20 Cara Mencegah Kehamilan: Nama Obat dan Makanan setelah Berhubungan

Posted on

Nurulku.com – Cara mencegah kehamilan bagaimana ? terkadang memang ada beberapa pasangan yang belum ingin memiliki momongan, baik karena masalah pekerjaan, membuat program kehamilan atau yang lainnya. Sebenarnya untuk mencegah kehamilan ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti dengan konsumsi makanan pencegah kehamilan setelah berhubungan ataupun dengan obat pencegah kehamilan sehingga anda bisa menjadikanya sebagai solusi. Selain meggunakan obat atau pil kb ada beberapa cara lain yang bisa anda lakukan. Oleh karenanya kami akan memberikan beberapa informasi tentang hal tersebut. Lantas apa lagi yang bisa digunakan untuk mencegah kehamilan setelah berhubungan? Temukan disini jawabannya.

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah kehamilan baik dengan konsumsi makanan ataupun dengan melakukan berbagai hal setelah berhubungan. Untuk lebih jelasnya kami akan memaparkan beberapa cara mencegah kehamilan yang bisa anda lakukan. Informasi ini tentu akan bermanfaat bagi anda ang ingin menunda kehamilan atau yang lainya.

Cara Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan

20 Cara Mencegah Kehamilan - Nama Obat dan Makanan setelah Berhubungan
20 Cara Mencegah Kehamilan – Nama Obat dan Makanan setelah Berhubungan

Ada beberapa cara untuk mencegah kehamilan yang bisa anda coba lakukan baik sesudah atau mungkin sebelum berhubungan. Berikut ini caranya

  • Keluarkan diluar agar Tidak Hamil

usahakan untuk tidak mengeluarkannya didalam karena hal tersebut justru akan membuat kehamilan.

  • Gunakan Alat Pencegah Kehamilan

Alat ini bisa berupa pil, alat pengaman pria maupun wanita, suntikan atau yang lainya. Anda bisa mendapatkannya diluar resep dokter baik di apotek, supermarket atau yang lainya.

  • Mengkonsumsi Pil Kb untuk mencegah kehamilan

Alat sering sekali dijadikan andalan karena memang bisa mencegah terjadinya kehamilan.

  • Memasang Cincin Nuva

Cara mencegah kemailan pasca berhubungan selanjutnya adalah dengan memasang cincin nuva. Cincin nuva merupakan alat yang dimasukkan kedalam bagian privat perempuan  untuk mencegah kehamilan.

  • Suntikan cairan progestin

Yang selanjutnya adalah dengan menyuntikkan cairan progestin dan esterogen pada setiap 3 bulan secara teratur.

  • Cara mencegah kehamilan pasca berhubungan dengan Suntik

Suntikan ini akan mengentalkan cairan pada rahim sehingga membuatnya tidak akan berhasil membuahi sel telur.

Teknik suntik ini juga merupakan jenis alat yang paling banyak digunakan masyarakat untuk mencegah kehamilan. Sama seperti pil KB, suntikan memberikan beberapa jenis hormon ke dalam tubuh. Proses kerjanya adalah dengan mengentalkan cairan rahim sehingga  tidak bisa membuahi sel telur. Penyuntikan dilakukan 1 atau 3 bulan sekali. 

Cara Lain Untuk Mencegah Kehamilan

Tak cuma itu saja, tapi masih ada banyak lagi cara yang dapat dilakukan untuk bisa mencegah kehamilan, seperti:

  • Lakukan sterilisai

Cara mencegah kehamilan selanjutnya adalah dengan melakukan sterilisasi. Anda bisa berkonsultasi dan meminta dokter untuk memasangkan penghambat pada saluran tuba agar sel telur pasangan anda tidak sampai pada rahim. Cara ini bisa dilakukan baik pada wanita ataupun laki-laki.  Cara ini semakin diminati para pasangan karena ia dapat diubah atau diatur kembali jika anda ingin mendapatkan kehamilan pada suatu saat.  

  • Cara mencegah kehamilan pasca berhubungan dengan IUD

Anda juga bisa menggunakan cara mencegah kehamilan pasca berhubungan dengan IUD atau Perangkat Intrauterin. Cara ini sering disebut juga dengan spiral dimana ia harus diganti secara periodik.

  • Menghitung kalender Datang Bulan

Cara mencegah kehamilan juga bisa dengan menghitung kalender pada masa istri tidak subur.

  • Lakukan Berhubungan 1 Minggu Sebelum Datang Bulan

Anda juga bisa melakukan hubungan saat 1 minggu sebelum masa datang bulan karena tidak akan terjadi pembuahan didalam organ privat perempuan tersebut.

  • Pantang berkala

Yaitu menghindari berhubungan sebelum, saat atau 24 jam setelah masa subur.

  • Meminum Produk Kiranti Sebelum Berhubungan

Siapa sangka dengan memnum produk kiranti sebelum melakukan hubungan juga bisa mencegah terjadinya kehamilan.

  • Mengeluarkan diluar

Nah jika anda ingin menggunakan cara mencegah kehamilan secara alami, bisa dengan mengeluarkannya dibagian luar organ privat perempuan.

  • Memasang Susuk Kehamilan

Selain itu anda juga bisa menggunakan susuk yang dipasangkan pada wanita karena ia bisa mencegah kehamilan secara terus-menerus.

Baca: Sangobion untuk Ibu Hamil dan Menyusui (Suplemen Penambah Darah): Dosis dan Jenisnya

Cara Mencegah Kehamilan Dengan Mengkonsumsi Buah

Nah, kalau yang satu ini merupakan cara-cara alami mencegah kehamilan yang bisa dilakukan.

  • Konsumsi buah nanas

Untuk mencegah kehamilan, anda juga bisa dengan mengkonsumsi beberama macam buah. Seperti dengan mengkonsumsi buah nanas, ia memiliki kandungan enzim bromelain yang bersifat panas pada janin juga wanita.

  • Mengkonsumsi Buah Pepaya

Selain itu buah pepaya muda juga bisa mencegah terjadinya kehamilan karena ia memiliki kandungan enzim dan getah yang dapat menyebabkan kontrak-si pada kehamilan.

  • Mengkonsumsi Daging Mentah

Dengan berbagai kandungan bakteri yang didalamnya, maka daging yang mentah juga bisa digunakan untuk pencegah kehamilan.

  • Mengkonsumsi Seafood

Dengan mengolah seafood secara di asapi, mampu membantu anda untuk mencegah kehamilan karena adanya kontaminasi bakteri listeria.

  • Mengkonsumsi Hati Hewan

Kandungan kolestrol yang dimiliki oleh hati hewan sangat tidak bersahabat dengan janin.

  • Mengkonsumsi Sayur Pare

Pare ini memiliki nutrisi yang banyak didalamnya, tetapi ia juga mengandung banyak senyawa yang dapat mengakibatkan kontraksi pada janin. Sebenarnya masih banyak makanan yang bisa digunakan sebagai cara mencegah kehamilan.

Nah dengan menggunakan cara-cara tersebut, anda bisa mencegah terjadinya kehamilan dengan berbagai durasi waktu. Yang pasti selalu mengkonsultasikan cara anda dengan dokter anda agar keamanan yang didalamnya juga terjaga. Semoga informasi tentang cara mencegah kehamilan ini dapat bemanfaat bagi anda dan pasangan.

Baca: Nama Obat Pencegah Kehamilan di Apotik dan Jamu Supaya Tidak Hamil