Satuan Massa Jenis: Pengertian, Rumus dan Contoh

Posted on

Pertanyaan soal Satuan Massa jenis pasti sudah tidak asing lagi terdengar oleh kamu terutama yang sedang belajar Fisika. Lantas, apa sih memangnya Satuan Massa Jenis itu? Bagaimana pula rumus massa jenis ini yang perlu diketahui? Bisa kasih Contoh Soal Massa Jenis nya sekalian? Oke, kamu tenang saja semua pertanyaan itu akan kami jawab melalui artikel dibawah ini.

 

Belajar Soal Satuan massa jenis

Satuan Massa Jenis Pengertian Rumus dan Contoh
Satuan Massa Jenis Pengertian Rumus dan Contoh

Satuan massa jenis sering dibahas dalam mata pelajaran fisika. Satuan ini adalah jawaban mengapa kapas lebih ringan daripada besi baja, atau mungkin mengapa minyak selalu mengambang di atas permukaan air. Mengapa berbagai peristiwa ini dapat terjadi? Untuk memahami lebih dalam, berikut adalah ulasan mengenai pengertian, rumus, dan satuan yang digunakannya.

  • Pengertian Massa Jenis

Secara singkat, massa jenis atau densitas didefinisikan sebagai pengukuran sebuah massa pada tiap satuan volume benda. Semakin tinggi densitas yang dimiliki sebuah benda, akan semakin besar juga massa pada tiap volumenya. Densitas rata-rata pada tiap benda adalah jumlah massa yang dibagi dengan jumlah volumenya. Maka dari itu, satuan massa jenis dapat dinyatakan sebagai kg m-3.

Secara harafiah, densitas dan berat jenis memiliki definisi yang sama. Namun, dalam hukum fisika, dua hal ini dapat dibedakan. Bila densitas adalah sebuah pengukuran massa pada setiap satuan volume, maka berat sangat erat kaitannya dengan gravitasi yang mempengaruhi berat suatu benda. Selain itu, satuan yang dimiliki juga berbeda, dimana massa memiliki satuan ‘kg’, sedangkan berat memiliki satuan ‘Newton (N)’.

  • Rumus Massa Jenis

Setiap jenis benda memiliki densitas yang berbeda-beda, meskipun memiliki unsur penyusun yang sama. Hal ini bisa terjadi karena densitas sangat bergantung pada besarnya massa dan volume. Secara matematis, berikut ini adalah rumus massa jenis yang bisa digunakan.

ρ = m / V

Keterangan:

ρ = densitas (kg m-3)

m = massa zat (kg)

V = volume zat (m3)

  • Contoh Soal Massa Jenis

Untuk lebih menguasai rumus ini, berikut adalah beberapa contoh soal mengenai densitas.

Suatu balok kuningan memiliki ukuran panjang 8 cm, lebar 5 cm, dan tinggi 2,5 cm. Jika densitas balok tersebut adalah 8.400kg/m3, berapa massa yang dimiliki oleh balok tersebut?

Diketahui:

Balok kuningan

p = 8 cm = 0,08 m

l = 5 cm = 0,05 m

t = 2,5 cm = 0,025 m

ρ = 8.400 kg/m3

Ditanya: m = … ?

Jawab:

V = 0,08 m x 0,05 m x 0,025 m

  = 0,0001 m3

m = ρ x V

   = (8.400 kg/m3) (0,0001 m3)

   = 0,84 kg

Jadi, massa yang dimiliki oleh balok berbahan kuningan tersebut adalah 0,84 kg.

  • Dentitas adalah apa?

Salah satu pertanyaan lainnya terkait satuan masa jenis yang kerap kali ditanyakan ialah soal Dentitas, biar kamu tahu juga berikut ini ulasannya.

Densitas adalah sebuah jawaban atas berbagai pertanyaan seperti mengapa benda dapat mengapung, melayang, dan tenggelam dalam zat cair. Selain itu, terdapat juga perbedaan pengertian antara densitas dengan berat jenis, di mana berat sangat dipengaruhi oleh gravitasi di sekitarnya. Perbanyak mengerjakan soal latihan untuk lebih dapat menguasai rumus dan berbagai satuan massa jenis yang digunakan.

Itu dia informasi mengenai Satuan Massa Jenis yang juga dijelaskan pula Pengertian, Rumus dan Contohnya. Selain itu juga penjelasan mengenai Densitas. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu semua yang sedang belajar FISIKA ya.

Baca: Contoh Majas Metonimia, Pengertian, Jenis-Jenis Majas dan Perbandingan