Kenali Keluhan Ibu Hamil Trimester 2 dan Cara Mengatasinya

Posted on

Pada umumnya Keluhan Ibu Hamil Trimester kedua, pertama dan ketiga mempunyai perbedaan. Pasalnya pada masa kehamilan trimester pertama ibu hamil sering mengalami mual. Berbeda dengan Keluhan kehamilan trimester 2, pada saat trimester ini ibu hamil sudah tidak sering lagi mengalami mual. Akan tetapi ibu yang sedang hamil ini masih tetap mengalami beberapa keluhan yang lainnya. Lalu, keluhan apa saja yang terjadi pada ibu hamil di trimester 2 ini dan bagaimana Cara Mengatasinya? Penanganan apa saja yang perlu dilakukan untuk mengatasi keluhan ibu hamil pada trimester 2 ini?

Untuk lebih jelasnya lagi informasinya, ayo kita simak ulasannya.

Ini beberapa Keluhan Ibu Hamil Trimester 2 dan Cara Mengatasinya

Keluhan Ibu Hamil Trimester 2
Keluhan Ibu Hamil Trimester 2

 

  • Ibu Hamil merasakan Sakit serta nyeri dibagian tertentu pada Trimester 2

Salah satu keluhan ibu hamil pada trimester 2 adalah sakit nyeri dibagian tertentu. Kenapa? hal ini disebabkan bertambah besar ukuran tubuh, sehingga mengakibatkan beberapa anggota bagian tubuh mengalami tekanan. Sehingga timbul gejala sakit pada bagian tertentu, seperti sakit punggung, linu, mudah lelah, dan pegal-pegal. Keluahan tersebut bisa diatasi dengan mengontrol porsi makan. Selain itu juga pada saat hamil hindari penggunaan sepatu bertumit tinggi sebaiknya gunakan sepatu yang nyaman. Ketika duduk hindari posisi menyilangkan kaki dan ketika tidur berilah ganjalan pada kaki. Hal ini akan mengatasi masalah keluhan ibu hamil.

  • Keluhan Kehamilan Trimester 2 munculnya Sembelit

Biasanya yang sering terjadi keluhan ibu hamil pada trimester kedua, yaitu sembelit. Keluhan ini membuat ibu hamil tidak merasa nyaman. Untuk mengatasinya bisa dengan mengkonsumsi makanan kaya akan serat, misalnya buah serta sayur. Cara lain yang bisa Anda gunakan yakni memperbanyak minum air putih. Bahkan selain Anda mengatur pola diet saran lain yang dianjurkan yakni olahraga. Sebab aktif berolahraga sangat membantu sekali proses metabolisme. Sehingga bisa membuat lancar proses buang air besar. Dengan begitu masalah sembelit pada ibu hamil bisa teratasi dengan baik. Namun jika Anda menggunakan obat untuk mengatasi sembelit lebih baik konsultasi ke dokter lebih dulu.

  • Gusi berdarah serta sariawan pada kehamilan Trimester 2

Hal lainnya keluhan ibu hamil pada trimester 2 adalah gusi berdarah serta sariawan. Penyebab utamanya keluhan ibu hamil ini karena faktor ketidak stabilan hormon pada tubuh ibu hamil. Sehingga mengakibatkan keluhan gusi bedarah serta sariawan. Selain itu gusi berdarah yang dikeluhkan ibu hamil bisa juga disebabkan karena oral buruk. Sedangkan sariawan disebabkan karena mengalami kekurangan vitamin C, stress atau tergigit. Mengatasi keluhan ini bisa menggunakan sikat gigi berbulu halus serta lembut. Jangan lupa konsumsi makanan bergizi, khususnya makanan yang mengandung vitamin C.

Demikin ulasan informasi yang kami bagikan mengenai Keluhan Ibu Hamil Trimester 2 dan Cara Mengatasinya kepada Anda semua. Semoga informasi ini yang kami bagikan bisa menginspirasi Anda semuanya.

Baca juga Keluhan ibu hamil lainnya: