapat antara sidang pertama dan kedua, panitia Sembilan melakukan sebuah perundingan dengan kaum nasionalis dan kaum keagamaan. Dari perundingan ini terciptalah Piagam Jakarta.

  • Bagaimana Susunan Organisasi BPUPKI?

Lalu bagaimana susunan organisasi BPUPKI? Dr. Kanjeng Raden Tumenggung Radjiman Wedyodiningrat, adalah ketua BPUPKI dan Raden Pandji Soeroso serta Ichibangase Yosio adalah wakil-wakilnya. BPUPKI memiliki anggota sebanyak 69 orang, yaitu 62 orang anggota aktif dari semua daerah di Indonesia dan juga 7 orang perwakilan pemerintah militer Jepang, tetapi keanggotaan mereka pasif dan tidak memiliki hak suara.

Organisasi BPUPKI dibentuk untuk merumuskan dasar Negara Indonesia dan tugas tersebut kemudian dilanjutkan oleh PPKI. Tugas BPUPKI dan PPKI adalah sama yaitu untuk merencanakan serta membentuk tatanan Negara Indonesia serta membangun dasar Negara yang dapat menjadi panutan bagi seluruh masyarakat Indonesia yaitu Pancasila.

Berikut itulah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang ada diatas mengenai Tugas BPUPKI dan PPKI, Tanggal Sidang, Susunan Organisasi hingga Tugas Panitia Sembilan. Semoga dengan membaca penjelasan diatas, pengetahuanmu seputar sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia semakin luas dan terbuka.

Baca: PPKI Dibentuk pada Tanggal Berapa? Tugas, Tujuan, Anggota dan Pembubarannya