Fungsi Plasma Darah: Bentuk, Ciri-Ciri dan Mekanisme Proses Pembekuan

Posted on

Fungsi Plasma Darah itu apa saja? Apa fungsi plasma darah dalam tubuh manusia? Sebelum menjawab pertanyaan ini, perlu diketahui bahwa plasma darah berbeda dari kepingan darah merah. Akan tetapi, plasma darah merupakan bagian yang tak terpisahkan dari darah merah sendiri sehingga untuk melihat plasma darah serta bentuk plasma darah, perlu dilakukan proses sentrifugasi. Cairan berwarna kekuningan ini memiliki peranan penting untuk sel dan juga organ tubuh manusia. Agar bisa memahami lebih jelas, perlu kiranya juga mengetahui apa fungsi keping keping darah , mekanisme proses pembekuan serta ciri ciri plasma darah. Nah, jika kamu termasuk yang belum mengetahui tentang itu semua. Langsung saja yuk disimak ulasan nya dibawah ini.

Fungsi Plasma Darah, Bentuk, Ciri dan Mekanisme Proses Pembekuan Darah

Fungsi Plasma Darah Bentuk Ciri-Ciri dan Mekanisme Proses Pembekuan
Fungsi Plasma Darah Bentuk Ciri-Ciri dan Mekanisme Proses Pembekuan

Berikut semua ulasan mengenai Fungsi plasma darah dan berbagai hal terkaitnya bisa anda lihat dibawah.

  • Fungsi Keping Keping Darah

Untuk mempelajari fungsi plasma darah, pertama-tama seseorang perlu mempelajari komposisi dari sel darah. Setelah melalui proses pemisahan, plasma darah akan menempati posisi teratas, kemudian bagian bawah ditempati oleh sel darah putih, trombosit, dan sel darah merah. Fungsi keping keping darah (trombosit) sendiri adalah melindungi tubuh dari mikro organisme atau zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Ketika kulit terluka dan sel darah merah keluar dari pembuluh darah, trombosit akan secara otomatis menempel pada pembuluh darah yang terluka untuk menghentikan pendarahan.  

  • Bentuk Plasma Darah

Meskipun merupakan bagian dari sel darah, plasma darah tidak berwarna merah. Bentuk plasma darah adalah cairan berwarna kekuningan dengan kandungan sebagian besar air dan sebagian kecil mineral serta protein. Jika protein dalam plasma darah diendapkan, maka akan didapatkan serum, yang mengandung antibodi untuk melawan kuman.

Protein dalam plasma darah terbagi ke dalam tiga jenis: albumin, globunin, dan fibrinogen. Yang berperan untuk mengatur tekanan darah dalam tubuh adalah albumin. Sedangkan yang bertanggungjawab melawan virus atau bakteri pemicu penyakit adalah globunin. Sedangkan fibrinogen membantu proses pembekuan darah.

  • Ciri-Ciri Plasma Darah

Bagaimana untuk mengetahui bahwa cairan tertentu adalah plasma darah? Temukan tiga ciri ciri plasma darah berikut ini setelah melakukan proses sentrifugasi:

  • Jika diurutkan dari atas tabung, komponennya terdiri dari 90% air, dan 10% larutan mineral, lemak, glukosa, protein dan zat sisa.
  • Berwarna kekuningan, dan mengandung serum untuk menawar zat racun dalam tubuh.
  • Mengandung benang benang fibrin untuk menutup luka terbuka pada kulit.
  • Mekanisme Proses Pembekuan

Pada saat tubuh terluka, zat-zat dalam sel darah beraksi untuk menghentikan pendarahan dan menutup luka tersebut.  Mekanisme proses pembekuan ini dapat menutup luka kecil dengan cepat. Secara umum, proses ini terbagi ke dalam beberapa tahap.

  1. Kulit terluka, sehingga sel darah yang mengandung trombosit juga ikut keluar dari celah yang terbuka.
  2. Trombosit pecah karena menyentuh permukaan kasar, dan pada saat yang bersamaan mengeluarkan enzim trombokinase.
  3. Zat ini akan masuk ke dalam plasma darah, dan mengubah protombin yang mengandung globulin menjadi trombin dengan bantuan kalsium.
  4. Trombin akan mengaktifkan fibrinogen, yang kemudian membentuk benang fibrin untuk menutup luka.

Cairan yang tak terlihat sebelum proses pemisahan ini ternyata mendominasi lebih dari sebagian komposisi darah. Selain itu, plasma darah mengandung antibodi dan mineral penting untuk tubuh. Karena komposisinya yang bercampur dengan darah merah, maka plasma darah juga mengantarkan mineral ini ke sel dan organ tubuh. Bahkan ketika tubuh terluka, fungsi plasma darah menjadi semakin penting.

Berikut itu adalah Fungsi Plasma Darah serta Bentuk , Ciri-Ciri dari Plasma darah dan Mekanisme Proses Pembekuan darah yang bisa kita ketahui bersama. Meski singkat, semoga artikel ini bisa menjadi intisari dari semua pertanyaan diatas dan hal-hal yang ingin anda ketahui tentang plasma darah.

Baca: Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Kambing, Sate, Gulai dan Hati Kambing?