Daftar 15 Obat Batuk Pilek Anak yang Efektif

Posted on

Obat batuk pilek anak tidak boleh diberikan secara sembarangan. Terutama karena kandungan dan dosis yang dibutuhkan oleh anak tidak sama dengan kandungan atau dosis di obat batuk orang dewasa.

Batuk yang terjadi pada anak karena tubuh sedang melindungi diri si anak, itu juga merupakan reaksi normal ketika tubuh akan membersihkan lender dari saluran pernapasan. Hal ini karena tenggorokan, trakea, atau bagian dalam paru-paru anak mengalami iritasi bahkan infeksi. Biasanya, batuk pilek ini disebabkan virus flu biasa dan akan sembuh dalam rentang waktu satu hingga dua minggu. Namun jika lebih dari itu, kamu perlu mencari obat batuk pilek anak yang baik.

Berbagai jenis obat batuk pilek untuk anak

air hangat untuk obat batuk anak
air hangat untuk obat batuk anak

Terkadang orang tua ketika anaknya tengah mengalami gejala batuk pilek akan langsung memberikannya obat-obatan kimia. Hal itu tidak baik dilakukan jika tidak sesuai dosis yang diberikan dokter. Hal ini karena anak masih memiliki tubuh yang rentan, sehingga ketika ia terpapar obat-obatan kimia, itu akan berdampak bagi tumbuh kembangnya kelak.

Untuk itu, sebelum memberikan obat-obatan kimia kepada anak, ada baiknya orang tua melakukan berbagai cara alami ini untuk mengobati batuk pileknya. Beberapa cara alami untuk mengobati batuk pilek anak ialah:

  • Banyak minum air hangat

Ketika terjadi batuk dan pilek, di bagian belakang tenggorokan akan tertumpuk lendir. Hal ini akan menyulitkan pernapasan dan sebagainya. Untuk menipiskan lendir itu, cara yang baik dilakukan adalah dengan banyak minumair sehingga tubuh terhidrasi dengan baik. Terlebih meminum air hangat atau madu hangat akan membantu mempercepat perbaikan tubuh anak.

  • Berendam di air hangat

Selain mengurangi batuk dan pilek, mandi air hangat juga meringankan alergi. Selain mandi air hangat, kamu bisa menggunakan humidifier atau mesin pelembab udara untuk meringankan batuk pilek yang terjadi pada anak.

  • Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara yang baik untuk meringankan batuk pilek anak, selain tidak ada efek samping, cara ini juga tidak memakan banyak biaya. Caranya dengan mencampur garam halus dan air hangat, lalu minta anak untuk berkumur dengan air itu.

  • Meminum susu campur menjadi obat batuk pilek anak alami

Meminum susu campur menjadi obat batuk pilek anak alami
Meminum susu campur menjadi obat batuk pilek anak alami

Meminum susu hangat yang dicampur beberapa bahan alami bisa mengurangi gejala batuk pilek anak. Susu ini bisa dicampur pasta kacang almond, bisa juga dicampur dengan kunyit.

  • Meminum madu sebagai bahan herbal obat batuk pilek anak

     

Meminum madu sebagai bahan herbal obat batuk pilek anak
Meminum madu sebagai bahan herbal obat batuk pilek anak

Madu memang salah satu bahan alami yang memiliki banyak khasiat untuk penyembuhan. Salah satu yang bisa disembuhkan adalah batuk pilek. Selain itu, meminum madu juga bisa membuat tubuh si anak bugar kembali. Anak juga tidak akan sulit meminumnya karena rasa alami madu yang manis disukai anak-anak.

  • Menghisap Lozenges

Lozenges merupakan permen yang berfungsi melegakan tenggorokan, hal ini karena kandungan mentholnya yang mampu meredakan hidung tersumbat, batuk, dan nyeri tenggorokan.

Itu dia berbagai jenis obat batuk alami yang bisa diberikan kepada anak untuk meredakan penyakit batuk pileknya. Namun terkadang, batuk pilek yang terjadi tidak bisa disembuhkan dengan bahan alami itu. Jika sudah seperti itu, ada baiknya anak dibawa berobat ke rumah sakit atau menggunakan obat yang sudah disarankan oleh dokter.

Beberapa obat yang bisa dibeli untuk meredakan batuk pilek anak ialah.

  • Obat batuk pilek anak yang manjur: Antitusif

Ini merupakan obat pereda batuk. Kandungan di dalamnya seperti dextromethorphan atau codeine ini efektif untuk meringankan gejala batuk pada anak dan orang dewasa. Namun efek sampingnya adalah pusing, dan kehilangan keseimbangan. Codeine bahkan tidak dianjurkan untuk balita dan bayi karena memiliki efek samping yang lebih lagi.

  • Anthistamine, dalam hal ini diplehenhydramine, brompheniramine, dan chlorpheniramine

Obat ini merupakan anti alergi yang ampuh mengurangi pilek yang disebabkan alergi. Obat ini tidak langsung mengobati batuk, ia bekerja dengan mengurangi lendir yang ada di tenggorokan. Adapun efek sampingnya adalah rasa ngantuk dan rasa kering di tenggorokan.

  • Expectorant, dalam hal ini bromhexin, potassium iodide, dan N Acetyclystein

Expectorant merupakan obat pereda dahak yang bekerja dengan cara meningkatkan mucus di saluran pernafasan supaya dahak mudah dikeluarkan. Obat ini biasanya diberikan pada pasien yang sulit mengeluarkan dahak saat batuk. Tapi efek samping obat ini adalah mual dan iritasi mukosa pada lambung.

  • Mucolitik

Cara kerja obat ini yakni mengurangi kekentalan dahak di saluran pernafasan. Tapi seperti obat lainnya, mucolitik juga memiliki efek samping yakni gangguan pencernaan dan rasa mual di perut.

  • Dekongestan

Obat ini termasuk ke dalam golongan obat pilek, tapi tak jarang juga dikombinasikan dengan obat batuk untuk memaksimalkan kinerjanya. Cara kerja obat ini ialah merangsang saraf simpatis yang berakibat melebarkan saluran napas. Namun obat ini memiliki efek samping seperti membuat jantung berdebar hingga sulit tidur.

  • Anak batuk pilek ibu minum obat Paracetamol

Obat ini biasa diberikan pada bayi untuk meredakan demam dan nyeri. Namun obat ini juga memiliki khasiat untuk meringankan gejala batuk dan pilek pada anak.

  • Ibuprofen sebagai merek obat batuk pilek anak yang bagus

Untuk batuk dan pilek anak, bisa diberikan ibuprofen untuk meredakan gejalanya. Namun dosis dan takarannya harus pas karena jika diberikan tidak pas, maka obat ini bsia mengiritasi perut anak.

Obat-obat batuk pilek anak yang disebutkan di atas itu merupakan jenis obatnya dan bukan merk. Setiap jenis obat biasanya ada banyak mereknya, harganya pun sudah pasti seragam. Oleh karenanya disarankan untuk meminta saran dari dokter sebelum membeli obat. Hal ini mengingat tubuh anak yang masih rentan sehingga perlu dosis dan takaran yang seimbang.

ARTIKEL TERKAIT