Arti Paradigma: Pengertian dan Arti Pancasila sebagai paradigma pembangunan

Posted on

Arti Paradigma itu apa sih? Beberapa orang mungkin belum mengetahui arti paradigma. Istilah ini merupakan kosa kata formal, sehingga jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun demikian, paradigma dapat mempengaruhi sebuah pengambilan keputusan ataupun tindakan yang akan diambil seseorang. Lantas apa pengertian paradigma itu? Paradigma adalah apa? Apa yang dimaksud dengan paradigma penelitian dan pancasila sebagai paradigma pembangunan. Lebih jelas lagi, langusung saja dilihat semua jawabannya yang ada itu pada ulasan dibawah ini.

Arti Paradigma: Pengertian dan Pengejelasannya

Arti Paradigma Pengertian dan Arti Pancasila sebagai paradigma pembangunan
Arti Paradigma Pengertian dan Arti Pancasila sebagai paradigma pembangunan

Makna paradigma biasanya menyesuaikan konteks peristiwa tanpa melepaskan kerangka dasarnya. Tak heran bila istilah ini sering di mengerti dengan pemahaman yang agak berbeda.

  • Pengertian Paradigma dan Artinya

Bila ditinjau dari segi bahasa, arti paradigma disadur dari bahasa Yunani paradeigma, yang merupakan gabungan dari kata para dan dekunai. Kata “para” berarti bersebelahan dan “deik” berarti memperlihatkan. Bila ditafsirkan dari kedua kata tersebut, pengertian paradigma adalah membandingkan.

Pada penerapan intelektual pada masing masing individu, paradigma merujuk pada cara seseorang memandang pribadinya dan lingkungan sekitarnya. Nantinya, paradigma adalah dasar seseorang untuk memikirkan, menyikapi, dan memecahkan suatu masalah.

Sedangkan dalam berbagai disiplin ilmu, paradigma menentukan inti pembelajaran yang harus dipahami oleh para muridnya. Singkatnya, paradigma akan membentuk model berfikir seseorang berdasarkan masalah yang sedang dihadapi. Pada akhirnya, si murid akan memahami langkah pemecahan masalah menurut ilmu tersebut.

  • Paradigma Penelitian

Pemahaman paradigma pada bidang penelitian tidak dapat dipisahkan dari diri si peneliti. Pada dasarnya, paradigma penelitian mencerminkan bagaimana si peneliti memahami masalah yang ada, kemudian menggunakan pendekatan atau ilmu tertentu untuk memecahkannya. Ada dua jenis paradigma penelitian yang sering digunakan, yakni kualitatif dan kuantitatif, dimana masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Paradigma kuantitatif meyakini bahwa penelitian harus berdasarkan pada bukti rasional yang dapat diamati oleh keseluruhan pancaindra. Mereka yang menganut paham ini cenderung menolak pendekatan teologis dan menjadikan fakta sebagai sumber informasi utama. Sedangkan paradigma kualitatif melihat sebuah fenomena secara keseluruhan, karena mereka yakin bahwa satu kejadian berhubungan dengan kejadian yang lain.

  • Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan

Dalam kehidupan bernegara, Pancasila merupakan sebuah paradigma yang dijadikan gambaran ideal sebuah negara. Sedangkan pancasila sebagai paradigma pembangunan berarti Pancasila terdiri dari kerangka acuan tujuan akhir yang harus dijadikan pedoman untuk merencanakan, melaksanakan, dan menyelesaikan masalah dalam pembangunan negara. Maka, para negarawan wajib menimbang segala butir pasal Pancasila ketika merundingkan sebuah keputusan bagi seluruh masyarakat.

Dalam Pancasila, manusia dideskripsikan sebagai makhluk monopluralis, yakni merupakan makhluk individu dan sosial yang berjiwa raga. Dengan demikian, pengambil keputusan hendaknya merumuskan kebijakan yang meminimalisasi pelanggaran hak manusia. Pancasila juga diharapkan menjadi acuan untuk membangun ekonomi, sosial politik, sosial budaya, dan ketahanan nasional.

Kerangka pemikiran seseorang atau cara seseorang menilai sesuatu merupakan prinsip dasar dari sebuah paradigma. Meskipun tidak terlihat secara kasat mata, paradigma menggerakkan seseorang untuk mengambil keputusan dan melakukan berbagai tindakan. Dalam melakukan penelitian dan pembangunan pun diperlukan kesamaan pemahaman tentang arti paradigma dari para pelakunya, agar tercapai tujuan yang diinginkan.

Bagaiamana, apa sudah paham sekarang Arti Paradigma itu? Begitu juga dengan Pengertian dan Arti Pancasila sebagai paradigma pembangunan. Semoga dengan membaca ulasan yang telah kami berikan diatas, bisa memperdalam dan membuat anda yang belum mengetahuinya menjadi tahu mengenai Paradigma ini.

Baca: 6 Kata Mutiara Cinta Bahasa Inggris Romantis Menyentuh Hati Untuk Jomblo