Pengertian public relation menurut para ahli: Fungsi, Tujuan dan Contoh

Posted on

Pengertian Public Relation mungkin tak asing teredengar  jika kamu bekerja dikantor atau sebuah organisasi. Namun ternyata masih ada loh atau barangkali kamu sendiri jangan-jangan belum mengetahui apa pengertian public relation itu. Jika kamu ingin mengetahuinya, maka ketahui juga fungsi public relation dan tujuan public relation sekalian. Dan agar kamu lebih paham lagi, pelajari juga dan cari tahu contoh public relation ini. Agar lebih jelas ulasannya langsung saja dilihat lebih lengkap jawabannya dibawah ini.

Public Relation: Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Contohnya

Pengertian public relation menurut para ahli Fungsi Tujuan dan Contoh
Pengertian public relation menurut para ahli Fungsi Tujuan dan Contoh

Pengertian public relation adalah usaha yang dilakukan dengan sengaja yang bertujuan untuk membangun serta mempertahankan sebuah pengertian timbal balik diantara organisasi dan masyarakat. Dengan kata lain, public relation merupakan sebuah proses yang bertujuan untuk mewujudkan komunikasi diantara organisasi dan pihak eksternal yang berkaitan dengan organisasi tersebut.

  • Pengertian Public Relation Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian public relation berdasarkan para ahli.

  • Dr. Rex Harlow menyatakan bahwa public relation bertindak sebagai fungsi manajemen yang mendukung pemeliharaan dan pemibanaan antara organisasi dan publiknya dimana tindakan tersebut menyangkut dengan komunikasi dan kerja sama.
  • Cutlip dan Center berpendapat bahwa pengertian public relation adalah fungsi manajemen yang berperan untuk menilai dan mengidentifikasi sikap publik atau organisasi demi kepentingan publik.
  • Frank Jefkins menyatakan bahwa public relation adalah seluruh bentuk komunikasi terencana baik internal maupun eksternal.

 

  • Tujuan Public Relation

Tujuan public relation adalah mempengaruhi tindakan orang baik secara individu maupun kelompok dimana mereka saling berhubungan, melalui dialog antara seluruh golongan dimana sikap, persepsi dan opininya mempengaruhi kesuksesan perusahaan tertentu. Selain itu, ada beberapa tujuan lain dari public relation, yaitu:

  1. Mewujudkan terciptanya sikap saling mengerti antara perusahaan dan publik sasarannya
  2. Mendukung pemasaran perusahaan
  3. Menciptakan citra suatu perusahaan yang baik di mata masyarakat luar
  4. Membantu pengelanan merek
  5. Meningkatkan kualitas calon pegawai
  6. Mempersiapkan masyarakat pada bursa saham atas rencana perusahaan demi menerbitkan saham baru
  7. Memperbaiki hubungan antara perusahaan dan masyarakat
  8. Mengajarkan konsumen agar lebih mengerti terhadap pemanfaatan produk perusahaan
  • Fungsi Public Relation

Public relation harus mampu memberi identitas perusahaan atau organisasi dengan tepat dan mampu mengkomunikasikan kepada pihak eksternal agar memperoleh kepercayaan. Berikut ini adalah fungsi public relation:

  1. Mempunyai sasaran untuk membentuk opini public yang dapat diterima serta menguntungkan banyak pihak.
  2. Kegiatan bertujuan mendapatkan itikad baik serta kepercayaan dari masyarakat luas pada umumnya.
  3. Sebagai usaha dalam menciptakan hubungan harmonis antara public dan perusahaannya serta membentuk citra perusahaan yang baik
  4. Sebagai unsur yang penting dalam manajemen untuk mencapai tujuan yang sesuai dengan harapan public yang tetap menjadi kekhasan perusahaan.

Singkatnya, public relation berfungsi untuk memelihara, menumbuhkan serta mempertahankan komunikasi timbal balik untuk mengatasi masalah yang muncul dan juga meminimalisir terjadinya masalah.

  • Contoh public relation

Salah satu contoh public relation dalam perhotelan yaitu hotel Inna Garuda. Seorang public relation berperan untuk menarik minat pelanggan ketika banyak pesaing dari hotel lainnya. Public relation berada di bawah Departemen Marketing Manajer dan dibagi menjadi dua, yaitu Public Relations Manajer dan Officer.

Public relations manajer bertugas untuk memberi info dan mempublikasi hotel Inna Garuda diluar hotel sedangkan officer membuat rencana kegiatan yang akan diadakan di hotel Inna Garuda.

Public relation tentunya sangat penting bagi sebuah organisasi atau perusahaan karena perannya untuk berkomunikasi dengan pihak eksternal. Berdasarkan pengertian public relation, dapat dilihat bahwa mereka berpengaruh pada citra perusahaan atau organisasi.

Pasti sekarang kamu sudah paham apa Pengertian public relation menurut para ahli, Fungsi serta Tujuan dan Contohnya.\ setelah membaca artikel ini bukan? Jika belum, coba baca lagi karena sudah dijelaskan secara lengkap diatas.

Baca:  Sungguh Luar Biasa Manfaat Membaca Dongeng Untuk Anak